Kebiasaan Membaca dan Penguasaan Kosakata Terhadap Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris

Main Article Content

Neng Zahra Nurraya Fitri
Anida Ashri
Juliani Patiyasa Lubis

Abstract

Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional dan kehadirannya sangat dibutuhkan dalam segala bidang baik dilingkungan kerja maupun pemerintahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  kemampuan mahasiswa mengenai kebiasaan membaca dan penguasaan kosakata terhadap kemampuan berbicara bahasa Inggris. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif metode wawancara. Penelitian ini dilaksanakan di universitas swasta di Indonesia pada kelima mahasiswa semester satu program studi pendidikan guru sekolah dasar. Berdasarkan hasil wawancara, banyak mahasiswa yang kesulitan dalam memahami grammar dan vocabulary. Penelitian ini menunjukkan bahwa kebiasaan membaca dan kemahiran kosakata mempunyai dampak yang signifikan terhadap kemampuan bahasa Inggris.

Article Details

How to Cite
Fitri, N. Z. N., Ashri, A., & Lubis, J. P. (2024). Kebiasaan Membaca dan Penguasaan Kosakata Terhadap Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris. Karimah Tauhid, 3(3), 3593–3598. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i3.12523
Section
Articles

References

Akbar, K. (2022). Kreatif Sehingga Mampu Melahirkan Tuturan Atau Ujaran Yang Komunikatif , Jelas ,. 12(1), 69–90.

Azizah, Y. A. N., Desyanty, E. S., & Ahmad, A. (2023). Literasi Bahasa Inggris Ibu Rumah Tangga: Studi Kasus Desa Inggris Malang. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 3(4), 355–361. https://doi.org/10.17977/um065v3i42023p355-361

Boyoh, F. H. (2018). Pengaruh Kebiasaan Membaca Dan Penguasaan Kosakata Terhadap Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris. INFERENCE: Journal of English Language Teaching, 01(01), 1–98.

Fajri, R. (2022). Analysis of Student Ability In Understanding English Academic Vocabulary. 8(April), 89–92.

Noeringtyas, D. (2017). Pengaruh Kebiasaan Membaca Dan Penguasaan KosakataTerhadap Pemahaman Bacaan Bahasa Inggris Siswa SmaNegeri Di Kabupaten Bogor. Jurnal Gama Edu, 2(3).

Noorman Haryadi, R. (2020). PENGARUH KEBIASAAN MEMBACA TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA BAHASA INGGRIS SMA Negeri 99 Jakarta. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Keuangan, 1(2), 14–30. https://doi.org/10.51805/jmbk.v1i2.15

Nurani, A. F., Febriani Sya, M., & Yektyastuti, R. (2019). Efektivitas penggunaan picture series dalam meningkatkan kosakata bahasa Inggris siswa. Journal Pendidikan Indonesia, 2(1), 1–20.

Sucandra, Budiman, M. A., & Fajriyah, K. (2022). Analisis Kesulitan Penguasaan Kosakata Pembelajaran Muatan Lokal Bahasa Inggris Pada Siswa Kelas Iv Di Sd Plus Latansa Kabupaten Demak. Wawasan Pendidikan, 2(1), 71–80. https://doi.org/10.26877/wp.v2i1.9664

Sya, M. F., Anoegrajekti, N., Dewanti, R., & Isnawan, B. H. (2022). Exploring the Educational Value of Indo-Harry Potter to Design Foreign Language Learning Methods and Techniques. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 21(10), 341–361. https://doi.org/10.26803/ijlter.21.10.19

Sya, M. F., & Helmanto, F. (2020a). Pemerataan Pembelajaran Muatan Lokal Bahasa Inggris Sekolah Dasar Indonesia. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 71. https://doi.org/10.30997/dt.v7i1.2348

Sya, M. F., & Helmanto, F. (2020b). Writing Poster at Higher Education: Victor Schwab Theory Analysis. Wanastra: Jurnal Bahasa Dan Sastra, 12(1), 25–31. https://doi.org/10.31294/w.v12i1.7585

Wardah. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Melalui Penggunaan Model Make a Match. LANGUAGE : Jurnal Inovasi Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 2(2), 138–146. https://doi.org/10.51878/language.v2i2.1217