Kesulitan Pembelajaran Kosakata Bahasa Inggris Tingkat Sekolah Dasar

Main Article Content

Delfina Christie Sondakh
Mega Febriani Sya

Abstract

Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang harus dikenalkan kepada anak-anak sejak  dini. Banyak sekolah dasar memasukkan mata pelajaran bahasa Inggris ke dalam kurikulumnya baik sebagai muatan lokal maupun di luar kurikulum. Bahasa Inggris diajarkan di sekolah dasar sebagai dasar untuk pendidikan tinggi. Berdasarkan minat tersebut, mata pelajaran bahasa Inggris harus dilaksanakan mulai dari pendidikan dasar. Menerapkan hal ini, siswa sering mengalami kesulitan memahami kosa kata ketika belajar bahasa Inggris. Oleh karena itu, penelitian ini berfokus pada kajian mendalam tentang kesulitan dalam mempelajari kosa kata bahasa Inggris di sekolah dasar. Dalam penelitian ini digunakan metode penelitian kepustakaan dengan metode pengumpulan data yang diperoleh dengan cara meninjau buku-buku,  literatur, catatan-catatan dan laporan-laporan yang berkaitan dengan masalah yang akan dipecahkan. Kesulitan belajar disebabkan oleh faktor (internal) yang timbul dari dalam diri siswa, yaitu. (1) kebugaran jasmani siswa, (2) kecerdasan siswa, (3) minat belajar rendah, (4) motivasi belajar rendah. Selanjutnya kesulitan belajar yang disebabkan oleh faktor (eksternal) yang berasal dari luar diri siswa itu sendiri, yaitu (1) gangguan  teman saat belajar, (2) ketidaksenangan materi, (3) penggunaan media yang kurang optimal, dan (4) pemilihan metode yang tidak tepat. Solusi untuk masalah pembelajaran manajemen kata bahasa Inggris adalah (1) memilih metode yang sesuai dengan keadaan siswa, (2) memaksimalkan penggunaan media, (3) menyajikan materi harus lebih menarik, dan (4)  membangun keterampilan berbahasa dalam suasana belajar yang menyenangkan.

Article Details

How to Cite
Sondakh, D. C., & Sya, M. F. . (2022). Kesulitan Pembelajaran Kosakata Bahasa Inggris Tingkat Sekolah Dasar. Karimah Tauhid, 1(3), 346–351. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v1i3.7818
Section
Articles

References

Abarca, R. M. (2021). English Competence. Nuevos Sistemas de Comunicación e Información, 2010, 2013–2015.

Anditiasari, N. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Abk (Tuna Rungu) Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika. Mathline : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(2), 183–194. https://doi.org/10.31943/mathline.v5i2.162

Hidayati, M., Suhartono, & M.Chamdani. (2012). Pemanfaatan Media Audio Visual Untuk Peningkatan Pembelajaran Bahasa Inggris Tentang Kosakata di Kelas IV Sekolah Dasar. Kalam Cendekia, 4(2), 126–131.

Kurniani Ningsih, S., Amaliyah, A., & Puspita Rini, C. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Pada Siswa Kelas Ii Sekolah Dasar. Berajah Journal, 2(1), 44–48. https://doi.org/10.47353/bj.v2i1.48

sucandra, Budiman, M. A., & Fajriyah, K. (2022). Analisis Kesulitan Penguasaan Kosakata Pembelajaran Muatan Lokal Bahasa Inggris Pada Siswa Kelas Iv Di Sd Plus Latansa Kabupaten Demak. Wawasan Pendidikan, 2(1), 71–80. https://doi.org/10.26877/wp.v2i1.9664

Sya, M. F. (2020). menumbuhkan minat baca dan belajar anak melalui teras ilmu: berbasis pendidikan karakter tauhid. https://www.ptonline.com/articles/how-to-get-better-mfi-results

Sya, M. F., & Helmanto, F. (2020). Pemerataan Pembelajaran Muatan Lokal Bahasa Inggris Sekolah Dasar Indonesia. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 71. https://doi.org/10.30997/dt.v7i1.2348

Tantri, A. A. S. (2017). Hubungan antara Kebiasaan Membaca dan Penguasaan Kosakata dengan Kemampuan Membaca Pemahaman. Acarya Pustaka, 2(1), 1–29.

Utari, I. L., & Zuhdi, U. (2020). Proses belajar mengajar bahasa inggris sebagai bahasa asing disekolah dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan PGSD, 8(5), 1008–1022.

Wijaya, I. K. (2015). Pembelajaran Bahasa Inggris Di Sekolah Dasar. BAHTERA : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 14(2), 120–128. https://doi.org/10.21009/bahtera.142.02

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>