Persepsi Mahasiswa Perguruan Tinggi Terhadap Pembelajaran Bahasa Inggris di Kelas

Main Article Content

Davin Naila Frayoga
Siti Reva Apriliana
Alya Denistha Zahra

Abstract

Pembelajaran bahasa Inggris merupakan pengembangan kemampuan berbahasa Inggris sesuai dengan konteks serta kondisi dan situasi keseharian siswa. Pembelajaran bahasa Inggris yang efektif akan membuat siswa lebih faham terutama pembelajaran di dalam kelas.  Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui presepsi siswa terhadap pembelajaran dan untuk mengetahui apa saja kendala yang terjadi ketika sedang melakukan pembelajaran bahasa Inggris di dalam kelas. Metode yang digunakan adalah wawancara dengan studi pustaka, dengan mewawancarai 5 mahasiswa Universitas Djuanda dengan program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar dan studi pustaka dari artikel penelitian Ibu Mega Febriani Sya M. Pd. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa presepsi siswa terhadap proses pembelajaran tergolong kurang efektif dan kurang dapat di pahami dengan baik contohnya seperti dalam menyampaikan materi, memilih dan menerapkan metode pembelajaran yang baik terhadap siswa dan beberapa siswa masih mempunyai kendala merasa kesulitan dalam mendengarkan seseorang berbicara bahasa Inggris (listening), berbicara langsung dengan berbahasa Inggris (speaking) dan tata bahasa Inggris (grammer). Dari sini bisa diketahui bahwa belajar berbahasa Inggris dari sekolah dasar itu tidak menjamin seseorang pandai dalam berbahasa Inggris, bahkan yang sudah memasuki jenjang kuliah saja masih banyak yang belum faham dengan pembelajaran bahasa Inggris.

Article Details

How to Cite
Frayoga, D. N. ., Apriliana, S. R., & Zahra, A. D. (2024). Persepsi Mahasiswa Perguruan Tinggi Terhadap Pembelajaran Bahasa Inggris di Kelas. Karimah Tauhid, 3(3), 3923–3931. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i3.12477
Section
Articles

References

Adijaya, N., & Santosa, L. P. (2018). Persepsi Mahasiswa Dalam Pembelajaran Online. Wanastra, 10(2), 105–110. http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/wanastrahttp://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/wanastra

Dede, N. (2019). PRESEPSI SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS BERBASIS LAGU DI SD NEGERI 1 JATISAWIT. DIALEKTIKA: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Dasar, 9(1), 159–170. https://journal.peradaban.ac.id/index.php/jdpgsd/article/view/402/315

Maili, & Hestiningsih. (2016). MASALAH-MASALAH PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS PADA SEKOLAH DASAR. Media Penelitian Pendidikan, 11(2), 54–62.

Maili, S. N. (2018). BAHASA INGGRIS PADA SEKOLAH DASAR : MENGAPA PERLU DAN MENGAPA DIPERSOALKAN. JUDIKA (JURNAL PENDIDIKAN UNSIKA ), 6(1), 23–28.

Radjab, & Syarif. (2009). PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI SEKOLAH DASAR KOTA PADANG. Lingua Didaktita, 3(1), 32–45.

Sya, M. F., Anoegrajekti, N., Dewanti, R., & Isnawan, B. H. (2022). Exploring the Educational Value of Indo-Harry Potter to Design Foreign Language Learning Methods and Techniques. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 21(10), 341–361. https://doi.org/10.26803/ijlter.21.10.19

Sya, M. F., & Helmanto, F. (2020a). Pemerataan Pembelajaran Muatan Lokal Bahasa Inggris Sekolah Dasar Indonesia. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 71. https://doi.org/10.30997/dt.v7i1.2348

Sya, M. F., & Helmanto, F. (2020b). Writing Poster at Higher Education: Victor Schwab Theory Analysis. Wanastra: Jurnal Bahasa Dan Sastra, 12(1), 25–31. https://doi.org/10.31294/w.v12i1.7585

Wijaya, K. I. (n.d.). PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI SEKOLAH DASAR.

Yamin, M. (2017). METODE PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI TINGKAT DASAR. JURNAL PESONA DASAR, 1(5), 82–97.

Most read articles by the same author(s)