Komunikasi Interpersonal Tatap Muka Antara Customer Service dengan Nasabah dalam Meningkatkan Loyalitas Nasabah Bank Tabungan Negara di Bogor

Main Article Content

Arnaldi Riantana
Desi Hasbiyah
Sukarelawati

Abstract

Industri perbankan adalah salah satu sektor yang sangat kompetitif di dunia keuangan, di mana bank-bank bersaing untuk menarik dan mempertahankan nasabah. Kualitas pelayanan merupakan faktor utama yang menentukan tingkat kepuasan nasabah, yang pada akhirnya mempengaruhi loyalitas nasabah. Bank Tabungan Negara telah mengambil inisiatif dengan menerapkan strategi komunikasi interpersonal tatap muka melalui Customer Service untuk memberikan layanan terbaik kepada nasabahnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif untuk mengeksplorasi pengaruh dimensi pelayanan, mencakup 5 aspek, yaitu: Tangible, Reliability, Responsiveness, Assurance, dan Empathy, terhadap kinerja Customer Service dalam meningkatkan loyalitas nasabah di Bank Tabungan Negara. Harapannya, hasil penelitian ini dapat memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang bagaimana pelayanan perbankan berkualitas dapat mempengaruhi loyalitas nasabah. Selain itu, penelitian ini juga diharapkan memberikan wawasan tentang implikasi pelayanan terhadap eksistensi dan kesuksesan lembaga keuangan ini di pasar yang semakin ketat.

Article Details

How to Cite
Riantana, A. ., Hasbiyah, D. ., & Sukarelawati. (2023). Komunikasi Interpersonal Tatap Muka Antara Customer Service dengan Nasabah dalam Meningkatkan Loyalitas Nasabah Bank Tabungan Negara di Bogor. Karimah Tauhid, 2(6), 2433–2445. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v2i6.10656
Section
Articles

References

Alfikalia, m. 2009. Faktor Pendukung Kompetensi Komunikasi Interpersonal. Jurnal Ilmu Komunikasi, Vol 6, No 1, 1-118: Universitas Paramadina, Jakarta.

Mulyana, Deddy. 2000 . Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mulyana, Adedi. 2001. Ilmu Komunikasi, Suatu Pengantar. Bandung: Pemuda Rosdakarya.

Nugraha, AS (2017). KUALITAS KOMUNIKASI INTERPERSONAL CUSTOMER SERVICE DALAM MENINGKATKAN LOYALITAS NASABAH BANK MEGA CABANG SAID S. PARMAN SAMARINDA. eJournal Ilmu Komunikasi, 163-177.

Nugraha. 2017. Kualitas Komunikasi Interpersonal Customer Service Dalam Meningkatkan Loyalitas Nasabah Bank Mega. eJournal Ilmu Komunikasi, 163-177.

Nurudin. 2010. Pengaruh Persepsi Kompetensi Guru dan Persepsi Komunikasi Interpersonal Guru Terhadap Prestasi Belajar. Jurnal Komunikasi, ISSN: 2715-721.

Patimah, S., Priyono, BS, & Rasyid, W. (2016). Analisis Tingkat Kepuasan Konsumen Terhadap Pelayanan Usaha Benih Padi Cigeulis Pada Sentra Padi dan Tanaman Sekunder Kabupaten Kepahing Provinsi Bengkulu. Agrisep, 15(2), 203–212.

Romadonna. 2016. Kompetensi Komunikasi Interpersonal Peneliti Berdasarkan Tipologi Kepribadian. Jurnal Pekomnas, Vol. 1 No.2, 167 - 176.

Ruslan, Rosady. 2001. Manajemen Hubungan Masyarakat & Manajemen Komunikasi: Konsep dan Aplikasi. Jakarta : Rajawali Pers.

Selviana, M.n. 2017. Kompetensi komunikasi interpersonal pustakawan dalam meningkatkan pelayanan kepada pemustaka perpustakaan. Jurnal Komunikasi KAREBA, Vol. 6 No.1 : Universitas Hasanudin.

Relawan, DR. (2023). KOMPETENSI KOMUNIKASI INTERPERSONAL MARKETING OFFICER DALAM MENINGKATKAN LOYALITAS PELANGGAN UMKM. Jurnal Komunikasi, Jilid 9.

Tsuwaibatul Islamiyah, GD (2022). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LOYALITAS. Jurnal Ilmu Sosial, Agama dan Humaniora, Vol. 1, No.1: 1-11. Januari 2022. ISSN : 2809-6398.

Yunni Rusmawati DJ, B.R. (2018, Maret). ANALISIS LAYANAN CS (CUSTOMER SERVICE). J u n a l E K B I S, V o l . X Saya 1, 1-9. Diakses Jumat September 2023

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>