Transformasi Pendidikan: Memahami dan Mengoptimalkan Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar Negeri Layungsari 1
DOI:
https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i3.12232Keywords:
Implementasi, Kurikulum merdeka, Pembelajaran Berpusat pada Siswa, Sekolah, PendidikanAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menilai pandangan guru di Sekolah Dasar Negeri Layungsari 1, Kota Bogor terhadap penerapan kurikukulum merdeka yang diperkenalkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia. Kurikulum ini mengusung konsep pendidikan dengan memberikan kebebasan lebih besar kepada sekolah dalam mengembangkan kurikulum sesuai kebutuhan lokal dan potensi siswa. Metode penelitian melibatkan wawancara dengan 15 guru di SDN Layungsari, Bogor Selatan. Analisis tematik kuasi-kualitatif digunakan untuk mengevaluasi data, mengungkapkan empat tema utama: Urgensi, dukungan yang terlibat, manfaat, dan strategi pembelajaran dalam menerapkan kurikulum merdeka tergantung pada kesiapan teknis, dukungan pemerintah pusat dan daerah, badan penjamin mutu pendidikan, mitra, universitas, guru, dan orangtua. Harapannya, penelitian ini memberikan potensi perubahan positif dalam pendidikan melalui penerapan kurikulum merdeka.
References
Anif Istianah, B. M. (2023, September -). KONSEP SEKOLAH DAMAI: HARMONISASI PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR. (-, Ed.) Jurnal Education and development, 11(3), 335-336. doi:10,37081/ED.V11i3.5048
Cindi Arjihan, D. P. (2022). Kesulitan Calon Pendidik dalam Mengembangkan Perangkat Pembelajaran Pada Kurikulum Merdeka. PTK :Jurnal Tindakan Kelas, 3(1). doi:https://doi.org/10.53624/ptk,v3il.104
Deni Oktanadia, E. I. (2023, September 3). URGENSI SUPERVISI KLINIS DALAM PENERPAN KURIKULUM MERDEKA DI DAERAH 3T. MODELING: Jurnal program studi PGMI, 10(3), 571. Retrieved from jurnalstitnualhikmah.ac.id
Difana Leli Anggraini, M. Y. (2022, Oktober 3). PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN KURIKULUM MERDEKA. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Sosial (JIPSI), 1(3), 294. doi:10.58540/jipsi.v1i3.53
Henni Anggriani, S. E. (2022, Januari 29). Strategi Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka Bebasis Individual Differences. Jurnal Ilmiah Potensia, 7(1), 67. Retrieved from https://ejournal.unib.ac,id/index.php/potensia
I Gusti Ngurah Santika, N. K. (2022, September ). NALISIS PERUBAHAN KURIKULUM DITINJAU DARI KURIKULUM SEBAGAI SUATU IDE. Jurnal education and development, 10(3), 694.
Isa, M. A. (2022, - -). Peran Kepala Sekolah dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. (-, Ed.) Jurnal Besicedu, 6(6), 9947-9950. Retrieved -, from https://jbasic.org/index.php/basicedu
Leni Nurindah Lailatul Fitriana, N. A. (2022). Kebijakan Pokok dan Strategi Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Indonesia. Journal on Teacher Education, 4(1). doi:https://doi.org/10.31004/jote.v4i2.10198
Malik Cholilah, A. G. (n.d.). Pengembangan Kurikulum Merdeka Dalam Satuan Pendidikan Serta Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Abad 21. Sanskara Pendidikan dan Pengajaran, 1(2), 58. doi:10.58812/sppv.v1.i02
Marlina, T. (2022, Juni 1). URGENSI DAN IMPLIKASI PELAKSANAAN KURIKULUM MERDEKA PADA SEKOLAH DASAR/MADRASAH IBTIDAIYAH. (-, Ed.) SNPE, 1(-), 67-69. doi:-
Mumayzizah Miftahul Jannah, H. R. (2023). Kurikulum Merdeka: Persepsi Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 199. doi:10.31004/obsesi.v7i1.3800
Novitasary, R. R. (2023, September 30). PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI PESERTA DIDIK. Jurnal Inovasi Pembelajaran Biologi, 4(2), 100-105. Retrieved from https://journal.unesa.ac.id/index.php/jipb
Prof. DR. H. E. Mulyasa, M. (n.d.). IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA (Vol. 01). (A. Ulinnuha, Ed.) PT Bumi Aksara.
Rasmitadilla, R. R. (2020). The Preceptions of Primary School Teacher Online Learning During the COVID-19 Pandemic Period: A Case Study in Indonesia. Journal of Ethnic and Cultural Studies, 7(2). doi:10.29333/ejecs/388
RR Aliyyah, F. P. (2017, 9 2). PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPA. Jurnal Sosial Humaniora, 8, 127.
Rusi Rusmiati Aliyyah, A. A. (2021, 4 1). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN. Jurnal Sosial Humaniora, 12, 57.
Rusi Rusmiati Aliyyah, G. G. (2023, Februari 22). Persepsi guru sekolah dasar terhadap implementasi kurikulum mendiri di masa pendidikan COVID-19. Grup Penerbitan Jurnal Online Asia, 155. doi:10.20448/jeelr.v10i2.4490
Susetyo. (2020). Permasalahan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP Universitas Bengkulu. Prosiding Seminar Daring Nasional, 35. Retrieved from https://ejournal,unib,ac,id/index.php/semiba/view/956/
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Haya Khaerunisa, Rusi Rusmiati Aliyyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.