Metode Pembelajaran Building Words dalam Vocabulary Inggris

Main Article Content

Ummi Rasyida Syafawani

Abstract

Dalam pembelajaran Bahasa Inggris, hal yang paling mendasar yang harus peserta didik kuasai yaitu penguasaan vocabulary. Karena vocabulary merupakan hal yang sangat penting dalam pembelajaran Bahasa Inggris, jika tidak menguasai vocabulary maka peserta didik akan merasakan kesulitan dalam pembelajaran Bahasa Inggris. Peneliti menemukan dalam proses pembelajaran peserta didik seringkali kesulitan memahami arti sebuah kata dikarenakan penguasaan vocabulary yang masih sangat kurang.  Hal ini sangat berpengaruh pada proses pencapaian kompetensi dasar dan hasil belajar, karena dengan kurangnya penguasaan vocabulary dapat mengahambat pembelajaran Bahasa Inggris.  Rendahnya penguasaan vocabulary peserta didik dapat terlihat dari pre-test yang diberikan, dimana dari hasil pre-test peserta didik dapat mengetahui sejauh mana penguasaan vocabulary yang dimiliki. Peneliti menemukan metode pembelajaran yang dapat diterapkan dalam pembelajaran vocabulary, yaitu Building Words, dimana Building Words merupakan metode pembelajaran yang menyenangkan, dimana peserta didik diminta untuk menyusun potongan-potongan huruf menjadi kata sesuai gambar dan peserta didik diminta untuk menyusun potongan-potongan huruf menjadi kata sesuai gambar.  Peneliti menggunakan metode studi literatur, yang dimana studi literatur adalah serangkaian kegiatan yang berkenaan dengan metode pengumpulan data pustaka, membaca,  dan mencatat, serta mengelolah bahan penelitian. Pemerolehan data didapatkan dari serangkaian kegiatan yang berkenaan dengan metode pengumpulan data pustaka, membaca, dan mencatat serta mengolah bahan penelitian. Hasil penelitian menunjukan metode Building Words dapat membuat pembelajaran menjadi menyenangkan dan membuat meningkatnya/menambah pengetahuan tentang vocabulary Bahasa Inggris di sekolah dasar.

Article Details

How to Cite
Syafawani, U. R. (2023). Metode Pembelajaran Building Words dalam Vocabulary Inggris. Karimah Tauhid, 2(2), 486–491. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v2i2.7816
Section
Articles

References

Asyiah, D. N. (2017). The Vocabulary Teaching And Vocabulary Learning: Perception, Strategies, And Influences On Students’ Vocabulary Mastery. Jurnal Bahasa Lingua Scientia, 9(2). https://doi.org/10.21274/ls.2017.9.2.293-318

Humaira, M. A., Balqis, L. F., Rajagukguk, Z. F., & Nurrahmah, S. A. (2021). Strategi Guru Dalam Pembelajaran Daring: Peningkatan Keterampilan Membaca Siswa Sekolah Dasar. JOEL: Journal of Educational and Language Research, 1(2), 119-128.

Humaira, M. A., Sudjani, D. H., Sya, M. F., Indra, S., Syamsudin, D., & Rusli, R. K. (2021). Penguatan Literasi Siswa Melalui Story Telling Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Bahasa Arab Di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 5(3), 547-552.

Liando, N. V. F., Tatipang, D. P., Tamboto, G., Poluan, M., & Manuas, M. (2022). Pictures as a Learning Media in Teaching Vocabulary. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 22(3), 1944. https://doi.org/10.33087/jiubj.v22i3.2832

Nurani, A. F., Febriani Sya, M., & Yektyastuti, R. (n.d.). Meningkatkan Kosakata Bahasa Inggris dengan Menggunakan Picture Series Efektivitas Penggunaan Picture Series Dalam Meningkatkan Kosakata Bahasa Inggris Siswa The Effectiveness Of Using Picture Series In Improving Students’ English Vocabulary.

Raskova Octaberlina, L., Fitri Anggarini, I., Ibrahim Malang, M., & Miftahul Huda Ngadireso, M. (2020). Like Raskova Octaberlina& Ida fitri A (Vol. 13, Issue 1).

Safitri, I., Reftyawati, D., & Pradana, S. A. (2022). Latihan Membaca Bahasa Inggris : Analisis Kesulitan Siswa Kelas XI dalam Memahaminya. Ensiklopedia: Jurnal Pendidikan Dan Inovasi Pembelajaran Saburai, 2(01), 46–53. https://doi.org/10.24967/esp.v2i01.1551

Satuna, O. :, & Wardani, I. (n.d.). IMPROVING STUDENTS’ VOCABULARY MASTERY USING WORD MAPPING STRATEGY.

Setiani, N., Negeri, M., & Kartanegara, K. (n.d.). Penerapan Metode Building Words Untuk Meningkatkan Vocabulary. JUPENDIK: JURNAL PENDIDIKAN, 16(2), 2021–2579.

SUCANDRA, S., Budiman, M. A., & Fajriyah, K. (2022). Analisis Kesulitan Penguasaan Kosakata Pembelajaran Muatan Lokal Bahasa Inggris Pada Siswa Kelas Iv Di Sd Plus Latansa Kabupaten Demak. Wawasan Pendidikan, 2(1), 71–80. https://doi.org/10.26877/wp.v2i1.9664

Sya, M. F., & Helmanto, F. (2020). Pemerataan Pembelajaran Muatan Lokal Bahasa Inggris Sekolah Dasar Indonesia. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 71. https://doi.org/10.30997/dt.v7i1.2348

Universitas, R. F., & Bogor, D. (2022). Kesulitan siswa sekolah dasar dalam pengucapan Bahasa inggris.

Wibowo, A. I., Mulyati, S., Yastanti, U., & Ananta Vidada, I. (2021). Vocabulary Building sebagai Modal Dasar Keahlian Berbahasa Inggris pada Peserta Didik Asrama Yatim Keluarga Muslim The Castilla. Jurnal Abdimas Komunikasi Dan Bahasa, 1(1), 14–18. http://jurnal.bsi.ac.id/index.php/abdikom