Teori Perkembangan Belajar Psikologis Kognitif Jean Piaget: Implementasi dalam Pembelajaran Matematika di Bangku Sekolah Dasar

Main Article Content

Ummi Rasyida Syafawani
Yusuf Safari

Abstract

Menurut Jean Piaget, kecerdasan anak berubah seiring dengan pertumbuhannya. Perkembangan kognitif tidak hanya sekedar memperoleh pengetahuan, anak juga harus mampu tumbuh dan berkembang secara mental. Jean Piaget juga percaya bahwa anak mengalami perkembangan melalui empat fase, yakni sensorimotor, praoperasional, operasional konkret, dan operasional formal. Dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran guru harus memperhatikan pekembangan siswanya, karena itulah tujuan dilakukannya penelitian ini yaitu agar dapat memahami lebih dalam mengenai “Teori perkembangan belajar psikologis kognitif Jean Piaget: implementasi dalam pembelajaran matematika di bangku sekolah dasar”. Dalam melaksanakan kegiatan penelitian ini, peneliti menggunakan metode kajian literatur, yaitu mengumpulkan informasi-informasi yang relevan terkait topik yang dibahas dari berbagai sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam menerapkan Teori Jean Piaget, guru berperan sebagai fasilitator, dan kegiatan pembelajaran difokuskan pada siswa. Dalam melaksanakan pembelajaran matematika harus memperhatikan tahapan usia siswa agar dapat menentukan kegiatan pembelajaran yang efektif yang dapat diterapkan dikelas, karena setiap fase perkembangan siswa berbeda-beda.

Article Details

How to Cite
Syafawani, U. R. ., & Safari, Y. (2024). Teori Perkembangan Belajar Psikologis Kognitif Jean Piaget: Implementasi dalam Pembelajaran Matematika di Bangku Sekolah Dasar. Karimah Tauhid, 3(2), 1488–1502. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i2.11810
Section
Articles

References

Agustyaningrum, N., Pradanti, P., & Yuliana. (2022). Teori Perkembangan Piaget dan Vygotsky : Bagaimana Implikasinya dalam Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar? Jurnal Absis: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 5(1), 568–582. https://doi.org/10.30606/absis.v5i1.1440

Aini, Q., & Relmasira, S. C. (2018). Penerapan Pembelajaran Tematik Integratif Berbasis Kontekstual untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Kelas 1 SD. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 27(2), 124–132. https://doi.org/10.17977/um009v27i22018p124

Amir, A. (2014). Pembelajaran Matematika SD dengan Menggunakan Media Manipulatif. Jurnal Forum Paedagogik, VI(01), 72–89.

Anggraini, Y. (2021). Analisis Persiapan Guru dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2415–2422. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1241

Anugraheni, I. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Pendidikan Karakter Kreatif Di Sekolah Dasar. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(2). https://doi.org/10.24176/re.v8i2.2351

Ardiningtyas, M., Harahap, T. H., & Panggabean, E. M. (2022). Penerapan Teori Piaget dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Menengah Atas : Studi Kasus di Sekolah SMA Negeri 3 Medan. Tut Wuri Handayani: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 6(1), 66–71.

Estini, D. G. W. (2015). Aktualisasi Pemikiran Jean Piaget dalam Implementasi Kurikulum 2013. Proceedings Seminar Nasional FMIPA UNDIKSHA V, 2013, 113–117.

Handika, H. H., Zubaidah, T., & Witarsa, R. (2022). Analisis Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget dan Implikasinya dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 22(2), 124. https://doi.org/10.30651/didaktis.v22i2.11685

Ilham, M., & Arba’iyah, L. (2023). Implementasi Teori Belajar Perspektif Psikologi Konstruktivisme Dalam Pendidikan Anak Sekolah Dasar. Jurnal Multilingual, 3(3), 1412–4823.

Juwantara, R. A. (2019). Analisis Teori Perkembangan Kognitif Piaget pada Tahap Anak Usia Operasional Konkret 7-12 Tahun dalam Pembelajaran Matematika. Al-Adzka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 9(1), 27. https://doi.org/10.18592/aladzkapgmi.v9i1.3011

Kelirik, N. (2019). Penerapan Metode Diskusi Kelompok Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Di Sekolah Dasar Negeri 1 Sukadana. Jurnal IKA, 16(1), 1. https://doi.org/10.23887/ika.v16i1.19821

Khiyarusoleh, U. (2016). Konsep Dasar Perkembangan Kognitif Pada Anak Menurut Jean Piaget. 5(1), 1–10.

Latifah, U. (2017). Aspek Perkembangan pada Anak Sekolah Dasar: Masalah dan Perkembangannya. Academica : Journal of Multidisciplinary Studies, 1(2), 185–196. https://doi.org/10.22515/academica.v1i2.1052

Madaniyah, J., Khoiruzzadi, M., & Prasetya, T. (2021). Perkembangan Kognitif Dan Implikasinya Dalam Dunia Pendidikan (Ditinjau Dari Pemikiran Jean Piaget Dan Vygotsky). 11, 1–14.

Maulana, U., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Efektivitas Cooperative Learning Tipe the Power of Two Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas 4 Sd. Jurnal Ilmiah Pengembangan Pendidikan, V(3), 29–33.

Nabila, N. (2021). Konsep Pembelajaran Matematika Sd Berdasarkan Teori Kognitif Jean Piaget. JKPD) Jurnal Kajian Pendidikan Dasar, 6(1), 69–79.

Nazilatul Mifroh. (2020). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget dan Implementasinya Dalam Pembelajaran di SD/MI. Jurnal Pendidikan Tematik, 1(3), 253–263.

Nurfarhanah, N. (2012). Implikasi Teori Perkembangan Kognitif dalam Kegiatan Belajar. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 12(2), 12. https://doi.org/10.24036/pendidikan.v12i2.2209

Nuryati, N., & Darsinah, D. (2021). Implementasi Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 3(2), 153–162. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v3i2.1186

Safitri, N. A. (2021). Skripsi Buku Senang Matematika Kelas VI Kurikulum 2013 (Jean Piaget). Skripsi, 2013(April), 1–95.

Saniy, M. M. A. (2014). Perbandingan Prestasi Belajar Matematika Siswa SD Negeri Sampangan 02 Semarang Yang Mendapat Calistung Dan Tidak Mendapat Calistung Di Taman Kanak-Kanak. Educational Psychology Journal, 3(1), 14–18.