Pentingnya Pemahaman Guru Tentang Perencanaan Pembelajaran
Main Article Content
Abstract
Pembelajaran merupakan kegiatan yang direncanakan dan disusun oleh pendidik supaya peserta didik mampu belajar untuk mencapai keahlian diinginkan, maka dari itu sebelum melakukan kegiatan belajar pendidik wajib merencanakan langkah-langkah yang akan dilakukan pada saat kegiatan belajar terlebih dahulu agar proses pembelajaran tersusun dan dapat mencapai tujuan dari pembelajaran tersebut. Perencanaan pembelajaran sangat penting untuk disusun karena itu yang akan menjadi pedoman untuk mencapai tujuan pembelajaran. Namun masih banyak guru yang belum memahami betapa pentingnya perencanaan pembelajaran. Tujuan artikel ini adalah untuk membantu guru dalam memahami pengertian, fungsi dan tujuan pada perencanaan pembelajaran. Penelitian yang dilakukan peneliti ini menggunakan metode kualitatif melalui teknik pengumpulan data dengan mengamati atau mengobservasi materi yang disampaikan teman sebaya melalui presentasi pada mata kuliah Perencanaan Pembelajaran. Hasilnya mengungkapkan bahwa guru belum memahami betul apa pengertian, tujuan, dalam perencanaan pembelajaran dan penelitian ini mendefinisikan tentang pengertian, tujuan dan fungsi pada perencanan pembelajaran.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Bararah, I. (2017). Efektifitas perencanaan pembelajaran dalam pembelajaran pendidikan agama islam di sekolah. Jurnal MUDARRISUNA, 7(1), 131–147. https://www.jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/mudarrisuna/article/view/1913
Dan, P., Perencanaan, F., & Di, P. (2020). P-issn: 2716-098x, e-issn: 2716-0971. 2(3), 147–162.
Fahrner, R. (2014). Fungsi Manajemen Dalam Perencanaan Pembelajaran. Lyrische Dramen Nach Orientalischen Quellen, 161–230. https://doi.org/10.7788/boehlau.9783412217785.161
Jaya, F. (2019). Buku Perencanaan Pembelajaran-full.pdf. In 2019 (p. 152). http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/8483
Lase, F. (2020). Peran Perencanaan Pembelajaran Dalam Meningkatkan Profesionalitas Guru. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 149–157. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i1.22
Marwiyah, S. (2011). Urgensi Perencanaan Pengajaran dalam Kegiatan Pembelajaran. Ulul Albab, 13(1), 65.
Mubarok, R. (2022). Perencanaan Pembelajaran Pada Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Di Madrasah Ibtidaiyah. Auladuna : Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 4(1), 15–31. https://doi.org/10.36835/au.v4i01.1096
Nadila, N., & Faizin, A. K. (2020). Kurikulum Dan Perencanaan Pembelajaran. 1(1), 100.
Nur Nasution, W. (2017). Perencanaan Pembelajaran Pengertian, Tujuan Dan Prosedur. Ittihad, I, 185–195.
Nursobah, A. (2019). Perencanaan Pembelajaran MI/SD. In Pamekasan.
Putrianingsih, S., Muchasan, A., & Syarif, M. (2021). Peran Perencanaan Pembelajaran Terhadap Kualitas Pengajaran. Inovatif, 7(1), 206–231.
Saitya, I. (2022). Pentingnya Perencanaan Pembelajaran pada Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Pendidikan Olahraga, 1(1), 12.
Samrin. (2015). Dasar Perencanaan Sistem Pembelajaran Agama Islam. Jurnal Shautut Tarbiah, 21(1), 128–144. https://ejournal.iainkendari.ac.id/index.php/shautut-tarbiyah/article/view/18/8
Sya, M. F. (2015). Keterampilan Menulis Esai Naratif Bahasa Inggris Melalui Strategi Peer Review. Didaktika Tauhidi, 2(2), 97–106.
Sya, M. F. (2022). Task and Feedback-Based on English learning to Enhance Student Character. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(1), 1–10. https://doi.org/10.30997/dt.v9i1.4684
Sya, M. F., & Helmanto, F. (2020). Pemerataan Pembelajaran Muatan Lokal Bahasa Inggris Sekolah Dasar Indonesia Mega. JURNAL PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR P-ISSN 2442-4544 | e-ISSN 2550-0252 Ojs.Unida.Ac.Id/Jtdik Pemerataan, 7(1), 71=81. https://doi.org/10.30997/dt.v7i1.2348