Strategi Pembelajaran Inovatif dan Kreatif di Sekolah Dasar
Main Article Content
Abstract
Pembelajaran inovatif di sekolah merupakan strategi pembelajaran yang menekankan kepada penyampaian materi pembelajaran kepada siswa, yang berupa ekspositori, inkuiri, pembelajaran berbasis masalah, peningkatan kemampuan berpikir, pembelajaran kooperatif, pembelajaran kontekstual, pembelajaran afektif, dan pendekatan ilmiah. Namun permasalahan ditemukan pada proses pembelajaran bahwa masih ada siswa yang sulit fokus terhadap materi yang disampaikan, bosan dengan materi yang disampaikan, dan sulit memahami materi. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pembelajaran inovatif yang dapat dilakukan dalam proses pembelajaran di sekolah dasar. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Studi Kasus. Dengan menggunakan jenis penelitian Kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan cara wawancara guru yang dilakukan pada 27 Januari 2023 di SDN 01 Cikereteg. Instrumen yang digunakan yaitu Pedoman Wawancara (Guru). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Hasil menunjukkan untuk mengatasi permasalahan yang terjadi guru perlu menyiapkan strategi pembelajaran yang inovatif. Inovasi yang telah dilakukan guru dalam proses pembelajaran adalah dengan mengembangkan media pembelajaran. , media pembelajaran yang digunakan dapat berupa media gambar, video pembelajaran, cerita bergambar dan juga dalam bentuk Power Point. Strategi pembelajaran inovatif dilakukan dengan melihat kondisi peserta didik di kelas, artinya guru menyiapkan materi yang akan dipelajari menggunakan media dan metode yang cocok dengan kondisi peserta didik. Dapat disimpulkan bahwa guru di SDN 01 Cikereteg sudah menerapkan pembelajaran yang inovatif dengan menyusun strategi pembelajaran yang didukung oleh sekolah dengan memfasilitasi sarana dan prasarana yang lengkap. Guru juga mampu mengembangkan media pembelajaran sebagai salah satu strategi dalam menyusun pembelajran yang inovatif dengan metode diskusi berkelompok dan menjelajah ke lingkungan di luar kelas.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Asrori, M. (2016). Pengertian, Tujuan Dan Ruang Lingkup Strategi Pembelajaran. Madrasah, 6(2), 26. https://doi.org/10.18860/jt.v6i2.3301
Dalyono, B. (2016). Strategi Pembelajaran Inovatif Untuk Mencapai Kompetensi Pembelajaran. PROSIDING TEMU ILMIAH NASIONAL GURU (TING) VIII STRATEGI. UPBJJ-UT Semarang, November, 29–41.
Farista, R., & M, I. A. (2018). Pengembangan Video Pembelajaran. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, 53(9), 1689–1699.
Gunawan, I., Ulfatin, N., Sultoni, Sunandar, A., Kusuaningrum, D. E., & Triwiyanto, T. (2017). Pendampingan Penerapan Strategi Pembelajaran Inovatif dalam Implementasi Kurikulum 2013. Abdimas Pedagogi, 1(1), 37–47. http://journal2.um.ac.id/index.php/pedagogi/article/view/1950/1139
Hasan, M. M. D. H. K. T. (2021). Media Pembelajaran. In Tahta Media Group (Issue Mei).
Humaira, M. A., Sudjani, D. H., Sya, M. F., Indra, S., Syamsudin, D., & Rusli, R. K. (2021). Penguatan Literasi Siswa Melalui Story Telling Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Bahasa Arab Di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Karya Abdi, 5(3), 547–552. https://online-journal.unja.ac.id/JKAM/article/view/16315
Inanna, R. (2022). Model Pembelajaran Inovatif. 150.
Marwanti, E., Megawati, I., Anggreini, D., & Nugroho, I. A. (2022). Taman Cendekia : Jurnal Pendidikan Ke-SD-an Peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar dan keterampilan sosial siswa sekolah dasar pasca pandemi. Taman Cendekia: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 6(2), 49–58.
Mu’awanah. (2557). STRATEGI PEMBELAJARAN PEDOMAN UNTUK GURU dan CALON GURU. In STAIN KEDIRI PRESS JL. (Vol. 4, Issue 1). STAIN KEDIRI PRESS.
Nasution, W. N. (2017). STRATEGI PEMBELAJARAN. Medan: Perdana Publishing.
NURDYANSYAH. (2019). MEDIA PEBELAJARAN INOVATIF. UMSIDA Press. https://www.ptonline.com/articles/how-to-get-better-mfi-results
Purwadhi. (2019). Pembelajaran Inovatif dalam Pembentukan Karakter Siswa. Mimbar Pendidikan, 4(1), 21–34. https://doi.org/10.17509/mimbardik.v4i1.16968
Santyasa, I. W. (2007). MODEL-MODEL PEMBELAJARAN INOVATIF. 1–16.
Suciptiati, E., Bisri, H., & Sya, M. F. (2019). Increasing Participation and Results of Ips Learning. E-Journal Skripsi: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 27.
Umamah, R., Shalihatun, H., Purnomo, S., Nur’aini, S., & Ramadhasari, R. (2019). Strategi Pembelajaran Inovatif dalam Pembelajaran Thaharah. Jurnal Penelitian, 13(1), 1. https://doi.org/10.21043/jp.v13i1.4645