Kemampuan Menyimak Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris: Persepsi dan Kendala

Authors

  • Anida Ashri Universitas Djuanda
  • M. Hamid Hediyansyah Universitas Djuanda
  • Neng Zahra Nurraya Fitri Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i3.12598

Keywords:

Keterampilan, Membaca, Menulis, Menyimak, Berbicara

Abstract

Pelajaran bahasa Inggris telah diajarkan secara formal ditingkatan SD, SMP, SMA dan Perguruan Tinggi. Dalam bahasa Inggris ada empat aspek keterampilan yang penting untuk dikuasai yaitu, membaca (reading), menulis (writing), menyimak (listening) dan berbicara (speaking). Namun masih banyak mahasiswa yang merasa kesulitan dalam memahami kata atau kalimat yang diucapkan dalam bahasa Inggris. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki kesulitan dan persepsi mahasiswa terhadap keterampilan menyimak (listening) dalam pembelajaran bahasa Inggis. Penelitian ini dilalukan dengan menggunakan metode kualitatif dengan mewawancarai  lima mahasiswa program studi PGSD (Pendidikan Guru Sekolah Dasar) dan Metode Studi Pustaka. Hasil akhir dari penelitian ini adalah bahwa dari kelima mahasiswa tersebut memiliki kesulitan yang sama yaitu kesulitan menyimak (listening) dalam Pembelajaran Bahasa Inggris.

References

Delfita, U., Selatan, K. B., Sasongko, R. N., Map, P., Unib, F., Map, P., Unib, F., & Bengkulu, S. (2017). Pengelolaan pembelajaran bahasa inggris bidang keterampilan menulis.

Harianto, E. (2020). Keterampilan Membaca dalam Pembelajaran Bahasa. 9(1), 1–8.

Miftakh, & Samsi. (2015). Penggunaan media audio visual dalam meningkatkan kemampuan menyimak mahasiswa. 2(5), 17–24.

Naiborhu, R. (2019). UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA. 3(1).

Nurani, A. F., Sya, M. F., Yektyastuti, R., Studi, P., Sekolah, P., & Bogor, U. D. (2019). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN PICTURE SERIES DALAM MENINGKATKAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS.

Susanti. (2002). Penguasaan Kosa Kata Dan Kemampuan Membaca Bahasa Inggris. 01, 87–93.

Susini, M., Ndruru, E., & Warmadewa, U. (2021). Strategi meningkatkan kemampuan berbahasa inggris 1,2. 1(2), 37–48.

Sya, M. F., Anoegrajekti, N., Dewanti, R., & Isnawan, B. H. (2022). Exploring the Educational Value of Indo-Harry Potter to Design Foreign Language Learning Methods and Techniques. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 21(10), 341–361. https://doi.org/10.26803/ijlter.21.10.19

Sya, M. F., & Helmanto, F. (2020a). Pemerataan Pembelajaran Muatan Lokal Bahasa Inggris Sekolah Dasar Indonesia. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 71. https://doi.org/10.30997/dt.v7i1.2348

Sya, M. F., & Helmanto, F. (2020b). Writing Poster at Higher Education : Victor Schwab Theory Analysis. 12(1).

Yastanti. (2015). PENGARUH PENGUASAAN TATA BAHASA TERHADAP KEMAMPUAN MENYIMAK BAHASA INGGRIS. VII(01), 62–72.

Downloads

Published

2024-03-05

How to Cite

Ashri, A., Hediyansyah, M. H., & Fitri, N. Z. N. (2024). Kemampuan Menyimak Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris: Persepsi dan Kendala. Karimah Tauhid, 3(3), 3406–3413. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i3.12598
Abstract viewed = 40 times