Peran Perencanaan Pembelajaran dalam Pemberdayaan Pendidik

Main Article Content

Awanda Maulida
Juliani Patiyasa Lubis

Abstract

Perencanaan pembelajaran memainkan peran utama dalam membentuk pengajaran yang efektif, memastikan bahwa pengajaran jelas, menarik, dan selaras dengan standar pembelajaran yang ditetapkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyelidiki peran perencanaan pembelajaran dalam pemberdayaan pendidik agar pendidik dapat mengetahui perencanaan pembelajaran yang efektif. Penelitian ini menggunakan kombinasi metodologi tinjauan literatur dan observasi teman sejawat dengan melakukan analisis mendalam terhadap artikel ilmiah terkait dan data observasi, pemahaman yang lebih mendalam tentang subjek ini dapat dicapai. Temuan penelitian secara konsisten menyoroti peran penting perencanaan pembelajaran dalam praktik pengajaran yang efektif. Rencana pembelajaran yang terstruktur dengan baik berfungsi sebagai peta jalan bagi guru, membimbing mereka melalui proses penyampaian pengajaran yang menarik dan efektif di kelas.

Article Details

How to Cite
Maulida, A. ., & Lubis, J. P. (2024). Peran Perencanaan Pembelajaran dalam Pemberdayaan Pendidik. Karimah Tauhid, 3(5), 5646–5654. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i5.13194
Section
Articles

References

Ananda, R. (2019). PERENCANAAN PEMBELAJARAN (M. P. Amiruddin (ed.); 1st ed.).

Candra, P., Soepriyanto, Y., & Praherdhiono, H. (2020). Pedagogical Knowledge (PK) Guru Dalam Pengembangan dan Implementasi Rencana Pembelajaran. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 3(2), 166–177. https://doi.org/10.17977/um038v3i22020p166

Darmalaksana, W. (2020). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka dan Studi Lapangan. Pre-Print Digital Library UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 1–6.

Kartakusumah, B., Sya, M. F., & Maufur, M. (2022). Task and Feedback-Based on English learning to Enhance Student Character. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(1), 1–10. https://doi.org/10.30997/dt.v9i1.4684

Magdalena, I., Syaifulloh, A., & Salsabila, A. (2023). Asumsi Dasar Dan Desain Pembelajaran. Cendekia Pendidikan, 1(1), 1–13. https://doi.org/10.9644/scp.v1i1.332

Maria, E., & Sediyono, E. (2017). Pengembangan Model Manajemen Pembelajaran Berbasis Tik Di Sekolah Dasar. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(1), 59. https://doi.org/10.24246/j.jk.2017.v4.i1.p59-71

Masril, M., Jalinus, N., Jama, J., & Dakhi, O. (2020). Implementasi Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Kurikulum 2013 Di Smk Negeri 2 Padang. Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 12(1), 12–25. https://doi.org/10.35457/konstruk.v12i1.956

Nasution, W. N. (2017). Perencanaan Pembelajaran: Pengertian, Tujuan Dan Prosedur Wahyudin Nur Nasution. Ittihad: Jurnal Pendidikan, 1(2), 185–195.

Putrianingsih, S., Muchasan, A., & Syarif, M. (2021). Peran Perencanaan Pembelajaran Terhadap Kualitas Pengajaran. Inovatif, 7(1), 206–231.

Sari, E., & Noor, A. F. (2022). Kebijakan Pembelajaran Yang Merdeka: Dukungan Dan Kritik. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 45–53. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i1.7

Sya, M. F., Adri, H. T., Kholik, A., Sudjani, D. H., Latifah, Z. K., & Uslan. (2021). Indonesian Learning: Towards the Academic Achievement of Communicative Competence. Indonesian Journal of Social Research (IJSR), 3(3), 183–189. https://doi.org/10.30997/ijsr.v3i3.152

Sya, M. F., & Helmanto, F. (2020). Pemerataan Pembelajaran Muatan Lokal Bahasa Inggris Sekolah Dasar Indonesia. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 71. https://doi.org/10.30997/dt.v7i1.2348

Wekke, I. S. (2019). Metode Penelitian Ekonomi Syariah. In Gawe Buku (Issue December 2019).

Zakaria, S. F., & Awaisu, A. (2011). Shared-learning experience during a clinical pharmacy practice experience. American Journal of Pharmaceutical Education, 75(4). https://doi.org/10.5688/ajpe75475

Zein, M. (2016). Peran guru dalam pembelajaran bahasa arab. Jurnal Inspiratif Pendidikan, 5(2), 274–285.