Peningkatan Kemampuan Bahasa Inggris Mahasiswa: Ketakutan dan Pembiasaan

Main Article Content

Alya Denistha Zahra
Juliani Patiyasa Lubis
Davin Naila Frayoga

Abstract

Pendidikan merupakan hal yang sangat penting di Indonesia dan banyak siswa yang belum mengembangkan kemampuan pemahaman bahasa Inggris, namun tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif  dengan melakukan survei terhadap lima mahasiswa program studi PGSD setiap semester1.Tujuan artikel ini adalah untuk mengetahui tingkat minat siswa dalam belajar bahasa Inggris

Article Details

How to Cite
Zahra, A. D., Lubis, J. P., & Frayoga, D. N. . (2024). Peningkatan Kemampuan Bahasa Inggris Mahasiswa: Ketakutan dan Pembiasaan. Karimah Tauhid, 3(3), 3846–3855. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i3.12547
Section
Articles

References

Bisena, I. K. A., & Ayu J. Sastaparamitha, N. N. (2021). Strategi Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris Mahasiswa STMIK STIKOM Indonesia Melalui Pemanfaatan Video Online Youtube. Pustaka : Jurnal Ilmu-Ilmu Budaya, 21(1), 1. https://doi.org/10.24843/pjiib.2021.v21.i01.p01

Setyowati, L. (2019). Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris Mahasiswa Universitas Satya Negara Indonesia melalui Pembelajaran IELTS dan TOEIC dengan Teknologi Aplikasi Android. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 10(1), 126. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v10i1.3560

Siregar, N. H. (2022). Literasi digital untuk meningkatkan kemampuan berbahasa inggris dan karakter pelajar anak bangsa pada pertukaran mahasiswa merdeka. Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(1), 1–8. https://jurnal-lp2m.umnaw.ac.id/index.php/JIP/article/view/1291

Surani, D., & Chaerudin, A. (2019). Pemanfaatan Media Whatsapp Grouping dalam Peningkatan Kemampuan Bahasa Inggris Ekonomi Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 5(02), 155–172.

Sutiyoso. (2010). Peningkatan Kemampuan Berbahasa Inggris Mahasiswa Seni Tari Semester Empat melalui KBM Berbahasa Inggris pada Mata Kuliah Kajian dan Peningkatan Pengembangan Kurikulum dengan Pendekatan Cooperative Learning. 1–10.

Sya, M. F., & Helmanto, F. (2020a). Pemerataan Pembelajaran Muatan Lokal Bahasa Inggris Sekolah Dasar Indonesia. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 71. https://doi.org/10.30997/dt.v7i1.2348

Sya, M. F., & Helmanto, F. (2020b). Writing Poster at Higher Education: Victor Schwab Theory Analysis. Wanastra: Jurnal Bahasa Dan Sastra, 12(1), 25–31. https://doi.org/10.31294/w.v12i1.7585

Syahputra, I. (2014). Strategi Pembelajaran Bahasa Inggris Sebagai Bahasa Asing Dalam Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Siswa. Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 17, 127–145.

Theodoridis, T., & Kraemer, J. (n.d.). FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEMAMPUAN BERBAHASA INGGRIS MAHASISWA PENDIDIKAN ADMINISTRASI PERKANTORAN. 155, 155–164.

Warman, J. S., Mardian, V., Suryani, L., Fista, F. R., & Irwan, I. (2020). Program Pelatihan Penigkatan Kemampuan Bahasa Inggris Anak-Anak Panti Asuhan Melalui Pemberdayaan Mahasiswa. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 280–285. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v3i2.3304

(Sya & Helmanto, 2020a)Bisena, I. K. A., & Ayu J. Sastaparamitha, N. N. (2021). Strategi Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris Mahasiswa STMIK STIKOM Indonesia Melalui Pemanfaatan Video Online Youtube. Pustaka : Jurnal Ilmu-Ilmu Budaya, 21(1), 1. https://doi.org/10.24843/pjiib.2021.v21.i01.p01

Setyowati, L. (2019). Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris Mahasiswa Universitas Satya Negara Indonesia melalui Pembelajaran IELTS dan TOEIC dengan Teknologi Aplikasi Android. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 10(1), 126. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v10i1.3560

Siregar, N. H. (2022). Literasi digital untuk meningkatkan kemampuan berbahasa inggris dan karakter pelajar anak bangsa pada pertukaran mahasiswa merdeka. Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(1), 1–8. https://jurnal-lp2m.umnaw.ac.id/index.php/JIP/article/view/1291

Surani, D., & Chaerudin, A. (2019). Pemanfaatan Media Whatsapp Grouping dalam Peningkatan Kemampuan Bahasa Inggris Ekonomi Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 5(02), 155–172.

