Menyelaraskan Tubuh dan Pikiran: Manfaat Kognitif Memasukkan Senam ke dalam Pendidikan Jasmani
Main Article Content
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui dan mengidentifikasi manfaat kognitif dari menyelaraskan tubuh dan pikiran melalui integrasi senam di dalam pendidikan jasmani. Pada penelitian ini, digunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi pustaka untuk menggali data yang diperlukan dengan mengumpulkan ragam referensi seperti artikel, jurnal, buku, situs internet dan lainnya yang relevan dengan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggabungan antara senam dan pendidikan jasmani memberikan dampak positif pada berbagai aspek kognitif, termasuk konsentrasi, memori dan pemecahan masalah. Relevansi penelitian ini dapat membuka pintu untuk pengembangan metode baru dalam pendidikan jasmani, dengan menekankan pentingnya sebuah harmonisasi tubuh dan pikiran untuk memajukan potensi kognitif siswa. Dengan demikian, implementasi senam ke dalam pendidikan jasmani dapat mengintegrasikan aktivitas fisik yang terarah bagi siswa Sekolah Dasar dalam konteks pendidikan. Penelitian ini berkontribusi untuk mengetahui manfaat kognitif yang signifikan bagi peserta didik.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974–980. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394
Arfanda, P. E., & Asyhari, H. (2019). PKM Senam Kebugaran Jasmani 2018. Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 331–332.
Armade, M., Janiarli, M., & Manurizal, L. (2021). Minat Peserta Didik terhadap Senam Kebugaran Jasmani Indonesia Bersatu (SKJ 2018). Gelanggang Olahraga: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga (JPJO), 5(1), 1–8. https://doi.org/10.31539/jpjo.v5i1.1859
Burhaein, E. (2017). Indonesian Journal of Primary Education Aktivitas Fisik Olahraga untuk Pertumbuhan dan Perkembangan Siswa SD. Indonesian Journal of Primary Education, 1(1), 51–58. http://ejournal.upi.edu/index.php/IJPE/index
Darmawan, I. (2019). Upaya Meningkatkan Kebugaran Jasmani Siswa Melalui Penjas. Jip, 7(2), 143–154. http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/jrnspirasi
Firmansyah. (2016). Penerapan teori pembelajaran kognitif dalam pembelajaran pendidikan jasmani dan kesehatan. Jurnal Pendidikan, 5(2), 154–164.
Herlambang, T. (2017). Aerobic Gymnastics Sebagai Pembelajaran Aktivitas Ritmik Pada Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan. Jendela Olahraga, 2(1). https://doi.org/10.26877/jo.v2i1.1286
Ingrid Robot, J., Adiputra, I. N., Lesmana, S. I., Sutjana, D. P., Griadhi, I. P. A., & Imron, M. A. (2019). Penambahan Senam Otak Pada Program Senam Sehat Anak Indonesia (Ssai) Dapat Meningkatkan Memori Jangka Pendek Dan Indeks Kesegaran Jasmani Siswa Sd Inpres Pondang. Sport and Fitness Journal, 091. https://doi.org/10.24843/spj.2019.v07.i01.p02
Jurnal, J., Olahraga, K., Latif, A., Hizbulloh, S., & Resita, C. (2023). Pengaruh Pendidikan Jasmani Terhadap Fungsi Kognitif dan Capaian Belajar Peserta Didik. 1(2), 46–53.
