Konsep Perencanaan Pembelajaran yang Spesifik dan Realistis

Authors

  • Salwa Camilia Ridwan Universitas Djuanda
  • Nathasya Qisti Rabani Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i5.13199

Keywords:

Perencanaan Spesifik dan Realistis, Pendidikan Karakter, Implikasi

Abstract

Pendidikan merupakan suatu proses atau kegiatan untuk mencapai perkembangan lebih lanjut. Berdasarkan pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki setiap individu, pendidikan memang merupakan hal yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Pendidikan tidak hanya penting bagi anak-anak tetapi juga bagi orang dewasa. Pendidikan membuka pintu kesempatan untuk meningkatkan pengetahuan, meningkatkan pemahaman tentang dunia di sekitar kita. Dengan pendidikan, seseorang dapat mengembangkan potensi mereka secara maksimal dan mencapai tujuan hidup yang lebih baik. memperoleh pendidikan, karena setiap kehidupan manusia berhak mendapatkan pendidikan yang lebih tinggi. Pendidikan mencakup aspek-aspek seperti pendidikan formal, suatu sistem pendidikan terstruktur yang dilaksanakan oleh beberapa lembaga pendidikan formal. Termasuk  guru adalah fasilitator belajar yang menyampaikan apa yang diajarkannya untuk siswa,  Namun guru perlu memiliki proses perencanaan pembelajaran yang lebih spesifik dan mewujudkan perencanaan pembelajaran sebagai keberhasilan pembelajaran. Keuntungan rencana studi adalah sebagai alat untuk mengukur efektivitas. Manfaat perencanaan Pembelajaran adalah Sebagai alat untuk mengukur efektif.  Penelitian ini bertujuan untuk memahami konsep perencanaan yang spesifik dan realisasi . Metode dalam penelitian ini menggunakan observasi presentasi teman sejawat.

References

Alyyuddin Iqbal Habiby, Y. Y. (2017). Sistem Informasi Sekolah Berbasis Web (Studi Kasus : TK Kusuma Putra Kota Mojokerto). Jurnal Manajemen Informatika, 7(2), 94–100.

Andri Politon, V. (2022). Strategi guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Mempersiapkan Peserta Didik Menghadapi Ujian Semester. Harati: Jurnal Pendidikan Kristen, 2(1), 58–72. https://doi.org/10.54170/harati.v2i1.103

Elis, D. (2014). Evaluasi pembelajaran. Pustaka, 32.

Fadilah. (2021). Pendidikan karakakter. In jurnal.

Fatimah, S., Mufti, Y., & Mahmudah, U. (2021). Analisis Kebutuhan Pengembangan Aplikasi Android berbasis Potensi Lokal sebagai Media Pembelajaran Sains. SEMAI: Seminar Nasional PGMI, 1(1), 224–237.

Kartakusumah, B., Sya, M. F., & Maufur, M. (2022). Task and Feedback-Based on English learning to Enhance Student Character. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(1), 1–10. https://doi.org/10.30997/dt.v9i1.4684

Nuralan, S. (2022). Implementasi Penilaian Pembelajaran Kurikulum 2013 Dalam Meningkatkan Partisipasi Aktif Siswa Sdn 1 Buga. Tolis Ilmiah: Jurnal Penelitian, 4(1), 33–43. https://doi.org/10.56630/jti.v4i1.210

Nurdin, S. (2013). Jurnal Pionir, Volume 1, Nomor 1, Juli-Desember 2013. Jurnal Pionir, 1, 115–130.

Rachlan. (2019). Pengelolaan Fasilitas Pembelajaran Guru dalam meningkatkan Mutu Pembelajaran Pendidikan Jasmani di Sekolah Menengah kejuruan (SMK). Indonesian Journal of Education Management & Administration Review, 3(1), 25–39. http://dx.doi.org/10.4321/ijemar.v3i1.2945

Ruhimat. (n.d.). PROSEDUR PEMBELAJARAN Dr. Toto Ruhimat, M.Pd . 1–30.

Suhadi. (2014). 570-Article Text-1318-1506-10-20180207. 3(1), 43–61.

Suryapermana, N. (2017). Manajemen Perencanaan Pembelajaran. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 3(02), 183. https://doi.org/10.32678/tarbawi.v3i02.1788

Sya, M. F., Adri, H. T., Kholik, A., Sudjani, D. H., Latifah, Z. K., & Uslan. (2021). Indonesian Learning: Towards the Academic Achievement of Communicative Competence. Indonesian Journal of Social Research (IJSR), 3(3), 183–189. https://doi.org/10.30997/ijsr.v3i3.152

Widiani, L. S., Darmawan, W., & Ma’mur, T. (2018). Penerapan Media Film Sebagai Sumber Belajar Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengolah Informasi Siswa Dalam Pembelajaran Sejarah. FACTUM: Jurnal Sejarah Dan Pendidikan Sejarah, 7(1), 123–132. https://doi.org/10.17509/factum.v7i1.11932

Widyanto, I. P., & Wahyuni, E. T. (2020). Implementasi Perencanaan Pembelajaran. Satya Sastraharing, 04(02), 16–35.

Downloads

Published

2024-05-08

How to Cite

Ridwan, S. C. ., & Rabani, N. Q. . (2024). Konsep Perencanaan Pembelajaran yang Spesifik dan Realistis. Karimah Tauhid, 3(5), 5693–5700. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i5.13199
Abstract viewed = 5 times