Konsep dan Filosofi Perencanaan Pembelajaran

Main Article Content

Salma Nurhaliza
Mega Febriani Sya
Siti Fadhila Nursyahida

Abstract

Setiap lembaga pendidikan memiliki tujuan pembelajaran yang berbeda-beda sesuai dengan kondisi di sekitarnya. Tujuan tersebut tidak akan berjalan apabila proses pendidikan tersebut tidak memiliki perencanaan dalam pembelajarannya. Kebanyakan orang khususnya profesi sebagai guru, masih menyepelekan akan perencanaan pembelajaran tersebut atau yang sering kita sebut dengan Rencana Perencanaan Pembelajaran (RPP). Penelitian ini bertujuan agar guru lebih memperhatikan perencanaan dalam pembelajaran sehingga siswa dapat nyaman dan cepat memahami suatu pembelajaran. Penelitian ini menggukan metode kualitatif dengan studi pustaka. Adapun instrumen penulisan ini adalah beberapa resume singkat. Sumber data penulisan karya ilmiah ini adalah 3 mahasiswi Universitas Djuanda. Hasil dari penelitian ini adalah suatu aturan yang disusun dari hasil analisis perkembangan kemampuan peserta didik sehingga pembelajaran akan lebih efektif dan sesuai dengan kebutuhan mereka. Kesimpulan dan implikasi penelitian. Harapannya setelah menjelaskan perencanaan pembelajaran, dapat membantu guru untuk lebih memerhatikan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). 

Article Details

How to Cite
Nurhaliza, S., Sya, M. F., & Siti Fadhila Nursyahida. (2024). Konsep dan Filosofi Perencanaan Pembelajaran. Karimah Tauhid, 3(5), 5467–5474. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i5.13159
Section
Articles

References

Bararah, I. (2017). Efektifitas perencanaan pembelajaran dalam pembelajaran pendidikan agama islam di sekolah. Jurnal MUDARRISUNA, 7(1), 131–147. https://www.jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/mudarrisuna/article/view/1913

Chadwick, G. (1978). A Systems View of Planning. Elsevier. https://doi.org/10.1016/C2013-0-02775-2

Darmalaksana, W. (2020). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka dan Studi Lapangan. Pre-Print Digital Library UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 1–6.

DR. Ir. Ken Martina K, M. (2019). BAB II PENGERTIAN PERENCANAAN 2.1. Teori. Program Studi Perencanaan Wilayah Dan Kota Fakultas Teknik – Universitas Esa Unggul, 1–6. https://bahan-ajar.esaunggul.ac.id/tpl202/wp-content/uploads/sites/194/2019/11/Teori-Perencanaan-Pertemuan-2.pdf

Erwinsyah, A. (2017). Manajemen Pembelajaran Dalam Kaitannya Dengan Peningkatan Kualitas Guru. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(1), 69–84.

Fahrner, R. (2014). Fungsi Manajemen Dalam Perencanaan Pembelajaran. Lyrische Dramen Nach Orientalischen Quellen, 161–230. https://doi.org/10.7788/boehlau.9783412217785.161

James W, Elston D, T. J. et al. (20 C.E.). Keterampilan. Andrew’s Disease of the Skin Clinical Dermatology., 1(1), 9–35.

Mathias, G., & John, R. B. (2021). Manajemen Pembelajaran Modern. Jurnal Pendidikan Profesi Guru Indonesia, 1(1), 28–42.

Nurjanah, S., & Muntaqo, R. (2018). Manajemen Pembelajaran Berbasis Standar Proses Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 5(3), 247–258. https://doi.org/10.32699/ppkm.v5i3.472

Ritonga, M. (2023). Analisis Kemampuan Guru PAI dalam Merancang Program Tahunan dan Program Semester PAI Teacher Ability Analysis in Designing Annual Program And Semester Program. All Fields of Science J-LAS, 3(1), 331–341. https://j-las.lemkomindo.org/index.php/AFoSJ-LAS/index

Suryapermana, N. (2017). Manajemen Perencanaan Pembelajaran. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 3(02), 183. https://doi.org/10.32678/tarbawi.v3i02.1788

Sya, M. F. (2015). Keterampilan Menulis Esai Naratif Bahasa Inggris Melalui Strategi Peer Review. Didaktika Tauhidi, 2(2), 97–106.

Sya, M. F., & Helmanto, F. (2020). Pemerataan Pembelajaran Muatan Lokal Bahasa Inggris Sekolah Dasar Indonesia Mega. JURNAL PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR P-ISSN 2442-4544 | e-ISSN 2550-0252 Ojs.Unida.Ac.Id/Jtdik Pemerataan, 7(1), 71=81. https://doi.org/10.30997/dt.v7i1.2348

Widyanto, I. P., & Wahyuni, E. T. (2020). Implementasi Perencanaan Pembelajaran. Satya Sastraharing, 04(02), 16–35.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>