Upaya Meningkatkan Belajar dan Membaca dalam Bahasa Inggris

Main Article Content

Siti Reva Apriliana
Davin Naila Frayoga
Alya Denistha Zahra

Abstract

Bahasa Inggris memiliki peranan penting dalam komunikasi dan sebagai jembatan dengan dunia luar. Dalam pendidikan, pembelajaran Bahasa Inggris sangat krusial karena menjadi dasar kemampuan berbahasa. Belajar dan membaca adalah keterampilan yang sangat dibutuhkan oleh semua orang, termasuk mereka yang sedang mempelajari Bahasa Inggris. Kebutuhan ini dipengaruhi oleh kenyataan bahwa sebagian besar waktu dihabiskan di sekolah untuk belajar dan membaca. Studi juga menunjukkan bahwa manusia menghabiskan 60% dari waktu mereka untuk aktivitas belajar dan membaca dalam Bahasa Inggris. Namun, masih banyak mahasiswa yang merasa kurang puas dengan hasil belajar dan membaca Bahasa Inggris. Untuk mengatasi hal ini, dilakukan penelitian dengan mewawancarai 5 mahasiswa dari Universitas Djuanda menggunakan 15 pertanyaan, dengan tujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh signifikan dalam mata pelajaran belajar dan membaca Bahasa Inggris.

Article Details

How to Cite
Apriliana, S. R., Frayoga, D. N. ., & Zahra, A. D. . (2024). Upaya Meningkatkan Belajar dan Membaca dalam Bahasa Inggris. Karimah Tauhid, 3(3), 3626–3636. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i3.12646
Section
Articles

References

Afrina, Y. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Membaca Pemahaman Bahasa Inggris Text Report. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pasca Sarjana Universitas PGRI Palembang, 1(2019), 1052–1059.

Aptensi, F., Yuliantini, N., & Lukman, L. (2018). Hubungan Kebiasaan Membaca dengan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SDN 17 Kota Bengkulu. Jurnal PGSD, 11(1), 35–42. https://doi.org/10.33369/pgsd.11.1.35-42

Farid Muhammad, Amanda, T. A., Akbarullah Andi Raihanah, Lil Alamin Rahmatan, & Renaldi. (2022). Program English Area: Upaya Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris Siswa SMK. Journal Lepa-Lepa Open, 2(5), 1291–1299.

Haryanto. (2009). Upaya meningkatkan kemampuan membaca dan menulis permulaan dengan media gambar. Tesis: Pascasarjana, Program Maret, Universitas Sebelas, 1–167.

Minarni, S. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Membaca Dengan Menerapkan Metode “Abacaka Kubaca” Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(1), 188–200. https://jurnal.stkipalmaksum.ac.id/index.php/jim/article/view/77

Suriani, S., B, S., & Efendi, E. (2016). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 SDN Ginunggung Melalui Media Kartu Huruf Kec. Galang. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 4(10), 62–77. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JKTO/article/view/3633

Sya, M. F., Anoegrajekti, N., Dewanti, R., & Isnawan, B. H. (2022). Exploring the Educational Value of Indo-Harry Potter to Design Foreign Language Learning Methods and Techniques. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 21(10), 341–361. https://doi.org/10.26803/ijlter.21.10.19

Sya, M. F., & Helmanto, F. (2020a). Pemerataan Pembelajaran Muatan Lokal Bahasa Inggris Sekolah Dasar Indonesia. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 71. https://doi.org/10.30997/dt.v7i1.2348

Sya, M. F., & Helmanto, F. (2020b). Writing Poster at Higher Education: Victor Schwab Theory Analysis. Wanastra: Jurnal Bahasa Dan Sastra, 12(1), 25–31. https://doi.org/10.31294/w.v12i1.7585

Yusuf Sukman, J. (2017). «Эпидемиологическая безопасностьNo Title. Вестник Росздравнадзора, 4, 9–15.