Strategi Efektif dalam Pembelajaran Matematika untuk Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i7.14150Keywords:
Inovasi Pembelajaran, Pembelajaran Interaktif, Pendekatan KreatifAbstract
Karena matematika merupakan bagian penting dari pendidikan dari sekolah dasar hingga perguruan tinggi, sangat penting bagi siswa. Pembelajaran matematika di sekolah dasar yang efektif membutuhkan pendekatan khusus untuk meningkatkan pemahaman dan minat siswa. Beberapa pendekatan ini termasuk penggunaan metode pembelajaran interaktif seperti kegiatan berbasis proyek dan permainan edukatif. Metode-metode ini dapat membuat konsep matematika lebih spesifik dan lebih mudah dipahami oleh siswa. Selain itu, pendekatan diferensiasi yang memperhitungkan perbedaan gaya belajar dan kecepatan individu juga penting. untuk memastikan bahwa semua siswa dapat mencapai potensi terbaik mereka. Penggunaan teknologi, seperti perangkat lunak pendidikan dan aplikasi matematika, juga dapat menjadi alat yang berguna untuk membuat pembelajaran lebih menarik dan relevan. Diharapkan pembelajaran matematika di sekolah dasar dapat menjadi lebih efektif dan menyenangkan. Hal ini akan membangun dasar yang kuat untuk perkembangan akademik siswa di masa depan.
References
Darma, I. K., Karma, I. G. M., & Santiana, I. M. A. (2020). Blended Learning, Inovasi Strategi Pembelajaran Matematika di Era Revolusi Industri 4.0 Bagi Pendidikan Tinggi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 3, 527–539.
Gusteti, M. U., & Neviyarni, N. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Pembelajaran Matematika Di Kurikulum Merdeka. Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 3(3), 636–646. https://doi.org/10.46306/lb.v3i3.180
Kamaluddin, M. (2017). Pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika dan strategi untuk meningkatnya. Prosiding Seminar Matermatika Dan Pendidikan Matematika, 455–460.
Kusumawati, L. D., Sugito, Nf., & Mustadi, A. (2021). Kelayakan Multimedia Pembelajaran Interaktif Dalam Memotivasi Siswa Belajar Matematika. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 9(1), 31. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v9n1.p31--51
Lestari, W. (2015). Efektifitas Strategi Pembelajarandan Motivasi Belajarterhadap Hasil Belajar. Jurnal Formatif, 2(3), 170–181. http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v2i3.98
Matematis, K. K., Matematika, P. P., Strategi, D., & Berbasis, R. (2013). Kaselin, Sukestiyarno, dan Budi Waluya.pdf. 2(2).
Retnowati, E., & Aqilah. (2017). the Effectiveness of Dyad Strategy During Mathematics Learning Based on Core Model. Jurnal Cakrawala, 13–23.
Selvia Erita. (2013). BEBERAPA MODEL, PENDEKATAN, STRATEGI, DAN METODE DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA Oleh: Selvia Erita. Jurnal Kependidikan, 1(1), 1–13.
Siregar, P. S., Wardani, L., & Hatika, R. G. (2017). Penerapan Pendekatan Pembelajaran Aktif Inovatif Kreatif Efektif Dan Menyenangkan (Paikem) Pada Pembelajaran Matematika Kelas Iv Sd Negeri 010 Rambah. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 5(2), 743. https://doi.org/10.22219/jp2sd.vol5.no2.743-749
Ulfa, M. (2019). Strategi Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review (Pq4R) Pada Pemahaman Konsep Matematika. Mathema Journal, 1(1), 51–55.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Yusuf Safari, Bagus Rezki Wicaksono
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.