Transformasi Pendidikan: Memahami dan Mengoptimalkan Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar Negeri Layungsari 1

Main Article Content

Haya Khaerunisa
Rusi Rusmiati Aliyyah

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menilai pandangan guru di Sekolah Dasar Negeri Layungsari 1, Kota Bogor terhadap penerapan kurikukulum merdeka yang diperkenalkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia. Kurikulum ini mengusung konsep pendidikan dengan memberikan kebebasan lebih besar kepada sekolah dalam mengembangkan kurikulum sesuai kebutuhan lokal dan potensi siswa. Metode penelitian melibatkan wawancara dengan 15 guru di SDN Layungsari, Bogor Selatan. Analisis tematik kuasi-kualitatif digunakan untuk mengevaluasi data, mengungkapkan empat tema utama: Urgensi, dukungan yang terlibat, manfaat, dan strategi pembelajaran dalam menerapkan kurikulum merdeka tergantung pada kesiapan teknis, dukungan pemerintah pusat dan daerah, badan penjamin mutu pendidikan, mitra, universitas, guru, dan orangtua. Harapannya, penelitian ini memberikan potensi perubahan positif dalam pendidikan melalui penerapan kurikulum merdeka.

Article Details

How to Cite
Khaerunisa, H., & Aliyyah, R. R. . (2024). Transformasi Pendidikan: Memahami dan Mengoptimalkan Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar Negeri Layungsari 1. Karimah Tauhid, 3(3), 3177–3191. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i3.12232
Section
Articles

References

Anif Istianah, B. M. (2023, September -). KONSEP SEKOLAH DAMAI: HARMONISASI PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR. (-, Ed.) Jurnal Education and development, 11(3), 335-336. doi:10,37081/ED.V11i3.5048

Cindi Arjihan, D. P. (2022). Kesulitan Calon Pendidik dalam Mengembangkan Perangkat Pembelajaran Pada Kurikulum Merdeka. PTK :Jurnal Tindakan Kelas, 3(1). doi:https://doi.org/10.53624/ptk,v3il.104

Deni Oktanadia, E. I. (2023, September 3). URGENSI SUPERVISI KLINIS DALAM PENERPAN KURIKULUM MERDEKA DI DAERAH 3T. MODELING: Jurnal program studi PGMI, 10(3), 571. Retrieved from jurnalstitnualhikmah.ac.id

Difana Leli Anggraini, M. Y. (2022, Oktober 3). PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN KURIKULUM MERDEKA. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Sosial (JIPSI), 1(3), 294. doi:10.58540/jipsi.v1i3.53

Henni Anggriani, S. E. (2022, Januari 29). Strategi Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka Bebasis Individual Differences. Jurnal Ilmiah Potensia, 7(1), 67. Retrieved from https://ejournal.unib.ac,id/index.php/potensia

I Gusti Ngurah Santika, N. K. (2022, September ). NALISIS PERUBAHAN KURIKULUM DITINJAU DARI KURIKULUM SEBAGAI SUATU IDE. Jurnal education and development, 10(3), 694.

Isa, M. A. (2022, - -). Peran Kepala Sekolah dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. (-, Ed.) Jurnal Besicedu, 6(6), 9947-9950. Retrieved -, from https://jbasic.org/index.php/basicedu

Leni Nurindah Lailatul Fitriana, N. A. (2022). Kebijakan Pokok dan Strategi Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Indonesia. Journal on Teacher Education, 4(1). doi:https://doi.org/10.31004/jote.v4i2.10198

Malik Cholilah, A. G. (n.d.). Pengembangan Kurikulum Merdeka Dalam Satuan Pendidikan Serta Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Abad 21. Sanskara Pendidikan dan Pengajaran, 1(2), 58. doi:10.58812/sppv.v1.i02

Marlina, T. (2022, Juni 1). URGENSI DAN IMPLIKASI PELAKSANAAN KURIKULUM MERDEKA PADA SEKOLAH DASAR/MADRASAH IBTIDAIYAH. (-, Ed.) SNPE, 1(-), 67-69. doi:-

Mumayzizah Miftahul Jannah, H. R. (2023). Kurikulum Merdeka: Persepsi Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 199. doi:10.31004/obsesi.v7i1.3800

Novitasary, R. R. (2023, September 30). PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI PESERTA DIDIK. Jurnal Inovasi Pembelajaran Biologi, 4(2), 100-105. Retrieved from https://journal.unesa.ac.id/index.php/jipb

Prof. DR. H. E. Mulyasa, M. (n.d.). IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA (Vol. 01). (A. Ulinnuha, Ed.) PT Bumi Aksara.

Rasmitadilla, R. R. (2020). The Preceptions of Primary School Teacher Online Learning During the COVID-19 Pandemic Period: A Case Study in Indonesia. Journal of Ethnic and Cultural Studies, 7(2). doi:10.29333/ejecs/388

RR Aliyyah, F. P. (2017, 9 2). PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPA. Jurnal Sosial Humaniora, 8, 127.

Rusi Rusmiati Aliyyah, A. A. (2021, 4 1). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN. Jurnal Sosial Humaniora, 12, 57.

Rusi Rusmiati Aliyyah, G. G. (2023, Februari 22). Persepsi guru sekolah dasar terhadap implementasi kurikulum mendiri di masa pendidikan COVID-19. Grup Penerbitan Jurnal Online Asia, 155. doi:10.20448/jeelr.v10i2.4490

Susetyo. (2020). Permasalahan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP Universitas Bengkulu. Prosiding Seminar Daring Nasional, 35. Retrieved from https://ejournal,unib,ac,id/index.php/semiba/view/956/

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 7 > >>