PENGARUH KOMUNIKASI DALAM HIPEREALITAS TERHADAP PERILAKU ATENSI PENGGEMAR IDOLA K-POP DI KALANGAN MAHASISWA

Main Article Content

Fanny Aulia Rachmah
Koesworo Setiawan
Desi Hasbiyah

Abstract

Fenomena K-Pop tengah banyak digemari oleh remaja di Indonesia tak terkecuali dari kalangan mahasiswa. Fenomena ini tentu memiliki dampak terhadap individu yang menggemarinya, termasuk hiperealitas dan perilaku imitasi. Penelitian ini berfokus pada proses komunikasi yang terjadi dalam proses hiperealitas, serta perilaku atensi yang merupakan tahap awal seseorang untuk melakukan perilaku imitasi. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh komunikasi dalam hiperealitas terhadap perilaku atensi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan menyebarkan kuisioner kepada responden yaitu mahasiswa perguruan tinggi di Kota Bogor. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji statistic analisis regresi linear sederhana, analisis koefisien determinasi dan uji T. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa adanya pengaruh yang positif dan signifikan antara komunikasi dalam hiperealitas terhadap perilaku atensi mahasiswa penggemar Idola K-Pop yaitu 50,1%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah para penggemar Idola K-Pop mengalami hiperealitas saat berkomunikasi dengan idolanya, memperhatikan perilaku idolanya dan menjadikan idolanya sebagai model untuk diobservasi perilakunya. Implikasi penelitian ini adalah penggemar Idola K-Pop mengalami hiperealitas saat berkomunikasi dengan idolanya, sehingga hal ini berdampak pada terjadinya perilaku atensi yang merupakan tahapan awal perilaku peniruan atau imitasi.

Article Details

How to Cite
Rachmah, F. A., Setiawan, K., & Hasbiyah, D. (2023). PENGARUH KOMUNIKASI DALAM HIPEREALITAS TERHADAP PERILAKU ATENSI PENGGEMAR IDOLA K-POP DI KALANGAN MAHASISWA. Karimah Tauhid, 2(5), 1576–1590. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v2i5.10179
Section
Articles

References

Alwisol. (2014). Psikologi Kepribadian. UMM Press.

Astuti, Y. D. (2017). Simulasi Realitas Sosial Melalui New Media (Studi pada Mahasiswa Yogyakarta Pengguna Smartphone). Jurnal Pekommas, 2(1), 75–86.

Fadhlullah, Z., Netrawati, & Karneli, Y. (2023). Konseling Kelompok Cognitive Behavioral Teraphy untuk Remaja Kecanduan K-pop. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Sosial (JIPSI), 1(4).

Hardini, H., Andriani, H., Fardani, R. A., Ustiawaty, J., Utami, E. F., Sukmana, D. J., & Istiqomah, R. R. (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif (1st ed.). Pustaka Ilmu.

Haryono, C. G. (2020). KEPALSUAN HIDUP DALAM HIPERREALITAS IKLAN. Profetik: Jurnal Komunikasi, 12(2), 232. https://doi.org/10.14421/pjk.v12i2.1662

Himawati, U., Azizah, N., & Imron, A. (2022). Hipperealitas Sebagai Simbol Dakwah Santri Millenial Masa Pandemi Covid-19. Journal of Education Research, 3(3), 119–124. https://doi.org/10.37985/jer.v3i3.87

Latifa, S. F., Lutfie, M., & Agustini. (2023). PENGARUH KONTEN TUTORIAL KECANTIKAN DALAM VIDEO DI INSTAGRAM TERHADAP PERILAKU ATENSI REMAJA DI KABUPATEN BOGOR. JURNAL KOMUNIKATIO, 9(1), 49–58. https://doi.org/10.30997/jk.v9i1.7969

Nurjan, S. (2016). Psikologi Belajar. Wade Group.

Nurudin. (2017). Pengantar Komunikasi Massa (8th ed.). Rajawali Pers.

Olson, M. H., & Hergenhahn, B. R. (2016). An Introduction to Theories of Learning (9th ed.). Taylor & Francis Group.

Saumantri, T., & Zikrillah, A. (2020). Teori Simulacra Jean Baudrillard Dalam Dunia Komunikasi Media Massa. ORASI: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 11(2).

Setyani, A., & Mulawarman, M. (2020). KEEFEKTIFAN PENDEKATAN BEHAVIOR MENGGUNAKAN TEKNIK TOKEN ECONOMY UNTUK MENINGKATKAN ATENSI BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SMP N 29 SEMARANG. JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling, 6(2), 152. https://doi.org/10.22373/je.v6i2.6573

Siregar, S. (2016). Statistika Deskriptif untuk Penelitian Dilengkapi Perhitungan Manual dan Aplikasi SPSS Versi 17. PT. Raja Grafindo Persada.

Sujarweni, V. W. (2015). Metodologi Penelitian Bisnis Ekonomi (1st ed.). Pustaka Baru.

Tampubolon, K., & Sibuea, N. (2022). The Role Of Teacher Behavior in Creating Student Discipline. All Fields of Science J-Las, 2(4), 1–7.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>