Pentingnya Menentukan Langkah-langkah Pengembangan Perencanaan Pembelajaran

Authors

  • Anida Ashri Universitas Djuanda
  • Davin Naila Frayoga Universitas Djuanda
  • Neng Zahra Nurraya Fitri Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i5.13192

Keywords:

Pembelajaran, Perencanaan, Strategi, Analisis, Efektif

Abstract

Pengembangan perencanaan pembelajaran merupakan aspek penting dalam suatu proses pembelajaran. Pembelajaran yang terusun dan terencana dapat membuat suatu pembelajaran menjadi berkualitas. Saat ini, masih terdapat banyak pendidik yang mengalami kesulitan dalam menerapkan langah-langkah dan strategi pembelajaran yang sesuiai, sehingga proses pembelajaran menjadi kurang efektif. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengkaji dan menganalisis langkah-langkah pengembangan pembelajaran berdasarkan studi litelatur dari berbagai sumber. Hal ini dilakukan agar para pendidik dapat menciptakan proses pembelajaran yang berkualitas dan efektif di dalam kelas. Metode yang dipilih dalam penulisan ini adalah studi pustaka dan observasi teman sejawat dengan mempelajari dan mengumpulkkan berbagai jurnal dan hasil observasi yang relevan terkait dengan topik ini. Hasil penelitian menjunjukkan bahwa pengembangan pembelajaran terdiri dari beberapa tahapan, yaitu: 1) analisis kebutuhan dan karaketeristik siswa, 2) merumuskann tujuaan pembelajaaran, 3) merumuskan bahan materi, 4) menentukan metode, 5) menentukan sumber dan media pembelajaran, 6) penilaian dan evaluasi.

References

Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974–980. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394

Anggraeni, P., & Akbar, A. (2018). Kesesuaian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Dan Proses Pembelajaran. Jurnal Pesona Dasar, 6(2), 55–65. https://doi.org/10.24815/pear.v6i2.12197

Candra, P., Soepriyanto, Y., & Praherdhiono, H. (2020). Pedagogical Knowledge (PK) Guru Dalam Pengembangan dan Implementasi Rencana Pembelajaran. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 3(2), 166–177. https://doi.org/10.17977/um038v3i22020p166

Darmalaksana, W. (2020). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka dan Studi Lapangan. Pre-Print Digital Library UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 1–6.

Dolong, J. (2016). Sudut Pandang Perencanaan Dalam Pengembangan Pembelajaran. Sudut Pandang Perencanaan Dalam Pengembangan Pembelajaran, V(1), 65–75.

Fanani, A., & Kusmaharti, D. (2014). Pengembangan Pembelajaran Berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skill) di Sekolah Dasar Kelas V. Jurnal Penndidikan Dasar, 1(9), 1–11. https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpd/article/view/JPD.91.01

Kartakusumah, B., Sya, M. F., & Maufur, M. (2022). Task and Feedback-Based on English learning to Enhance Student Character. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(1), 1–10. https://doi.org/10.30997/dt.v9i1.4684

Kurniawan, B. (n.d.). SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN SD. september 2016, 1–6.

Miftha, H. (2021). Pentingnya Proses Evaluasi Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Educator (Directory of Elementary Education Journal), 2(2), 164–180. https://doi.org/10.58176/edu.v2i2.157

Nasution, W. N. (2017). Perencanaan Pembelajaran: Pengertian, Tujuan Dan Prosedur Wahyudin Nur Nasution. Ittihad: Jurnal Pendidikan, 1(2), 185–195.

Rahayu, G. D. S., & Firmansyah, D. (2019). Pengembangan Pembelajaran Inovatif Berbasis Pendampingan Bagi Guru Sekolah Dasar. Abdimas Siliwangi, 1(1), 17. https://doi.org/10.22460/as.v1i1p17-25.36

Sumiarsi, N. (2015). Analisis Kompetensi Pedagogik dan Pengembangan Pembelajaran Guru SD Negeri 041 Tarakan. Jurnal Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan, 3(1), 99–104.

Sya, M. F., Adri, H. T., Kholik, A., Sudjani, D. H., Latifah, Z. K., & Uslan. (2021). Indonesian Learning: Towards the Academic Achievement of Communicative Competence. Indonesian Journal of Social Research (IJSR), 3(3), 183–189. https://doi.org/10.30997/ijsr.v3i3.152

Sya, M. F., & Helmanto, F. (2020). Pemerataan Pembelajaran Muatan Lokal Bahasa Inggris Sekolah Dasar Indonesia. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 71. https://doi.org/10.30997/dt.v7i1.2348

Zein, M. (2016). Peran guru dalam pembelajaran bahasa arab. Jurnal Inspiratif Pendidikan, 5(2), 274–285.

Downloads

Published

2024-05-06

How to Cite

Ashri, A., Davin Naila Frayoga, & Neng Zahra Nurraya Fitri. (2024). Pentingnya Menentukan Langkah-langkah Pengembangan Perencanaan Pembelajaran. Karimah Tauhid, 3(5), 5387–5396. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i5.13192
Abstract viewed = 33 times