Sutiyoso. (2010). Peningkatan Kemampuan Berbahasa Inggris Mahasiswa Seni Tari Semester Empat melalui KBM Berbahasa Inggris pada Mata Kuliah Kajian dan Peningkatan Pengembangan Kurikulum dengan Pendekatan Cooperative Learning. 1–10.

Sya, M. F., & Helmanto, F. (2020a). Pemerataan Pembelajaran Muatan Lokal Bahasa Inggris Sekolah Dasar Indonesia. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 71. https://doi.org/10.30997/dt.v7i1.2348

Sya, M. F., & Helmanto, F. (2020b). Writing Poster at Higher Education: Victor Schwab Theory Analysis. Wanastra: Jurnal Bahasa Dan Sastra, 12(1), 25–31. https://doi.org/10.31294/w.v12i1.7585

Syahputra, I. (2014). Strategi Pembelajaran Bahasa Inggris Sebagai Bahasa Asing Dalam Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Siswa. Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 17, 127–145.

Theodoridis, T., & Kraemer, J. (n.d.). FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEMAMPUAN BERBAHASA INGGRIS MAHASISWA PENDIDIKAN ADMINISTRASI PERKANTORAN. 155, 155–164.

Warman, J. S., Mardian, V., Suryani, L., Fista, F. R., & Irwan, I. (2020). Program Pelatihan Penigkatan Kemampuan Bahasa Inggris Anak-Anak Panti Asuhan Melalui Pemberdayaan Mahasiswa. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 280–285. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v3i2.3304

(Sya & Helmanto, 2020a)Bisena, I. K. A., & Ayu J. Sastaparamitha, N. N. (2021). Strategi Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris Mahasiswa STMIK STIKOM Indonesia Melalui Pemanfaatan Video Online Youtube. Pustaka : Jurnal Ilmu-Ilmu Budaya, 21(1), 1. https://doi.org/10.24843/pjiib.2021.v21.i01.p01

Setyowati, L. (2019). Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris Mahasiswa Universitas Satya Negara Indonesia melalui Pembelajaran IELTS dan TOEIC dengan Teknologi Aplikasi Android. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 10(1), 126. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v10i1.3560

Siregar, N. H. (2022). Literasi digital untuk meningkatkan kemampuan berbahasa inggris dan karakter pelajar anak bangsa pada pertukaran mahasiswa merdeka. Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(1), 1–8. https://jurnal-lp2m.umnaw.ac.id/index.php/JIP/article/view/1291

Surani, D., & Chaerudin, A. (2019). Pemanfaatan Media Whatsapp Grouping dalam Peningkatan Kemampuan Bahasa Inggris Ekonomi Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 5(02), 155–172.

Sutiyoso. (2010). Peningkatan Kemampuan Berbahasa Inggris Mahasiswa Seni Tari Semester Empat melalui KBM Berbahasa Inggris pada Mata Kuliah Kajian dan Peningkatan Pengembangan Kurikulum dengan Pendekatan Cooperative Learning. 1–10.

Sya, M. F., & Helmanto, F. (2020a). Pemerataan Pembelajaran Muatan Lokal Bahasa Inggris Sekolah Dasar Indonesia. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 71. https://doi.org/10.30997/dt.v7i1.2348

Sya, M. F., & Helmanto, F. (2020b). Writing Poster at Higher Education: Victor Schwab Theory Analysis. Wanastra: Jurnal Bahasa Dan Sastra, 12(1), 25–31. https://doi.org/10.31294/w.v12i1.7585

Syahputra, I. (2014). Strategi Pembelajaran Bahasa Inggris Sebagai Bahasa Asing Dalam Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Siswa. Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 17, 127–145.

Theodoridis, T., & Kraemer, J. (n.d.). FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEMAMPUAN BERBAHASA INGGRIS MAHASISWA PENDIDIKAN ADMINISTRASI PERKANTORAN. 155, 155–164.

Warman, J. S., Mardian, V., Suryani, L., Fista, F. R., & Irwan, I. (2020). Program Pelatihan Penigkatan Kemampuan Bahasa Inggris Anak-Anak Panti Asuhan Melalui Pemberdayaan Mahasiswa. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 280–285. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v3i2.3304