Analisis Kesulitan Belajar Literasi Siswa Sekolah Dasar
Main Article Content
Abstract
Tujuan dilakukannya penelitian ini yaitu untuk menganalisis kesulitan literasi siswa sekolah dasar. Pendekatan yang peneliti gunakan yaitu pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif untuk menganalisis permasalahan yang peneliti angkat. Penelitian ini dilakukan dengan wawancara kepada peserta didik. Pengumpulan data merupakan analisis data yang digunakan peneliti, dengan melakukan reduksi data, lalu penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari kegiatan penelitian yang dilakukan, menunjukkan hasil yaitu kesulitan literasi siswa di sekolah dasar khususnya SD Ar-Rofiiyah masih dalam kategori rendah. Banyak faktor yang membuat menurunnya keinginan berliterasi, seperti pengaruh perkembangan teknologi, rasa ingin bermain bersama teman, dan rasa malas untuk membaca. Dimana jika literasi tidak dilakukan akan berdampak negatif terhadap perkembangan pengetahuan anak, seperti kurangnya informasi/pengetahuan yang dimiliki, akan selalu menjadi malas melakukan literasi, dan akan semakin jauhnya anak dengan buku.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Adhari, F. N., Hanipah, R., Rustini, T., & Husen, Muh. A. (n.d.). Pengaruh Penggunaan Gawai Terhadap Minat Literasi Baca Pada Pembelajaran IPS Di Sekolah Dasar.
Banani, P. F., Wijaya, Y. D., Haryanti, M., Syahrial, S., & Noviyanti, S. (2022). Meningkatkan Minat Baca Melalui Kegiatan Literasi Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Dikelas V SDN 55/1 Sridadi Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. Pendidikan Dan Konseling, 4.
Budiharto, Triyono, & Suparman. (2018). Literasi Sekolah Sebagai Upaya Penciptaan Masyarakat Pebelajar Yang Berdampak Pada Peningkatan Kualitas Pendidikan. Jurnal Ilmu-Ilmu Sejarah, Sosial, Budaya Dan Kependidikan, 5(1), 153–166.
Dwi, V., & Zati, A. (2018). Upaya Untuk Meningkatkan Minat Literasi Anak Usia Dini. 4(1), 2502–7166.
Harahap, D. G. S., Nasution, F., Nst, E. S., & Sormin, S. A. (2022a). Analisis Kemampuan Literasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 2089–2098. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2400
Hermawan, R., Rumaf, N., & Solehun, S. (2020). Pengaruh Literasi terhadap Keterampilan Membaca pada Siswa Kelas IV SD Inpres 12 Kabupaten Sorong. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 2(1), 56–63. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v2i1.411
Ilmi, N., Wulan, N. S., & Wahyudin, D. (2021). Gerakan Literasi Sekolah dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(5), 2866–2873. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.990
Khusna, S., Mufridah, L., Sakinah, N., & Annur, A. F. (2022). Gerakan Literasi dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Pendidikan MI/SD, 2. https://doi.org/10.35878/guru/v2.i2.454
Prasrihamni, M., Zulela, Z., & Edwita, E. (2022). Optimalisasi Penerapan Kegiatan Literasi Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(1), 128–134.
Rohim, C. D., & Rahmawati, S. (2020). Peran Literasi dalam Meningkatkan Minat Baca Di Sekolah Dasar. Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 6(3), 2.
Ruslan, R., & Wibayanti, S. H. (2019). Pentingnya Meningkatkan Minat Baca Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang, 767–775.
Sumaryanti, L. (2018). Membudayakan Literasi Pada Anak Usia Dini Dengan Metode Mendongeng. AL-ASASIYYA: Journal Of Basic Education, 3(1), 117. https://doi.org/10.24269/ajbe.v3i1.1332
Susilowati, S. (2016). Meningkatkan Kebiasaan Membaca Buku Informasi Pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Guru Caraka Olah Pikir Edukatif, 20(1), 41–49.