Analisis Minat Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Inggris

Main Article Content

Aulia Rahmnia Milah
Raden Risma Fauziah
Rahmi Nurhikmah

Abstract

Penelitian ini dimotivasi oleh perhatian terhadap rendahnya minat belajar bahasa Inggris di antara mahasiswa semester 1 selama proses pembelajaran. Berdasarkan observasi peneliti, rendahnya minat belajar tersebut menjadi salah satu masalah yang perlu dipecahkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menginvestigasi minat belajar mahasiswa dalam konteks pembelajaran bahasa Inggris, dengan tujuan mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar tersebut, baik secara positif maupun negatif. Dalam metode penelitian adalah deskriptif dan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian terdiri dari lima mahasiswa semester 1. Pengumpulan data dilakukan melalui penggunaan kuisioner atau angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat belajar mahasiswa dalam pembelajaran bahasa Inggris berada pada tingkat yang baik, dengan presentase sebesar 70%.

Article Details

How to Cite
Milah, A. R., Fauziah, R. R. ., & Nurhikmah, R. (2024). Analisis Minat Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Inggris . Karimah Tauhid, 3(3), 3693–3700. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i3.12658
Section
Articles

References

Asmin, A. I. (2015). Pengenalan dan Peningkatan Minat Anak Usia Dini untuk Mempelajari Bahasa Inggris. Prosiding Seminar Nasional, 02, 191–197.

dalyono M. (2010). No Title. In PSIKOLOGI PENDIDIKAN.

Dores, O. J., Huda, F. A., & Riana, R. (2019). Analisis Minat Belajar iMatematika Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar Negeri 4 Sirang Setambang Tahun Pelajaran 2018/2019. J-PiMat : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 38–48. https://doi.org/10.31932/j-pimat.v1i1.408

Gordon, J. D. (2003). No Titleภาวะผู้นำองค์กรและการจัดการที่มีประสิทธิภาพโรงพยาบาลรัฐ. วารสารสังคมศาสตร์วิชาการ, 7(2), 1–16.

Hurlock, D. (2003). by.

Muhria, L. (2020). ANALISIS MINAT BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH BAHASA INGGRIS (Studi Deskriptif Kualitatif di Akademi Keperawatan YPIB Majalengka). METABAHASA Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(2), 58–66. https://journal.stkipyasika.ac.id/metabahasa/article/view/87

Rahmadhita, K. (2020). Permasalahan Stunting dan Pencegahannya. Jurnal Ilmiah Kesehatan Sandi Husada, 11(1). https://doi.org/10.35816/jiskh.v11i1.253

Rahman, A., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1).

Rusmiati. (2017). Pengaruh Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Bidang Studi Ekonomi Siswa MA Al Fattah Sumbermulyo. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Ekonomi, 1(1), 21–36. http://journal.stkipnurulhuda.ac.id/index.php/utility

Savignon, S. J. (2002). Communicative Curriculum Design for the 21st Century. English Language Forum, 40(1), 2–7.

Somantri, G. R. (2005). Memahami Metode Kualitatif. Makara Human Behavior Studies in Asia, 9(2), 57. https://doi.org/10.7454/mssh.v9i2.122

Sya, M. F., Anoegrajekti, N., Dewanti, R., & Isnawan, B. H. (2022). Exploring the Educational Value of Indo-Harry Potter to Design Foreign Language Learning Methods and Techniques. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 21(10), 341–361. https://doi.org/10.26803/ijlter.21.10.19

Sya, M. F., & Helmanto, F. (2020a). Pemerataan Pembelajaran Muatan Lokal Bahasa Inggris Sekolah Dasar Indonesia. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 71. https://doi.org/10.30997/dt.v7i1.2348

Sya, M. F., & Helmanto, F. (2020b). Writing Poster at Higher Education: Victor Schwab Theory Analysis. Wanastra: Jurnal Bahasa Dan Sastra, 12(1), 25–31. https://doi.org/10.31294/w.v12i1.7585

Most read articles by the same author(s)