Tantangan Pembelajaran Bahasa Inggris di Kelas: Fasilitas dan Kompetensi

Main Article Content

Salma Nurhaliza
Siti Fadhila Nusyahida
Salwa Camilia Ridwan

Abstract

Bahasa Inggris lebih banyak digunakan oleh kebanyakan negara dibandingkan dengan bahasa lain. Tetapi, tidak semua orang dapat berbicara bahasa Inggris, karena terdapat beberapa hal yang menghalangi siswa dalam belajar bahasa Inggris. Dengan kendala inilah membuat para siswa enggan untuk belajar bahasa Inggris. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kendala mahasiswa dalam proses pembelajaran bahasa Inggris di kelas. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Adapun instrumen penelitiannya adalah observasi, pedoman wawancara, dan peneliti sebagai instrumen kunci. Sumber data penelitian ini adalah hasil wawancara kepada lima orang mahasiswa\i perguruan tinggi. Dengan metode ini, kita dapat lebih memahami kendala pada pembelajaran bahasa Inggris di lingkungan pendidikan. Adapun hasil penelitiannya adalah terdapat beberapa kendala yang mempengaruhi pembelajaran bahasa Inggris tidak efektif yaitu, kurangnya kekreatifan guru saat mengajar, fasilitas yang kurang memadai dan sikap teman kelas yang membuat siswa tidak nyaman saat pelajaran berlangsung. Harapannya, setelah mengetahui kendala yang terjadi pada proses pembelajaran bahasa inggris yang dilakukan dalam kelas. Tentunya penelitian ini  yang sudah diimplikasikan dapat memberikan manfaat kepada guru, agar lebih kreatif dan inovatif dalam Kegiatan Belajar Mengajar (KBM).

Article Details

How to Cite
Nurhaliza, S., Nusyahida, S. F., & Ridwan, S. C. . (2024). Tantangan Pembelajaran Bahasa Inggris di Kelas: Fasilitas dan Kompetensi. Karimah Tauhid, 3(3), 3583–3592. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i3.12549
Section
Articles

References

Chen, Y. P., Lee, H. F., & Wong, T. T. (2016). Epileptic seizure in primary intracranial sarcoma: a case report and literature review. Child’s Nervous System, 32(9), 1709–1714. https://doi.org/10.1007/s00381-016-3174-3

Jaidi, R. O., Amalia, A. R., & Uswatun, D. A. (2021). Analisis Peran Guru Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Di Masa Pandemi Covid-19 Di SDIT Al-Ummah Cibadak. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(2), 757–766. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i2.1702

Setyawan, M. A. (2019). ANALISIS KESULITAN BELAJAR BAHASA INGGRIS MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI PRODI AKUNTANSI UNIVERSITAS 17 AGUSTUS 1945 BANYUWANGI Received. 18(1), 84–91.

SUCANDRA, S., Budiman, M. A., & Fajriyah, K. (2022). Analisis Kesulitan Penguasaan Kosakata Pembelajaran Muatan Lokal Bahasa Inggris Pada Siswa Kelas Iv Di Sd Plus Latansa Kabupaten Demak. Wawasan Pendidikan, 2(1), 71–80. https://doi.org/10.26877/wp.v2i1.9664

Sya, M. F., Anoegrajekti, N., Dewanti, R., & Isnawan, Bambang, H. (2022). Menggali Nilai Pendidikan Indo-Harry Potter untuk Merancang Pembelajaran Bahasa Asing. Jurnal Internasional Pembelajaran, Pengajaran Dan Penelitian Pendidikan, 21(10), 341–361.

Sya, M. F., & Helmanto, F. (2020a). Pemerataan Pembelajaran Muatan Lokal Bahasa Inggris Sekolah Dasar Indonesia Mega. JURNAL PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR P-ISSN 2442-4544 | e-ISSN 2550-0252 Ojs.Unida.Ac.Id/Jtdik Pemerataan, 7(1), 71=81. https://doi.org/10.30997/dt.v7i1.2348

Sya, M. F., & Helmanto, F. (2020b). Writing Poster at Higher Education: Victor Schwab Theory Analysis. Wanastra: Jurnal Bahasa Dan Sastra, 12(1), 25–31. https://doi.org/10.31294/w.v12i1.7585

Wihartanti, A. R. (2022). Partisipasi Peserta Didik Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Di Sekolah Dasar Pada Blended Learning. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(2), 367–377. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i2.2130

Wijaya, I. K. (2015). Pembelajaran Bahasa Inggris Di Sekolah Dasar. BAHTERA : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 14(2), 120–128. https://doi.org/10.21009/bahtera.142.02

Sya, M. F. (2020). Menumbuhkan Minat Baca dan Belajar Anak Melalui Teras Ilmu: Berbasis Pendidikan Krakter Tauhid. scholar.google.co.id, 29-42.