Inovasi Pembelajaran Berbasis Karakter Melalui Pembiasaan Di Sekolah Dasar

Main Article Content

Ghinna Nur Aziizah
Mega Febriani Sya

Abstract

Inovasi Pembelajaran berbasis karakter adalah inovasi yang dilakukan dengan menumbuhkan karakter siswa-siswi melalui kegiatan kegiatan yang dapat mengembangkan karakter positif anak. PP Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan Penyelenggaraan Pendidikan pada Pasal 17 Ayat (3) menyebutkan bahwa pendidikan dasar bertujuan membangun landasan bagi berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang (a) beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa; (b) berakhlak mulia, dan berkepribadian luhur; (b) berilmu, cakap, kritis, kreatif, dan inovatif; (c) sehat, mandiri, dan percaya diri; (d) toleran, peka sosial, demokratis, dan bertanggungjawab. Berdasarkan hal tersebut, jelas bahwa tujuan pendidikan di setiap jenjang sangat berkaitan dengan pembentukan karakter peserta didik. Pendidikan karakter pada dasarnya dapat diintegrasikan dalam pembelajaran pada setiap mata pelajaran. Pembelajaran adalah wahana yang dirancang oleh pendidik secara sadar untuk mencapai tujuan pendidikan. Pembelajaran terwujudkandalam interaksi belajar-mengajar yang dinamis dan diarahkan kepadapencapaian tujuan, yaitu perubahan perilaku dan pribadi peserta didikyang optimal. Sehingga menumbukan karakter positif siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana penerapan Inovasi terhadap Karakter siswa melalui kegiatan pembiasaan di SDN Kertamaya . Jenis penelitian ini adalah Studi Kasus dengan pendekatan Kualitatif. Instrumen pengumpulan data menggunakan dokumen, wawancara, observasi. Partisipan penelitian ini yaitu, siswa-siswi SDN Kertamaya  dan beberapa guru serta tenaga kependidikan di SDN Kertamaya. Hasil penelitian, menunjukan Inovasi pembelajaran berbasis Karakter dengan Kegiatan Pembiasaan di SDN Kertamaya. Kegiatan inovasi pembelajaran berbasis karakter dengan kegiatan pembiasaan di bagi menjadi beberapa komponen yaitu : literasi, Ekstrakulikuler, Solat Duha, Pembacaan Al-quran.

Article Details

How to Cite
Aziizah, G. N., & Sya, M. F. (2023). Inovasi Pembelajaran Berbasis Karakter Melalui Pembiasaan Di Sekolah Dasar. Karimah Tauhid, 2(1), 339–346. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v2i1.7941
Section
Articles

References

Hastuti, S., & Lestari, N. A. (2018). GERAKAN LITERASI SEKOLAH: IMPLEMENTASI TAHAP PEMBIASAAN DAN PENGEMBANGAN LITERASI DI SD SUKOREJO KEDIRI. Jurnal Basataka (JBT), 1(2), 29–34. https://doi.org/10.36277/basataka.v1i2.34

Humaira, M. A., Sudjani, D. H., Sya, M. F., Indra, S., & Rusli, R. K. (2021). Penguatan Literasi Siswa Melalui Story Telling Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Bahasa Arab Di Sekolah Menengah Pertama. 5.

Iim Ibrohim, Mansyur, A. S., Syah, M., & Ruswandi, U. (2020). INOVASI SEBAGAI SOLUSI MASALAH PENDIDIKAN. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(2), 548–560. https://doi.org/10.31949/educatio.v6i2.594

Inayah, I. S., Mashlahati, P., & Laila, S. S. (n.d.). Inovasi Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar guna Menciptakan Generasi Emas pada Era Digital.

Jasmana, J. (2021). MENANAMKAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI KEGIATAN PEMBIASAAN DI SD NEGERI 2 TAMBAKAN KECAMATAN GUBUG KABUPATEN GROBOGAN. ELEMENTARY: Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 1(4), 164–172. https://doi.org/10.51878/elementary.v1i4.653

Julaiha, S. (2014). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran. Dinamika Ilmu, 226–239. https://doi.org/10.21093/di.v14i2.15

Maunah, B. (2016). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN HOLISTIK SISWA. Jurnal Pendidikan Karakter, 1. https://doi.org/10.21831/jpk.v0i1.8615

Mustoip, S., & Japar, M. (n.d.). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER.

Rahman, A. (2020). RUANG LINGKUP INOVASI PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH. 4(2).

Rohim, D. C., & Rahmawati, S. (2020). PERAN LITERASI DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, 6(3), 230–237. https://doi.org/10.26740/jrpd.v6n3.p230-237

Rosalinda, R., & Rahmawati, F. P. (2022). Implementasi Inovasi Budaya Literasi Numerasi MACATUNG di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6248–6256. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3215

Sadia, W. (2013). MODEL PENDIDIKAN KARAKTER TERINTEGRASI PEMBELAJARAN SAINS. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 2(2). https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v2i2.2165

Santoso, R. (n.d.). INOVASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS LINGKUNGAN SOSIAL DAN BUDAYA.

Siswanto, S., Nurmal, I., & Budin, S. (2021). Penanaman Karakter Religius Melalui Metode Pembiasaan. AR-RIAYAH : Jurnal Pendidikan Dasar, 5(1), 1. https://doi.org/10.29240/jpd.v5i1.2627

Sobri, A. Y. (n.d.). MENUMBUHKAN NILAI KARAKTER SISWA DI SEKOLAH.

Sudrajat, A. (2011). MENGAPA PENDIDIKAN KARAKTER? Jurnal Pendidikan Karakter, 1(1). https://doi.org/10.21831/jpk.v1i1.1316

Sya, M. F., & Helmanto, F. (2020). Pemerataan Pembelajaran Muatan Lokal Bahasa Inggris Sekolah Dasar Indonesia. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 71. https://doi.org/10.30997/dt.v7i1.2348

Utami, P. A., & Fitria, V. (n.d.). Pentingnya Inovasi Pendidikan Karakter di SD Untuk Membentuk Generasi Emas.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>