Mewujudkan Generasi Qurani di Era Modernisasi dengan Cara Menghafal Al-Quran

Main Article Content

Raisya Agnesicca
Rini Rifani
Annissa Mawardini

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana cara menciptakan para penghafal di era modernisasi untuk membentuk generasi qurani yang baik. Metode Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pengolahan data wawancara terstuktur. Data dikumpulkan dengan melalui wawancara terstruktur dengan beberapa para penghafal Al-Quran di Yayasan Shoutuz zikri Walfikri dan juga mahasiswa Universitas Djuanda Bogor. Berdasarkan penelitian ini peneliti mendapatkan metode tikrar dalam menghafal Al-Quran, faktor pendukung dan hambatannya serta manfaat menghafal Alquran. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan dalam mewujudkan generasi qurani di era modernisasi dengan cara menghafal Al-Quran sangat mungkin untuk diwujudkan sekalipun untuk siswa yang lemah kecerdasannya.

Article Details

How to Cite
Agnesicca, R., Rifani, R. ., & Mawardini, A. (2023). Mewujudkan Generasi Qurani di Era Modernisasi dengan Cara Menghafal Al-Quran. Karimah Tauhid, 2(3), 772–778. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v2i3.9027
Section
Articles

References

Ariani, S., & Realita, R. (2015). Program Bengkel Mengaji (Upaya Peningkatan Kemampuan Tahsin Al-Quran Mahasiswa PAI). Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 5(1), Article 1. https://doi.org/10.22373/jm.v5i1.301

Baroroh, E. Z., Firmansyah, D., & Hasanah, N. (2023). Efektivitas Achievement Motivation Training (AMT) Berbasis Islam Dalam Meningkatkan Motivasi Menghafal Alquran Santri. Jurnal Psikologi Islam Dan Budaya, 6(1), Article 1.

Bisri, H. (2016). Pengelolaan Tahfidzul Quran Model Ponpes LKiD. TADBIR MUWAHHID, 5(1), Article 1. https://doi.org/10.30997/jtm.v5i1.424

Bisri, H., & Abdillah, M. B. (2018). Pengelolaan Model Pembinaan Tahfiz Al-Quran. TADBIR MUWAHHID, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.30997/jtm.v2i1.1157

Hasnunidah, N. (2017). Metodologi Penelitian Pendidikan. Medika Akademi. http://repository.lppm.unila.ac.id/10780/

Hatuwe, R. S. M., Tuasalamony, K., Susiati, S., Masniati, A., & Yusuf, S. (2021). Modernisasi Terhadap Perubahan Sosial Masyarakat Desa Namlea Kabupaten Buru. NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 8(1), Article 1. https://doi.org/10.31604/jips.v8i1.2021.84-96

Mashuri, I., Muftiyah, A., & Nafisah, S. F. (2022). Implementasi Metode Tikrar Dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Siswa pada Program Tahfidzul Qur’an Siswa Kelas Ix Mts Darul Amien Jajag Gambiran Banyuwangi. Jurnal Tarbiyatuna : Kajian Pendidikan Islam, 6(1), Article 1. https://doi.org/10.29062/tarbiyatuna.v6i1.1302

Najib, M. (2018, November 12). Implementasi Metode Takrir Dalam Menghafalkan Al Quran Bagi Santri Pondok Pesantren Punggul Nganjuk | Intelektual: Jurnal Pendidikan dan Studi Keislaman. https://www.ejournal.iai-tribakti.ac.id/index.php/intelektual/article/view/727

Nasution, F. A. (n.d.). Implementasi Manajemen Sumber Daya Guru Dalam Mewujudkan Generasi Qur’ani di Pondok Pesantren Al-Mukhlisin Kabupaten Padang Lawas. Retrieved June 22, 2023, from https://repository.uin-suska.ac.id/57000/

Nurdiah, N., Suprapto, S., Maujud, F., & Nasri, U. (2023). Manajemen Rumah Qur’an Dalam Mencetak Generasi Qur’ani: (Studi Kasus di Rumah Qur’an Nahdlatul Wathan Lombok Yayasan Pondok Tahfidz Baqiyatussalaf Nahdlatul Wathan). Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1), Article 1. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i1.1167

Riduan, M., Abdurakhman, O., & Maufur, mustolah. (2016). Manajemen Program Tahfizhl Alquran Pada Pondok Pesantren Modern. TADBIR MUWAHHID, 5(1), Article 1. https://doi.org/10.30997/jtm.v5i1.335

Saptadi, H. (2012). Faktor-Faktor Pendukung Kemampuan Menghafal Al-Qur`An dan Implikasinya Dalam Bimbingan dan Konseling. Jurnal Bimbingan Konseling, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.15294/jubk.v1i2.853