Merancang Media Pembelajaran yang Interaktif dan Menarik dengan Mengembangkan Perencanaan Pembelajaran

Authors

  • Neng Zahra Nurraya Fitri Universitas Djuanda
  • Anida Ashri Universitas Djuanda
  • Davin Naila Frayoga Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i5.13281

Keywords:

Kualitas Pembelajaran, Media Pembelajaran, Pengalaman Belajar

Abstract

Pengembangan Pembelajaran memerlukan penggunaan media pembelajaran yang bervariasi dan peralatan yang semakin canggih. Persyaratan dan tuntutan pembelajaran juga berperan penting dalam hal jenis alat bantu pembelajaran. Materi pembelajaran merupakan benda berwujud dan tidak berwujud yang menjadi jembatan antar pengajar untuk memudahkan pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggaris bawahi pentingnya bahwa kualitas pembelajaran bergantung pada penciptaan pengalaman belajar yang menarik dan memikat. Penelitian ini dilakukan secara kualitatif dengan menggunakan metode tinjauan literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru harus mampu mengembangkan media pembelajaran sebagai strategi perencanaan pembelajaran yang menarik dan interaktif guna meningkatkan kualitas pembelajaran yang membantu siswa mencapai potensi belajar mereka .

References

Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974–980. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394

Afif, M., & Anistyasari, Y. (2024). Media Pembelajaran Interaktif Sidera Unik (Sinau Desain Grafis Mudah dan Menarik) Terhadap Pengetahuan dan Respons Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Desain Grafis Percetakan Di SMK Negeri 1 Kemlagi. Jurnal IT-EDU, 9(1), 32–39.

Angraini, L. M., Wahyuni, P., Astri Wahyuni, Dahlia, A., Abdurrahman, A., & Alzaber, A. (2021). Pelatihan Pengembangan Perangkat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) bagi Guru-Guru di Pekanbaru. Community Education Engagement Journal, 2(2), 62–73. https://doi.org/10.25299/ceej.v2i2.6665

Dolong, J. (2016). Sudut Pandang Perencanaan Dalam Pengembangan Pembelajaran. Sudut Pandang Perencanaan Dalam Pengembangan Pembelajaran, V(1), 65–75.

Fitriansyah, F. (2019). Analisis Isi Buku Teks Teknologi Media Pembelajaran Sebagai Sumber Belajar Mahasiswa. Cakrawala - Jurnal Humaniora, 19(2), 207–212. https://doi.org/10.31294/jc.v19i2.6250

Hartono, Chandra, L., & Permana Ryan, M. (2018). Pelatihan Dan Pendampingan Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Macromedia Flash. Jurnal Tranformasi, 14(2), 139–147. https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i1.3143

Ichsan, M. A., Nuruddin, W., & Mitra, P. (2021). PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN MENARIK MENGGUNAKAN CANVA UNTUK OPTIMALISASI PEMBELAJARAN DARING. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyaraka, 4(3), 276–281.

Mustaghfaroh, K. S., Putra, F. N., & Ajeng Ananingtyas, R. S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif dengan MDLC Untuk Materi Benda dan Perubahan Sifatnya. Journal Automation Computer Information System, 1(2), 100–109. https://doi.org/10.47134/jacis.v1i2.22

Novitawati, N., & Anggreani, C. (2021). Pengembangan Perencanaan Pembelajaran Bermuatan Budaya Lokal Tepian Sungai pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 220–230. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.767

Nurhikmah, I., Widyasari, & Sya, M. F. (2019). Peran Kelompok Kerja Guru (KKG) dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru. E-Journal Skripsi: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 2(2), 95–113.

Rahmawati, L., Ambulani, N., Desty Febrian, W., Widyatiningtyas, R., & Sukma Rita, R. (2024). Pemanfaatan Aplikasi Canva Dalam Penyusunan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi. Communnity Development Journal, 5(1), 129–136.

Rubiantica, R. (2021). Pesat Media Pembelajaran Interaktif Lectora Inspire Sebagai Inovasi Pembelajaran. Pendidikan , 7(3), 98–104. http://ejournal.paradigma.web.id/index.php/pesat

Septian, M., Febriani, S. M., Annissa, M., & Tri, Y. I. (2023). YouTube as a Media for Developing English Proficiency: Experiments on Elementary School Students in Indonesia Septian. Jurnal Pendidikan, 24(2), 93–100. https://doi.org/10.33830/jp.v24i2/6150.2023

Sya, M. F., Adri, H. T., Kholik, A., Sudjani, D. H., Latifah, Z. K., & Uslan. (2021). Indonesian Learning: Towards the Academic Achievement of Communicative Competence. Indonesian Journal of Social Research (IJSR), 3(3), 183–189. https://doi.org/10.30997/ijsr.v3i3.152

Teni, N. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran PACAS Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. JLEB: Journal of Law, Education and Business, 3(1), 171–187. https://doi.org/10.57235/jleb.v1i2.1192

Downloads

Published

2024-05-15

How to Cite

Fitri, N. Z. N., Ashri, A., & Frayoga, D. N. . (2024). Merancang Media Pembelajaran yang Interaktif dan Menarik dengan Mengembangkan Perencanaan Pembelajaran. Karimah Tauhid, 3(5), 5976–5983. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i5.13281
Abstract viewed = 7 times

Most read articles by the same author(s)