Penerapan Model Perangkat Desain Pembelajaran Dengan Model Assure.
Main Article Content
Abstract
Dalam kehidupan manusia, pendidikan sangatlah penting. Artikel ini membahas tentang penetapan model perangkat desain teknik pembelajaran yang menggunakan metode ASSURE. Model ASSURE dapat membantu pendidik dalam merencanakan dan melaksanakan pembelajaran yang efisien, seperti mengetahui karakter peserta didik, menetapkan tujuan, menentukan metode dan materi yang tepat, mengikutsertakan peserta didik secara aktif, serta mengevaluasi pemahaman belajarnya. Model ASSURE dalam pendidikan dapat meningkatkan keterlibatan peserta didik dan hasil pembelajaran yang telah dilaksanakan. Dalam penelitian ini, diterapkan metode berupa metode studi pustaka, setelah dilakukan penelitian hasilnya yaitu model pembelajaran ASSURE ini sangat membantu pendidik dalam melaksanakan pembelajaran yang efisien.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974–980. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394
Baharun, H. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Pai Berbasis Lingkungan Melalui Model ASSURE. Cendekia: Journal of Education and Society, 14(2), 231. https://doi.org/10.21154/cendekia.v14i2.610
Citra, A. W. (2019). Implementasi model pembelajaran assure dalam meningkatkan hasil belajar PAI di SMA NEGERI 1 KALIANDA. Sustainability (Switzerland), 11(1), 1–14. http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI
Iskandar, R., & F, F. (2020). Implementasi Model ASSURE untuk Mengembangkan Desain Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1052–1065. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.468
Kartakusumah, B., Sya, M. F., & Maufur, M. (2022). Task and Feedback-Based on English learning to Enhance Student Character. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(1), 1–10. https://doi.org/10.30997/dt.v9i1.4684
Kosilah, S. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Publikasi Pendidikan, 12(3), 264. https://doi.org/10.26858/publikan.v12i3.35491
Layn, M. R. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Assure terhadap Hasil Belajar Siswa. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 36–48. https://doi.org/10.30656/gauss.v3i1.2151
Muzakki, A., Zainiyati, H. S., Rahayu, D. C., & Khotimah, H. (2021). Desain Pembelajaran Model ASSURE Berbasis Multimedia pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 10(01), 149. https://doi.org/10.30868/ei.v10i01.1169
Nanda Saputra, Jasiah, E. P. S. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Assure Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat 2020 (SNPPM-2020) Http://Journal.Unj.Ac.Id/Unj/Index.Php/Snppm, 2020, 275–285. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/snppm
Sari, W. M., & Susiloningsih, D. E. (2015). Penerapan Model Assure Dengan Metode Problem Solving Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 9(1), 1468–1477.
Sondakh, D. C., & Sya, M. F. (2022). Kesulitan Pembelajaran Kosakata Bahasa Inggris Tingkat Sekolah Dasar. Karimah Tauhid, 1, 9–10. https://ojs.unida.ac.id/karimahtauhid/article/view/7818/3511
Sya, M. F., Adri, H. T., Kholik, A., Sudjani, D. H., Latifah, Z. K., & Uslan. (2021). Indonesian Learning: Towards the Academic Achievement of Communicative Competence. Indonesian Journal of Social Research (IJSR), 3(3), 183–189. https://doi.org/10.30997/ijsr.v3i3.152
Sya, M. F., & Helmanto, F. (2020). Pemerataan Pembelajaran Muatan Lokal Bahasa Inggris Sekolah Dasar Indonesia. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 71. https://doi.org/10.30997/dt.v7i1.2348
Syahril. (2018). Pengembangan Desain Model Assure Pada Pembelajaran IPS SD/MI. Jurnal Tarbiyah Al-Awlad, 8(1), 65–75. https://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/alawlad/article/view/1592
Wismawan, K. H., Sugihartini, N., & Antara Kesiman, M. W. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Assure Menggunakan Media Rumah Belajar dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Teknologi Informasi dan Komunikasi. International Journal of Natural Science and Engineering, 3(3), 130. https://doi.org/10.23887/ijnse.v3i3.24148
Yusriani. (2017). Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis model assure pada konsep getaran harmonis. Occupational Medicine, 53(4), 130.