Pembelajaran IPAS Pada Proses Belajar Sekolah Dasar Kelas 4
DOI:
https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i7.14039Keywords:
Pembelajaran IPAS, Pemahaman Konsep, Keterlibatan SiswaAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi sejauh mana pembelajaran terpadu IPAS efektif dalam proses belajar siswa kelas 4 sekolah dasar. Pendekatan yang dipakai dalam penelitian ini adalah studi kasus, yang mencangkup observasi dan analisis mendalam mengenai implementasi model pembelajaran IPAS di kelas 4. Penelitian menunjukkan bahwa penggabungan pembelajaran IPA dan IPS dapat meningkatkan partisipasi dan semangat belajar siswa. Penelitian ini juga menemukan bahwa guru memerlukan pelatihan, materi pelajaran harus disesuaikan, dan guru harus dapat berkolaborasi dengan baik antara IPA dan IPS. Ini adalah beberapa hambatan untuk menerapkan model pembelajaran terpadu. Namun, studi ini menunjukkan bahwa pembelajaran terpadu IPAS memiliki potensi besar untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas 4 sekolah dasar.
References
Asiyah, A., Walid, A., & Kusumah, R. G. T. (2019). Pengaruh Rasa Percaya Diri Terhadap Motivasi Berprestasi Siswa pada Mata Pelajaran IPA. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(3), 217–226. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i3.p217-226
Fatimah, S., & Kartika, K. (2013). Pembelajaran IPA Sekolah Dasar Berbasis Pendidikan Karakter. Jurnal Al-Bidayah, 5(2), 281–297.
Iskandar, I., & Wahab, W. (n.d.). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DENGAN MODEL ASSURE. Jurnal Konseling Pendidikan Islam, 4(1), 152–157. https://doi.org/10.32806/jkpi.v4i1.309
Juhji. (2016). Peran guru dalam pendidikan. Studia Didaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 10(1), 52–62.
Jundu, R., Nendi, F., Kurnila, V. S., Mulu, H., Ningsi, G. P., & Ali, F. A. (2020). Pengembangan Video Pembelajaran Ipa Berbasis Kontekstual Di Manggarai Untuk Belajar Siswa Pada Masa Pandemic Covid-19. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 10(2), 63–73. https://doi.org/10.24929/lensa.v10i2.112
Lestari, Y. D. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Hasil Belajar di Sekolah Dasar. Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 16(1), 73–80. https://doi.org/10.52217/lentera.v16i1.1081
Lusidawaty, V., Fitria, Y., Miaz, Y., & Zikri, A. (2020). Pembelajaran Ipa Dengan Strategi Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dan Motivasi Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(1), 168–174. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.333
Mariam, E., & Lestari, R. H. (2021). Penerapan Metode Story Telling Dalam Mengembangkan Bahasa Ekspresif. Jurnal CERIA, 4(3), 302–306.
Nurmala, S., Triwoelandari, R., & Fahri, M. (2021). Pengembangan Media Articulate Storyline 3 pada Pembelajaran IPA Berbasis STEM untuk Mengembangkan Kreativitas Siswa SD/MI. Jurnal Basicedu, 5(6), 5024–5034. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1546
Rahayu, W. E., & Sudarmin. (2015). Pengembangan Modul Ipa Terpadu Berbasis Etnosains Tema Energi Dalam Kehidupan Untuk Menanamkan Jiwa Konservasi Siswa. Unnes Science Education Journal, 4(2). https://doi.org/10.15294/usej.v4i2.7943
Samsul Wadi, Mijahamuddin Alwi, Arif Rahman Hakim, & M. Reza Azwaldi Zhanni. (2023). Pengembangan Modul Pembelajaran IPAS Berbasis Kearifan Lokal Tanaman Penyehatan. Jurnal Pendidikan Mipa, 13(3), 870–877. https://doi.org/10.37630/jpm.v13i3.1201
Sari, F. F. K., & Lahade, S. M. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Sikap Ilmiah Rasa Ingin Tahu Peserta Didik Sekolah Dasar pada Pembelajaran IPA. Jurnal Basicedu, 6(1), 797–802. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.1973
Sayekti, I. C. (2019). Analisis Hakikat Ipa Pada Buku Siswa Kelas Iv Sub Tema I Tema 3 Kurikulum 2013. Profesi Pendidikan Dasar, 1(2), 129–144. https://doi.org/10.23917/ppd.v1i2.9256
Suwartiningsih, S. (2021). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Pokok Bahasan Tanah dan Keberlangsungan Kehidupan di Kelas IXb Semester Genap SMPN 4 Monta Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 1(2), 80–94. https://doi.org/10.53299/jppi.v1i2.39
Tatsa Galuh Pradani. (2022). Penggunaan media pembelajaran wordwall untuk meningkatkan minat danmotivasi belajar siswa pada pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Educenter : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(5), 452–457. https://jurnal.arkainstitute.co.id/index.php/educenter/index
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Rafi Ramadhan, Bagus Rezki Wicaksono, Teguh Prasetyo
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.