Analisis Karakteristik Prinsip Perencanaan Pembelajaran

Authors

  • Davin Naila Frayoga Universitas Djuanda
  • Anida Ashri Universitas Djuanda
  • Zahra Nurraya Fitri Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i5.13172

Keywords:

Karakteristik, Prinsip, Perencanaan, Pembelajaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis terhadap karakteristik prinsip perencanaan pembelajaran dalam konteks pendidikan. Metode studi pustaka digunakan dengan merujuk pada artikel yang ditulis oleh Ibu Mega Febriani Sya. Analisis dilakukan terhadap prinsip-prinsip utama dalam perencanaan pembelajaran, termasuk keberagaman, diferensiasi, responsivitas, dan adaptabilitas. Temuan dari penelitian ini menyoroti pentingnya memahami dan menerapkan prinsip-prinsip tersebut dalam merancang pengalaman pembelajaran yang efektif dan bermakna bagi siswa. Implikasi dari analisis ini adalah untuk memberikan panduan yang lebih baik bagi para pendidik dalam merancang perencanaan pembelajaran yang responsif dan inklusif sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik siswa. Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam memperkaya pemahaman tentang prinsip-prinsip perencanaan pembelajaran dan memberikan landasan yang kuat untuk pengembangan praktik pembelajaran yang lebih baik di masa depan. Guru harus menyesuaikan pembelajaran sesuai dengan perbedaan individu siswa dan mengacu pada prinsip-prinsip tersebut. Perencanaan pembelajaran harus mencakup tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran, evaluasi, kondisi, sumber, dan hasil belajar.

References

Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974–980. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394

Fauzia, W., Kaenah, & Utami, S. Y. (2023). Permasalahan Dalam Penyusunan Perencanaan Pembelajaran (Studi Kasus Pada Sebuah Sekolah Paud Di Serang). Yaa Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 69–81. https://doi.org/10.24853/yby.7.1.69-81

Hakim, A. (2020). Perencanaan Sistem Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Indonesia. Scholastica: Jural Pendidikan Dan Kebudayaan, 2(2), 155–167. http://www.jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/scholastica/article/view/749

Ichsan, F. N. (2021). Implementasi Perencanaan Pendidikan dalam Meningkatkan Karakter Bangsa Melalui Penguatan Pelaksanaan Kurikulum. Al-Riwayah : Jurnal Kependidikan, 13(1), 281–300. https://doi.org/10.47945/al-riwayah.v13i2.399

Kartakusumah, B., Sya, M. F., & Maufur, M. (2022). Task and Feedback-Based on English learning to Enhance Student Character. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(1), 1–10. https://doi.org/10.30997/dt.v9i1.4684

Khairunisa, R. L., D, D., & Qalbi, Z. (2022). KEMAMPUAN MERANCANG PERENCANAAN PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK. Research in Early Childhood Education and Parenting Journal, 3(1), 1–10.

Kurniawati, W. (2021). DESAIN PERENCANAAN PEMBELAJARAN. Jurnal An-Nur: Kajian Pendidikan Dan Ilmu Keislaman, 7(1), 1–10.

Latifah, U., & Hanif, M. (2019). Konsep Perencanaan Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Figur, 8(2), 59–63. http://jurnal.ut.ac.id/index.php/jp/search/authors/view?givenName=Mery Noviyanti &familyName=&affiliation=Universitas Terbuka&country=ID&authorName=Mery Noviyanti

Mubarok, R. (2022). Perencanaan Pembelajaran Pada Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Di Madrasah Ibtidaiyah. Auladuna : Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 4(1), 15–31. https://doi.org/10.36835/au.v4i01.1096

Nurhusni, F. A., Tarsono, & Nugraha, M. S. (2023). Prinsip-Prinsip Utama dalam Perencanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam sebagai Strategi Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 1(4), 135–143.

Putrianingsih, S., Muchasan, A., & Syarif, M. (2021). Peran Perencanaan Pembelajaran Terhadap Kualitas Pengajaran. Inovatif, 7(1), 206–231.

Shafa. (2014). Karakteristik Proses Pembelajaran Kurikulum 2013. Dinamika Ilmu, 14(1), 81–96. https://doi.org/10.21093/di.v14i1.9

Suryapermana, N. (2017). Manajemen Perencanaan Pembelajaran. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 3(02), 183–193. https://doi.org/10.32678/tarbawi.v3i02.1788

Sya, M. F., Adri, H. T., Kholik, A., Sudjani, D. H., Latifah, Z. K., & Uslan. (2021). Indonesian Learning: Towards the Academic Achievement of Communicative Competence. Indonesian Journal of Social Research (IJSR), 3(3), 183–189. https://doi.org/10.30997/ijsr.v3i3.152

Wismasari, D., Wedi, A., & Pramono, E. (2016). IMPLEMENTASI KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN DALAM PELAJARAN BAHASA DI KELAS V SEKOLAH DASAR Dyaristya P. E. Wismasari, Agus Wedi, Eka Pramono Adi. Jurnal Elektonik Universitas Negeri Malang, 1(2), 123–128.

Downloads

Published

2024-05-06

How to Cite

Frayoga, D. N. ., Ashri, A., & Fitri, Z. N. (2024). Analisis Karakteristik Prinsip Perencanaan Pembelajaran . Karimah Tauhid, 3(5), 5515–5524. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i5.13172
Abstract viewed = 7 times

Most read articles by the same author(s)