Penerapan Gaya Belajar Kinestetik dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Indonesia

Main Article Content

M. Hamid Hediyansah
Nathasya Qisti Rabani
Anida Ashri

Abstract

Bahasa Inggris merupakan tutur basa kedua yang di pelajari oleh mahasiswa, bahasa inggris juga merupakan pelajaran yang dipelajari sejak pendidikan rendah sampai pendidikan tinggi. Namun tingkat pengaplikasian Bahasa Inggris sesuai dengan kaidah di Negara Indonesia terbilang sedikit yakni dibawah 10%. Penelitian ini bertujuan agar mahasiswa mampu memahami gaya belajar mereka ketika belajar bahasa inggris. Metode Studi pustaka dan wawancara kepada 5 mahasiswa. Hasil penelitian menyatakan bahwa kebanyakan siswa cenderung lebih memilih metode belajar kinestetik . Harapannya pendekatan belajar dapat  digemari oleh mahasiswa dan bisa diimplementasikan oleh pengajar guna membantu para mahasiswa untuk meningkatkan pemahaman bahasa inggris.

Article Details

How to Cite
Hediyansah, M. H., Rabani, N. Q. ., & Ashri, A. (2024). Penerapan Gaya Belajar Kinestetik dalam Pembelajaran Bahasa Inggris: Indonesia. Karimah Tauhid, 3(4), 4149–4157. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i4.12624
Section
Articles

References

Azizah, S. N., & Masub Bakhtiar, A. (2022). Gaya Belajar Audio Visual Dan Kinestetik Melalui Video Edukasi Terhadap Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Pendidikan Dan Keislaman, 321(2), 2022. http://jurnal.stit-al-ittihadiyahlabura.ac.id/index.php/alfatih/article/view/218/191

Cholifah, T. N. (2018). Analisis Gaya Belajar Siswa Untuk Peningkatan Kualitas Pembelajaran. Indonesian Journal of Natural Science Education (IJNSE), 1(2), 65–74. https://doi.org/10.31002/nse.v1i2.273

Ii, B. A. B., Gaya, P., & Kinestetik, B. (n.d.). Analisis Gaya Kognisi Dan Afeksi Murid Dalam Penulisan. 10–32.

Marpaung, J. (2016). Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa. KOPASTA: Jurnal Program Studi Bimbingan Konseling, 2(2), 13–17. https://doi.org/10.33373/kop.v2i2.302

Papilaya, J. O., & Huliselan, N. (2016). Identifikasi Gaya Belajar Mahasiswa. Jurnal Psikologi Undip, 15(1), 56. https://doi.org/10.14710/jpu.15.1.56-63

Sya, M. F., Anoegrajekti, N., Dewanti, R., & Isnawan, B. H. (2022). Exploring the Educational Value of Indo-Harry Potter to Design Foreign Language Learning Methods and Techniques. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 21(10), 341–361. https://doi.org/10.26803/ijlter.21.10.19

Sya, M. F., & Helmanto, F. (2020a). Pemerataan Pembelajaran Muatan Lokal Bahasa Inggris Sekolah Dasar Indonesia. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 71. https://doi.org/10.30997/dt.v7i1.2348

Sya, M. F., & Helmanto, F. (2020b). Writing Poster at Higher Education: Victor Schwab Theory Analysis. Wanastra: Jurnal Bahasa Dan Sastra, 12(1), 25–31. https://doi.org/10.31294/w.v12i1.7585

Wahyuni, Y. (2017). Identifikasi Gaya Belajar (Visual, Auditorial, Kinestetik) Mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Bung Hatta. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 10(2), 128–132. https://doi.org/10.30870/jppm.v10i2.2037

Wibowo, N. (2016). Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa Melalui Pembelajaran Berdasarkan Gaya Belajar Di Smk Negeri 1 Saptosari. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 1(2), 128–139. https://doi.org/10.21831/elinvo.v1i2.10621