DIMENSI TEKS DALAM ANALISIS WACANA KRITIS TEUN A. VAN DIJK PADA HASIL REPORTASE PROJECT MULTATULI

Main Article Content

Nissa Dwi Anggraeni
Koesworo Setiawan
Maria Fitriah

Abstract

Penggunaan bahasa dalam teks media memiliki makna-makna tertentu yang menimbulkan sudut pandang berbeda. Hal yang ditampilkan oleh media tidak luput dari sikap independensi dan ideologi media sehingga konstruksi teks media menunjukkan diskursus-diskursus tertentu. Hal tersebut berkaitan dengan analisis studi teks yaitu pemakaian bahasa dan kosakata yang mengandung makna tertentu dalam hasil reportase Project Multatuli.  Maka dari itu, penelitian ini bertujuan mengetahui dimensi hasil reportase Project Multatuli mengenai korporasi batu bara di Kalimantan Timur. Metode penelitian menggunakan analisis wacana ktitis Teun A. Van Dijk. Kualitatif deskriptif digunakan sebagai pendekatan penelitian yang dilengkapi dengan data primer dan sekunder. Data primer diperoleh dari observasi terhadap teks reportase Project Multatuli terkait korporasi batu bara di Kalimantan Timur, teknik dokumentasi diperoleh dari gambar dan teks, serta teknik simak dan catat. Data sekunder diperoleh dari studi pustaka. Critical linguistic digunakan untuk analisis data. Hasil penelitian pada struktur makro menunjukkan deskripsi kehidupan masyarakat yang sulit mendapat keadilan. Hasil analisis elemen superstruktur yaitu skema teks tidak ada penyembunyian informasi. Namun, digambarkan adanya penindasan akibat relasi kuasa. Hasil pada struktur mikro menunjukkan detil peristiwa serta penempatan koherensi yang menggambarkan seolah-olah menutupi kesalahan korporasi batu bara serta penempatan subjek pada kalimat aktif dan pasif yang berbeda makna.

Article Details

How to Cite
Anggraeni, N. D., Setiawan, K., & Fitriah, M. . (2023). DIMENSI TEKS DALAM ANALISIS WACANA KRITIS TEUN A. VAN DIJK PADA HASIL REPORTASE PROJECT MULTATULI. Karimah Tauhid, 2(5), 2257–2271. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v2i5.10589
Section
Articles

References

Ahyar, D. B. 2019. Analisis Teks Dalam Penelitian Kebahasaan (Sebuah Teori dan Aplikatif). Shaut al Arabiyyah, 7(2), 100.

Dijk, T. A. V. 2015. Discourse as Social Interaction: Discourse Studies A Multidisciplinary Introduction. London: Sage Publication.

Dijk, T. A. Van. 2014. Discourse and Knowledge: A Sociocognitive Approach. Cambridge: Cambridge University Press.

Eriyanto. 2015. Analisis Wacana Pengantar Analisis Teks Media. Yogyakarta: LKiS.

Fairclough, N. 2013. Discourse and Social Change. Cambridge: Polity Press.

Halwati, Umi. 2014. Konstruksi Publikasi Nilai-Nilai Ideologi dalam Pers (Media Massa). Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam, 2(1), 169.

Hardian, Arvin dkk. 2021. Konstruksi Jurnalistik Investigasi Dalam Perspektif Analisis Wacana Model Teun A. Van Dijk (Sebuah Studi Kasus Penembakan Laskar Front Pembela Islam di Majalah Tempo). Cakrawala-Jurnal Humaniora Dan Sosial, 21(1).

Indainanto, Y. I. 2020. Normalisasi Kekerasan Seksual Wanita di Media Online. Jurnal Komunikasi, 14(2), 108.

Khasanah, Maulidia & Faris. 2018. Analisis Wacana Kritis Van Dijk pada Teks Berita Online Kasus Penyerangan Penyidik KPK Novel Baswedan pada Media Liputan6.com Periode 11 April 2017 hingga 9 April 2018. Jurnal Heritage, 6(2).

Laporan Singkat Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia Bidang Pemerintahan Dalam Negeri dan Otonomi Daerah, Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Pertanahan dan Kepemiluan. Accessed on https://www.dpr.go.id/dokakd/dokumen/K2-14-6da0a69323c9d77f05b457493ae68f86.pdf

Mardikantoro, H. B. 2014. Analisis Wacana Kritis pada Tajuk (Anti) Korupsi di Surat Kabar Berbahasa Indonesia. LITERA, 13(2).

Sinambela, I. R. Y, Surip, M & Dalimunthe, S. F. 2022. Analisis Wacana Kritis pada Berita Online Crazy Rich Indonesia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 9422.

Sobur, A. 2015. Analisis Teks Media: Suatu Pengantar untuk Analisis Wacana, Analisis Semiotika, dan Analisis Framing. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Supriyadi. 2015. Analisis Wacana Kritis: Konsep dan Fungsinya Bagi Masyarakat. Aksara Jurnal Bahasa Dan Sastra, 16(2), 98.

Supriadi dkk. 2021. Reportase Media Asik. Jurnal Khabar: Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 3(1), 84.

Suryani, Heni. 2020. Cara Praktis Reporter Pemula Memburu Berita. CV. Semarang: Pilar Nusantara.

Tawaang, Felix & Hasyim Ali Imran. 2017. Ideologi dan Wacana Media. Jurnal Studi Komunikasi dan Media, 21(1), 61.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>