Peran Guru dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Mekanik Siswa Kelas 1

Main Article Content

Parda Silvia Pratama
Megan Asri Humaira
Yusuf Safari

Abstract

Permasalahan siswa kelas 1 pada pembelajaran membaca masih terdapat siswa yang belum mengenal huruf alpabet, masih terdapat siswa yang belum dapat mengeja, belum tahu cara membaca huruf mati, dapat mengeja tetapi belum bisa menyambungkan kata, serta rendahnya siswa dalam membaca. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru dalam meningkatkan keterampilan membaca mekanik siswa kelas 1 dan strategi guru dalam meningkatkan keterampilan membaca mekanik siswa kelas 1. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara semi tersetruktur yang dilakukan kepada guru kelas 1 di SDN 1 Tangkil. Prosedur analisis data penelitian ini menggunakan analisis data tematik. Sementara itu, data penelitian ini diuji denga menggunakan triangulasi dan member check. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran guru dalam meningkatkan keterampilan membaca mekanik siswa kelas satu memiliki peran sangat besar. Guru dapat menggunakan berbagai strategi untuk membantu siswa belajar membaca dengan lebih efektif, dengan upaya yang maksimal dari guru, siswa kelas 1 dapat menguasai keterampilan membaca mekanik dengan baik dan siap untuk melanjutkan pembelajaran membaca ke tingkat yang lebih tinggi.

Article Details

How to Cite
Pratama, P. S., Humaira, M. A., & Safari, Y. (2024). Peran Guru dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Mekanik Siswa Kelas 1. Karimah Tauhid, 3(5), 5336–5348. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i5.13104
Section
Articles

References

Adri, H. T., Febrian, R., Agustina, A. D., & ... (2023). Pengelolaan Perpustakaan Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Di Sd Negeri 02 Tajur. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Nusantara, 1(4), 219–225. https://nafatimahpustaka.org/pengmas/article/view/278%0Ahttps://nafatimahpustaka.org/pengmas/article/download/278/141

Ali, M. M. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif Dan Penerapan Nya Dalam Penelitian. JPIB: Jurnal Penelitian Ibnu Rusyd, 1(2), 1-5.

Aliyyah, R. R., Humaira, M. A., Wahyuni Ulfah, S., & Ichsan, M. I. (2020). Guru Berprestasi: Penguatan Pendidikan Di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Sosial Humaniora, 11(1), 59. https://doi.org/10.30997/jsh.v11i1.2362

Aliyyah, R. R., Widyasari, W., Rasmitadila, R., Humaira, M. A., Ulfah, S. W., & Mulyadi, D. (2019). Outstanding Teachers: The Steps In Acquiring Them. International Journal for Educational and Vocational Studies, 1(5), 440–447. https://doi.org/10.29103/ijevs.v1i5.1528

Ari Suci Cahyaning Rizki, A. M. B. (2022). Problematika Membaca Menulis Dan Berhitung (CALISTUNG) Pada Peserta Didik Kelas Rendah Sekolah Dasar. Jurnal Magistra, 13(2), 120–133. https://doi.org/10.31942/mgs

Hikmawati, D., Rahmadani, F., & Safitri, S. (2023). Pengaruh Penguasaan Keterampilan Dasar Mengajar para Pendidik dalam Efektivitas Pembelajaran di Kelas. Sukma: Jurnal Pendidikan, 7(1), 79–93. https://doi.org/10.32533/07105.2023

Hoerudin, C. W. (2023). Upaya meningkatkan kemampuan membaca cepat dengan menggunakan metode. Jurnal Primary Edu, 1(3), 1–15.

Humaira, M. A., Balqis, L. F., & Nurrahmah, S. A. (2021, October). Strategi Guru dalam Peningkatan Keterampilan Siswa sekolah Dasar (Studi Kasus Pembelajaran Daring). In Prosiding Seminar Nasional Sastra, Lingua, Dan Pembelajarannya (Salinga) (Vol. 1, No. 1, pp. 48-55).

Humaira, M. A., Balqis, L. F., Rajagukguk, Z. F., & Nurrahmah, S. A. (2021). Strategi guru dalam pembelajaran daring: peningkatan keterampilan membaca siswa sekolah dasar. JOEL: Journal of Educational and Language Research, 1(2), 119-128.

Kaffah, L. S., & Noviyanti, S. (2022). Strategi Guru Dalam Pembelajaran Membaca Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. Jurnal …, 4(57), 92–97. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/3918%0Ahttp://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/download/3918/2548

Lisnawati, A., Adhari, F. N., Hanipah, R., & Rostika, D. (2023). Problematika Sarana Prasarana dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. 7, 30987–30993.

Wulandari, A. P., Salsabila, A. A., Cahyani, K., Nurazizah, T. S., & Ulfiah, Z. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Journal on Education, 5(2), 3928–3936. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1074

Yunita, F., Khodijah, N., & Suryana, E. (2022). Analisis Kebijakan Profesionalisme Guru dan Dosen. Jurnal program studi pgmi, 9(1), 73–81.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>