Upaya Pemahaman Arimatika Siswa SD Melalui Metode Sempoa

Authors

  • Yusuf Safari Universitas Djuanda
  • Raden Risma Fauziah Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i7.14050

Keywords:

Pemahaman Aritmatika, Sempoa, Siswa SD, Pendidikan Matematika, Strategi Pembelajaran

Abstract

Pentingnya pemahaman aritmatika bagi siswa sd telah menjadi fokus utama dalam pendidikan dasar. Salah satu metode yang telah menarik perhatian adalah penggunaan sempoa untuk metode dalam melakukan pembelajaran matematika Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalkan pemahaman aritmatika siswa SD melalui pendekatan sempoa dengan melakukan tinjauan  terhadap literatur terkait. Studi literatur ini mencakup analisis berbagai penelitian dan pendekatan dalam menggunakan sempoa sebagai alat untuk memperluas pemahaman tentang konsep matematika dasar pada siswa SD dalam proses ini, dilakukan pemetaan terhadap keberhasilan penggunaan sempoa dalam konteks kelas, serta dampaknya terhadap pencapaian pembelajaran siswa. hasil tinjauan ini menunjukkan bahwa penggunaan sempoa bukan sekedar perbaikan aritmatika akan tetapi memfasilitasi perkembangan keterampilan kognitif mereka, seperti  pengembangan  dalam matematika. Implikasi praktis dari penelitian ini adalah rekomendasi untuk penerapan lebih lanjut dan pengembangan strategi pembelajaran yang lebih efektif di masa depan. Penelitian ini menggunakan literatur rivew  komprehensif.

References

Anugrahana, A. (2020). Penerapan Media Sempoa untuk Meningkatkan Kedisiplinan, Ketelitian, dan Tanggung Jawab Mahasiswa Kelas Inovatif Matematika. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 8(1), 89. https://doi.org/10.25273/jems.v8i1.6095

Dewi, N. R., Eliyati, N., Zayanti, D. A., Kresnawati, , & Resti, Y. (2022). Pelatihan Sempoa Sebagai Metode Belajar Aritmatika Bagi Guru Sd Dan Madrasah Ibtidaiyah Di Inderalaya Jurnal Pelita Sriwijaya, 1(1), 13–19.

Dianto, R. (2018). Penggunaan Sempoa Untuk Meningkatkan Mental Aritmetika Siswa SD pada Pembelajaran Kabataku. Jurnal Equation: Teori Dan Penelitian Pendidikan Matematika, 1(2), 145. https://doi.org/10.29300/equation.v1i2.2296

Fatkhiyani, K., Kumala Dewi, R. A., & Munawaroh, N. (2023). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Matematika Realistik Berbantuan Media Sempoa. Progres Pendidikan, 4(3), 186–192. https://doi.org/10.29303/prospek.v4i3.413

Pradana, A. A., & Ummah, J. (2020). Pengaruh media sempoa terhadap kemampuan operasi hitung pengurangan siswa kelas II MI. PREMIERE : Journal of Islamic Elementary Education /, 2(1), 94–102.

Rahmi, H., Saputra, J., Desriati, W., & Fatmawati, F. (2020). Peningkatan Kemampuan Berhitung Siswa Kelas II Dengan Menggunakan Sempoa Aritmatika Di Sekolah Dasar. Madani : Indonesian Journal of Civil Society, 2(2), 50–56. https://doi.org/10.35970/madani.v2i2.148

Romlah, K. (2016). Peningkatan Kemampuan Anak Melalui Kegiatan Bermain Sempoa. Jurnal Ilmiah Potensial, 1(2), 72–77.

Wijayanti, S. P., & Suswandari, M. (2022). Dampak Penggunaan Media Sempoa dalam Pembelajaran Matematika Kelas Rendah di Sekolah Dasar. Mathema Journal, 4(1), 58–66.

Downloads

Published

2024-07-18

How to Cite

Safari, Y., & Fauziah, R. R. . (2024). Upaya Pemahaman Arimatika Siswa SD Melalui Metode Sempoa . Karimah Tauhid, 3(7), 7343–7353. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i7.14050
Abstract viewed = 6 times