Sistem Penerimaan Peserta Didik Baru Berbasis Online: Persepsi Guru Sekolah Dasar

Main Article Content

Deswita Kanahaya
Rusi Rusmiati Aliyyah
Rusli Abdul Gani

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis sistem penerimaan peserta didik baru berbasis online untuk pengembangan sarana pendidikan berdasarkan persepsi guru Sekolah Dasar (SD). Data diperoleh melalui wawancara dan pengisian kuisioner melalui google form terhadap 15 guru Sekolah Dasar (SD) di tiga wilayah di Provinsi Jawa Barat. Analisis data menggunakan kualitatif. Temuan penelitian terdapat empat tema yang dijelaskan yaitu: Urgensi, manfaat, tantangan dan strategi dalam sistem manajamen informasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan sistem pendaftaran online di Sekolah Dasar dapat meningkatkan efisiensi dan ingatan mengingat keterbatasan waktu dan sumber daya Sekolah, dengan adanya dukungan. Penelitian ini memberikan kontribusi untuk memahami perubahan yang terjadi setelah penggunaan sistem informasi online penerimaan siswa baru di Sekolah Dasar.

Article Details

How to Cite
Kanahaya, D. ., Aliyyah , R. R. ., & Gani , R. A. (2024). Sistem Penerimaan Peserta Didik Baru Berbasis Online: Persepsi Guru Sekolah Dasar . Karimah Tauhid, 3(2), 2328–2344. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i2.12189
Section
Articles

References

Aliyyah, R. R., & Abdurakhman, D. O. (2016). Pengelolaan Kelas Rendah Di Sd Amaliah Ciawi Bogor Management of Lower Grade At Amaliah Elementary School Ciawi Bogor. Jurnal Sosial Humaniora, 7(2), 81–95.

Aliyyah, R. R., Widyasari, W., Mulyadi, D., Ikhwan, S., & Prananosa, A. G. (2019). Manajemen Kesiswaan Pada Sekolah Dasar. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(1), 29. https://doi.org/10.30997/dt.v6i1.1355

Aliyyah, R. R., Widyasari, W., Mulyadi, D., Ulfah, S. W., & Rahmah, S. (2019). Guru Berprestasi Sumber Daya Manusia Pengembang Mutu Pendidikan Indonesia. Journal of Administration and Educational Management (Alignment), 2(2), 157–165. https://doi.org/10.31539/alignment.v2i2.957

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 7 > >>