Penggunaan Lagu Anak Dalam Pembelajaran Tata Bahasa Untuk Siswa Sekolah Dasar EFL

Main Article Content

Anggita Rahmawati
Amaliyah Khairul Haq

Abstract

Daya pikir anak dapat dikembangkan dengan nyanyian yang tepat, perbendaharaan bahasa, kreativitas, dan kemampuan berimajinasi. untuk memastikan perkembangan intelektualnya berjalan lancar. Terutama dalam hal bernyanyi. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pengajaran tata bahasa dapat mempengaruhi anak sekolah dasar EFL dengan menggunakan metode bernyanyi. Metode penelitian yang digunakan dalam peneliti ini menggunakan studi literatur. Teknik pengumpulan data dengan mengumpulkan sebanyak mungkin teori dan informasi dari bahan kepustakaan yang berkaitan dengan subjek penelitian yang telah dikaji. Teknik analisis data ini menggunakan model Miles dan Huberman. Bernyanyi dapat memberikan pengaruh efek positif pada pembelajaran tata bahasa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat ukuran efek keseluruhan yang kecil (d 0,16) dan ukuran efek rata-rata yang lebih besar (d 0,35) terkait dengan hasil memori. Hasil kedua menunjukkan bahwa siswa yang terlibat dalam kelompok bernyanyi mengungguli siswa dalam kelompok berbicara dan kelompok kontrol dalam pembelajaran tata bahasa pada Tes ke tiga. Melihat bagaimana bernyanyi mempengaruhi pembelajaran tata bahasa ini menunjukkan bahwa bernyanyi dapat meningkatkan pengaruh positif pada siswa yang belajar tata bahasa. Untuk membuat kegiatan lebih menarik perhatian anak, guru biasanya memadukannya dengan gerakan atau dengan sair dari lagu yang dinyanyikan. Berdasarkan perkembangan siswa Sekolah Dasar, pembelajaran yang menyenangkan diperlukan untuk memanfaatkan lagu anak-anak.

Article Details

How to Cite
Rahmawati, A. ., & Amaliyah Khairul Haq. (2023). Penggunaan Lagu Anak Dalam Pembelajaran Tata Bahasa Untuk Siswa Sekolah Dasar EFL . Karimah Tauhid, 2(4), 1160–1169. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v2i4.8785
Section
Articles

References

Anak, K., & Dini, U. (n.d.). Penerapan Metode Bernyanyi untuk Meningkatkan Perkembangan Kosa. 6034(1), 9–15.

Garryn C. Ranuntu, G. J. T. (2018). Peran lagu dalam pengajaran bahasa inggris tingkat dasar. Jurnal LPPM Bidang EkoSosBudKum, 4(1), 99–110.

Ifadah, M., & Aimah, S. (2012). Keefektifan Lagu sebagai Media Belajar dalam Pengajaran Pronounciation/Pengucapan. Seminar Hasil-Hasil Penelitian-LPPM UNIMUS, 363–370.

Instruksi, P., Bussea, V., Henniesb, C., Kreutzc, G., & Rodend, I. (2021). Machine Translated by Google Belajar tata bahasa melalui nyanyian ? Intervensi dengan pelajar sekolah dasar EFL. 71(September 2020).

Nurani, A. F., Febriani Sya, M., & Yektyastuti, R. (2019). Efektivitas Penggunaan Picture Series Dalam Meningkatkan Kosakata Bahasa Inggris Siswa (the Effectiveness of Using Picture Series in Improving Students’ English Vocabulary).

Nurazizah, N. (2023). Lagu Anak - Anak Untuk Pembelajaran Bahasa Inggris SD. 2, 263–271.

Pendidikan, P., Indonesia, B., Keguruan, F., Malang, U. M., Raya, J., No, T., & Timur, J. (2022). ASPEK LEKSIKO-GRAMATIKAL DALAM LAGU ANAK YANG BERMUATAN MULTIPLE INTELLIGENCE Tri Agung Bayu Ambarsari , Eka Wijayanti , Ahmad Arif Kurniawan , Arti Lexico-Grammatical Aspects in the Nursery Rhymes Charged With Multiple Intelligence Diterima : Direvisi : . 18, 77–90.

Sidiq, U., Choiri, M., & Mujahidin, A. (n.d.). Metode Penelitian Kualitatif Di Bidang Pendidikan.

Student, M. T., Kumar, R. R., Omments, R. E. C., Prajapati, A., Blockchain, T.-A., Ml, A. I., Randive, P. S. N., Chaudhari, S., Barde, S., Devices, E., Mittal, S., Schmidt, M. W. M., Id, S. N. A., PREISER, W. F. E., OSTROFF, E., Choudhary, R., Bit-cell, M., In, S. S., Fullfillment, P., … Fellowship, W. (2021). Metode Penelitian di dalam Manuskrip Jurnal Ilmiah Keagamaan. Frontiers in Neuroscience, 14(1), 1–13.

Sya, M. F., & Helmanto, F. (2020). Pemerataan Pembelajaran Muatan Lokal Bahasa Inggris Sekolah Dasar Indonesia. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 71. https://doi.org/10.30997/dt.v7i1.2348

Taib, B., Alhadad, B., & Ilham, R. (2020). Penerapan Konsep Edutainment Dalam Pembelajaran Mengenal Abjad Di Kelompok A Di Paud Tuan Guru Alim Kota Ternate.

Utami, W., Sya, M. F., & Hidayat, A. (2022). Developing English learning material for grade 4 students. LADU: Journal of Languages and Education, 2(6), 231–240. https://doi.org/10.56724/ladu.v2i6.144

Most read articles by the same author(s)