Implikasi Pendidikan Karakter Peserta Didik SDN Lawanggintung 4 Bogor Pasca Pandemi Covid-19

Main Article Content

Dellia Eka Agustiana
Rasmitadila

Abstract

Ditemukan selama epidemi Covid-19 bahwa ada efek dari pembelajaran online itu sendiri, seperti penerapan pendidikan karakter di sekolah dasar yang di bawah standar, yang membatasi kapasitas instruktur untuk mengajar anak-anak secara pribadi. Karena kemajuan waktu dan teknologi sejak sekolah dasar beralih ke pembelajaran luring, banyak sekolah mulai mempromosikan pendidikan karakter. Oleh karena itu, penting untuk memberdayakan anak-anak dari dalam ke luar agar mereka dapat maju tanpa merusak budaya asli Indonesia. Selain itu, pendidikan karakter sangat penting untuk membentuk potensi, karakter, dan pola perilaku anak pada siswa sekolah dasar. Ini juga membantu anak-anak mengembangkan kemandirian, kompetensi, kreativitas, dan rasa kebersamaan mereka. Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan program pendidikan karakter di SDN Lawanggintung 4 Bogor. Untuk mengkarakterisasi penerapan pendidikan karakter di SDN Lawanggintung 4 Bogor, penelitian ini menggunakan metodologi deskriptif kualitatif. Observasi, wawancara, dan dokumentasi semuanya digunakan dalam teknik penelitian ini. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi pendidikan karakter di SDN Lawanggintung 4 Bogor dapat dikatakan berhasil, dan berdasarkan temuan dari sudut pandang perencanaan, diperoleh hasil sebagai berikut: Menciptakan lingkungan sekolah yang kondusif, materi lokal untuk meningkatkan kepribadian, mengatur peluang belajar sekolah, dan mengatur pembelajaran di luar kelas adalah contoh bagaimana membuat pembelajaran menjadi lebih efektif. Berikut indikator kinerjanya: a) Penghargaan siswa; b) Kerjasama mahasiswa; dan c) Membina hubungan positif antara instruktur dan siswa. Indikasi tahap asesmen lainnya meliputi: a) sesi evaluasi dengan orang tua anak; b) observasi cermat terhadap strategi aktivitas dan perilaku; dan c) kunjungan rumah siswa.

Article Details

How to Cite
Agustiana, D. E., & Rasmitadila. (2023). Implikasi Pendidikan Karakter Peserta Didik SDN Lawanggintung 4 Bogor Pasca Pandemi Covid-19. Karimah Tauhid, 2(6), 2623–2628. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v2i6.9642
Section
Articles

References

Rizkasari,Elinda. Aji, Prima Trisna. 2023. Implementasi Pendidikan Karakter Peserta Didik SDN Jumapolo 1 Pasca Pandemi Covid-19. Journal of Basic Education. Volume 4 Nomor 1 (2023). Pages 91-103.

Suhendro,Eko. 2022. Strategi Membangun Karakter Anak Sekolah Pasca Pandemi Covid 19. Journal Magistra. Volume 13, Nomer 1 2022, DOI 10.31942.

Prasetyo, Teguh. Yuliarti. Rasmitadila. 2021. Menggunakan Teknik Observasi Untuk Memahami Karakteristik Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan. Volume 9, Nomor 1 Mei 2022.

Abdurakhman,O. Rasmitadila. 2016. Strategi Integrasi Pendidikan Karakter Pada Proses Pembelajaran Berbasis IT (Information Technology) Untuk Peserta Didik. Jurnal Sosial Humaniora. Volume 2 Nomer 2 Okrober 2016.

Nursanah,Enok. Tasia, Fanni Erda. Hamda,Nasmal. 2022. Pendidikan Karakter Pada Siswa Pasca Pandemi Covid 1. Jurnal Pendidikan,Sosial dan Humaniora. Volume 2 No,1 Maret 2022.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>