ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MEMBACA PERMULAAN DIKELAS DUA SEKOLAH DASAR

Main Article Content

Anggita Rahmawati
Amaliyah Khairul Haq
Firyal Apipah

Abstract

Kemampuan membaca merupakan hal yang sangat penting dimiliki oleh seorang siswa. Kemampuan membaca sering sekali mengalami Kesulitan diantaranya mengalami kondisi siswa tidak lancar dalam membaca, kesulitan dalam mengenal huruf abjad, mengeja, dan memahami isi bacaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yang berarti data deskriptif dikumpulkan secara lisan dan tulisan. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang telah direduksi atau dirangkum kemudian disusun secara teratur dan terperinci dalam beberapa bagian sesuai dengan masalahnya. Terdapat kesulitan membaca permulaan siswa kelas dua di SDN 02 Benteng yaitu belum mengenal huruf dan suku kata secara keseluruhan, belum bisa membedakan huruf yang terlihat sama, atau yang terdengar sama seperti "b" dan "d", "p" dan "f". Dengan adanya faktor intelektual, faktor lingkungan, serta faktor motivasi dari orang terdekat. Cara mengatasi hal tersebut guru berupaya seperti meberikan motivasi, menyediakan fasilitas, memperkuat pemahaman suku kata, membuat permainan untuk memotivasi siswa, serta memberikan pelatihan membaca setiap hari.Hasil menunjukkan bahwa siswa di kelas dua SDN 02 Benteng menghadapi beberapa kendala dan faktor dalam membaca awal. Salah satunya adalah mereka belum mengenal huruf dan suku kata secara keseluruhan dan tidak dapat membedakan huruf seperti "b", "d", "p", dan "f". Menonton televisi dan penggunaan ponsel, kurangnya motivasi keluarga, kurangnya minat siswa dalam pendidikan, dan lingkungan sekolah yang tidak mendukung adalah beberapa faktor yang dapat mempengaruhi siswa. Untuk mengatasi masalah ini, guru harus mendorong dan mendukung siswa mereka sepenuhnya memberi mereka buku atau buku bacaan dengan kartu huruf atau suku kata meningkatkan pemahaman mereka tentang huruf dan suku kata dan membuat permainan yang mendorong mereka untuk belajar.

Article Details

How to Cite
Rahmawati, A. ., Amaliyah Khairul Haq, & Firyal Apipah. (2023). ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MEMBACA PERMULAAN DIKELAS DUA SEKOLAH DASAR . Karimah Tauhid, 2(5), 1419–1429. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v2i5.8937
Section
Articles

References

Ahmad, A. (2017). Penerapan Permainan Bahasa (Katarsis) Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa Kelas Iva Sd Negeri 01 Metro Pusat. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 9(2), 75. https://doi.org/10.17509/eh.v9i2.7024

Anggia, V., & Ariawan, N. (2017). Analisis kesulitan siswa dalam membaca permulaan di kelas satu sekolah dasar.

Kelas, S., Sekolah, V. D. I., & Inpres, D. (2018). Jurnal Riset Pendidikan Dasar. 01, 129–139.

Oktadiana, B. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Membaca Permulaan Siswa Kelas II pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Madrasah Ibtidaiyah Munawariyah Palembang. JIP Jurnal Ilmiah PGMI, 5(2), 143–164. https://doi.org/10.19109/jip.v5i2.3606

Pendidikan, J. (2020). Upaya Meningkatkan Minta Baca Siswa Sekolah Dasar. 2.

Pridasari, F., & Anafiah, S. (2020). Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas I Di Sdn Demangan Yogyakarta. TRIHAYU: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 6(2), 432–439. https://doi.org/10.30738/trihayu.v6i2.8054

Putriana, S. (2021). Perkembangan Intelektual pada Usia Sekolah Dasar. 5(2019), 1771–1777.

Rachmawati, A., & ... (2022). Penerapan Model Pembelajaran Inovatif Melalui Asesmen Diagnostik Dalam Menguatkan Literasi Anak Kelas 1 di SDN Banjaran 5. Prosiding SEMDIKJAR …, 891–898. https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/semdikjar/article/view/2408

Rafika, N., & Madiun, U. P. (2020). Analisis kesulitan membaca permulaan pada siswa sekolah dasar. 2, 301–306.

Ramdan, A. Y., & Fauziah, P. Y. (2019). Peran orang tua dan guru dalam mengembangkan nilai-nilai karakter anak usia sekolah dasar. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 9(2), 100. https://doi.org/10.25273/pe.v9i2.4501

Setyastuti, C. S., Santoso, A. B., & Haryanti, U. (2022). UPAYA GURU DALAM MENGATASI KESULITAN MEMBACA PERMULAAN PADA SISWA KELAS I SDN 1 MUNGGUNG , KARANGDOWO , KLATEN , TAHUN PELAJARAN 2021 / 2022. 9(1), 32–42.

Susilowati, S. (2016). Meningkatkan Kebiasaan Membaca Buku Informasi Pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Guru Caraka Olah Pikir Edukatif, 20(1), 41–49.

Syifa, L., Setianingsih, E. S., & Sulianto, J. (2019). Dampak Penggunaan Gadget terhadap Psikologi pada Anak Sekolah Dasar Perkembangan. 3(4), 527–533.

Wardani, I. K., & Madiun, U. P. (2020). Analisis kesulitan membaca permulaan siswa kelas rendah. 2, 286–289.

Wulanjani, A. N., & Anggraeni, C. W. (2019). Meningkatkan Minat Membaca melalui Gerakan Literasi Membaca bagi Siswa Sekolah Dasar. 3, 26–31.