Konsep Perencanaan Pembelajaran dan Model Pengembangan Perangkat Desain Pembelajaran
DOI:
https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i4.13092Keywords:
perencanaan pembelajaran, model pengembangan perangkat desain pembelajaran, tujuan pembelajaranAbstract
Perencanaan pembelajaran merupakan komponen penting dari proses pembelajaran, dan mencakup pemahaman tentang tujuan pembelajaran, fungsi-fungsi penting, dan model-model pengembangan perangkat desain pembelajaran. Artikel ini membahas konsep dasar perencanaan pembelajaran, seperti definisi, tujuan, dan fungsi-fungsi penting. Selain itu, artikel ini memeriksa model pengembangan perangkat desain pembelajaran yang efektif, seperti ASSURE, Hannafin & Peck, Dick & Carey, 4D, dan PPSI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman yang mendalam tentang perencanaan pembelajaran sangat penting untuk meningkatkan kualitas dan efektivitas pembelajaran. Perencanaan pembelajaran yang terstruktur dan terarah memungkinkan guru memaksimalkan potensi peserta didik untuk mencapai hasil belajar yang diinginkan.
References
Aji, W. N. (2016). MODEL PEMBELAJARAN DICK AND CARREY DALAM PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA. Kajian Linguistik Dan Sastra, 1(2). https://doi.org/10.23917/kls.v1i2.3631
Dila Rukmi Octaviana, Sutomo, M., & Mashudi. (2022). MODEL PEMBELAJARAN DICK AND CAREY SERTA IMPLEMENTASINYA DALAM PEMBELAJARAN PAI. Jurnal Tawadhu, 6(2). https://doi.org/10.52802/twd.v6i2.344
Dr. Rusydi Ananda, M. P. (n.d.). 5. PERENCANAAN PEMBELAJARAN (BUKU-PENULIS). https://doi.org/10.7312/vill15080-015
Dr.Wina Sanjaya, M. P. (2015). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran - Dr. Wina Sanjaya, M.Pd - Google Books. Kencana,Prenadamedia Group.
Fajri, M. N., & others. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Model Problem Based Instruction untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP/MTs. UIN Ar-Raniry Banda Aceh.
Hanafy, Muh. S. (2014). Jurnal Pendidikan: Konsep Belajar dan Pembelajaran. Lentera Pendidikan, 17(1).
Iskandar, I., & Wahab, W. (2023). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DENGAN MODEL ASSURE. Jurnal Konseling Pendidikan Islam, 4(1). https://doi.org/10.32806/jkpi.v4i1.309
Kasmawati, K. (2019). Implementasi Perencanaan Pendidikan dalam Lembaga Pendidikan Islam. Idaarah, 3(1), 138–147. https://doi.org/10.24252/idaarah.v3i1.9073
Khoerunnisa, P., & Aqwal, S. M. (2020). Analisis Model-model Pembelajaran. FONDATIA, 4(1). https://doi.org/10.36088/fondatia.v4i1.441
Masruroh Mahmudah, M. Pd. I. (2016). Urgensi Diantara Dualisme Metode Pembelajaran Ceramah Dalam Kegiatan Belajar Mengajar Untuk Siswa MI/SD. Cakrawala: Jurnal Studi Islam, 11(1).
Nurani, A. F., Febriani Sya, M., & Yektyastuti, R. (2019). Efektivitas penggunaan picture series dalam meningkatkan kosakata bahasa Inggris siswa. Journal Pendidikan Indonesia, 2(1).
Nurhikmah, I., Widyasari, & Sya, M. F. (2019). Peran Kelompok Kerja Guru (KKG) dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru. E-Journal Skripsi: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 2(2).
Popi Srikandika, dkk. (2019). Analisis model pengembangan bahan ajar (4D, ADDIE, ASSURE, HANNAFIN dan PECK). Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9).
Rahayu, A., Salim, N., & Fitri, A. (2021). HAKIKAT PERENCANAAN PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA. PENTAS : Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 7(1). https://doi.org/10.52166/pentas.v7i1.2201
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Naya Sabrina Sabrina, Mega Febriani Sya
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.