Lismana, O., & Suwarni. (2021). Pengaruh latihan SKJ 2018 terhadap kebugaran jasmani siswi Madrasah Aliyah Ja-alHaq di Kota Bengkulu. Educative Sportive, 1(1), 5–10. https://doi.org/10.33258/edusport.v2i01.1373
Listyasari, E., & Wahidah, I. (2022). Pengaruh Senam Kesegaran Jasmani 2018 Indonesia Bersatu Terhadap Penurunan Tekanan Darah Pada Ibu Penderita Hipertensi Di Klinik Melati Kecamatan Kawalu Tasikmalaya. Intelektiva : Jurnal Ekonomi, Sosial Dan Humaniora, 3(6), 1–5. https://www.jurnalintelektiva.com/index.php/jurnal/article/view/696
Murbawani, E. A., Ss, D., & Subagyo, H. W. (2006). Perbedaan Profil Lipid Pada Peserta Senam Jantung Sehat. Jurnal Gizi Indonesia, 1(2), 26–33. http://ejournal.undip.ac.id/index.php/jgi/article/view/3242
Nazirun, N., Gazali, N., & Fikri, M. (2020). Minat Siswa Terhadap Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Jurnal Penjakora, 6(2), 119. https://doi.org/10.23887/penjakora.v6i2.20898
Nurlaeliah, R., Prasetyo, T., & Firmansyah, W. (2021). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar Gugus III Kecamatan Caringin. Edukasi: Jurnal Penelitian Dan Artikel Pendidikan, 13(1), 37–54. https://doi.org/10.31603/edukasi.v13i1.5044
Oktaviani, R., Iqbal, M., Suherman, I., & Sya, M. F. (2023). Upaya Peningkatan Minat Baca di SDN Cibalung 02 dengan Program Pojok Baca. https://doi.org/10.30997/ejpm.v4i1.6623
Prasetyo, T., Alya, N., & Rahmatillah, F. (2023). Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Prestasi Akademik Anak: Studi Kualitatif Tentang Pola Asuh Dan Pembinaan Keluarga. Jurnal Penjaminan Mutu, 9, 207–215. http://ojs.uhnsugriwa.ac.id/index.php/JPM
Putri, M., & Unib, P. (2019). PENGARUH LATIHAN SKJ 2018 TERHADAP PENINGKATAN KEBUGARAN JASMANI MAHASISWA PUTRI PENJAS UNIB Intan Soraya Program Studi Pendidikan Jasmani FKIP Universitas Bengkulu. 3(2), 249–255.
Ramadhan, D. A., & Priyono, B. (2022). Efektivitas Senam Kesegaran Jasmani Indonesia Bersatu 2018 Terhadap Peningkatan Kebugaran Jasmani Siswa Di Sd Negeri Mintaragen 2 Kota Tegal. Indonesian Journal for Physical Education and Sport, 3(2), 356–365. https://doi.org/10.15294/inapes.v3i2.60920
Rusli, M., Suhartiwi, S., & Marsuna, M. (2022). Efektivitas Latihan Senam Kebugaran Jasmani 2018 Terhadap Peningkatan Kesegaran Jasmani. Riyadhoh : Jurnal Pendidikan Olahraga, 5(1), 125. https://doi.org/10.31602/rjpo.v5i1.7414
Setiawan, D., & Soraya, I. M. (2020). Hubungan Kesehatan Mental, Minat Belajar, Dan Kompetensi Mengajar Terhadap Hasil Belajar Olahraga Senam. Jurnal Olahraga Dan Kesehatan Indonesia, 1(1), 1–7. https://doi.org/10.55081/joki.v1i1.292
Setyawan, D. A. (2016). Peningkatan Mutu Pendidikan Jasmani Melalui Pemberdayaan Teknologi Pendidikan. Seminar Nasional Olahraga 2016, 119–139. Peningkatan Mutu Pendidikan Jasmani Melalui Pemberdayaan Teknologi Pendidikan - Danang Aji Setyawan.pdf%0A%0A
Syarif Hidayat. (2019). Kesegaran Jasmani Siswa 10-12 Tahun Se-Kota Gorontalo Physical Fitness Students 10-12 Years, Gorontalo City. Jambura Journal of Sports Coaching, 1(1), 12–21.
Wahyuni, A., Salafas, E., Hidayatika, N. A., Farida, A., & Zulaikhah, F. (2021). Yoga Pada Anak Untuk Meningkatkan Konsentrasi Belajar Anak Usia 7-10 Tahun. Call for Paper Seminar Nasional Kebidanan, 2, 125–131.
Wirnantika, I., Pratama, B. A., & Hanief, Y. N. (2017). Survey Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa Kelas IV SDN Puhrubuh I dan MI Mambaul Hikam di Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2016/2017. Sportif, 3(2), 240. https://doi.org/10.29407/js_unpgri.v3i2.11898
Yusanto, Y. (2020). Ragam Pendekatan Penelitian Kualitatif. Journal of Scientific Communication (Jsc), 1(1), 1–13. https://doi.org/10.31506/jsc.v1i1.7764