Mutu Pembelajaran Selama Covid 19 di Sekolah Dasar

Main Article Content

Meliani Putri
Rasmitadila

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis mutu pembelajaran online guru selama pandemi Covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologis. Sasarannya adalah seorang guru sekolah dasar. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui konsultasi data dan penyajian data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran online didasarkan pada kurikulum yang disederhanakan dengan pilihan kemampuan esensial yang dianggap sangat penting untuk diberikan kepada siswa. RPP dibuat lebih sederhana dengan bagian-bagian yang selalu ditampilkan: tujuan pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan evaluasi. Pembelajaran sinkron bahkan lebih bergantung pada zoom. Variasi pembelajaran asinkron diimplementasikan di Google Classroom dan WhatsApp untuk membentuk pembelajaran mandiri yang berpusat pada siswa. Aplikasi WhatsApp dinilai lebih fleksibel, responsive, simple dan mudah dijalankan di smartphone siswa, sehingga memberikan feedback melalui aplikasi WhatsApp akan memperdalam pemahaman siswa.


 


Selama wabah COVID-19, Sekolah Dasar Sekolah Dasar Negri Cipayung 01 mengadopsi model pendidikan online untuk memberikan pembelajaran jarak jauh dan konseling bagi mahasiswa di rumah dan secara aktif mengembangkan metode pendidikan untuk belajar di rumah. Diskusikan praktik pendidikan dan pembelajaran di rumah bagi siswa selama pandemi.


 


Mereka menemukan bahwa tidak memahami esensi pembelajaran berbasis teknologi adalah penyebab ketidakmampuan belajar. Hal ini juga mempengaruhi sikap terhadap perubahan cara berpikir, berpikir dan cara pandang terkait realitas pembelajaran di masa pandemi Covid-19. Terakhir, belajar di masa pandemi Covid-19 mencerminkan dua hal. Pertama, praktik pembelajaran harus relevan, futuristik, dan dapat disesuaikan dengan konteks zaman. Kedua, perubahan sosial budaya merupakan prasyarat terjadinya perubahan sistematis dalam proses pembelajaran agar pendidikan menjadi mapan, menjadi tradisi baru, efektif di masyarakat dan menjadi best practice. Pemahaman ini tidak hanya memungkinkan kita untuk memahami realitas pandemi secara lebih kontekstual, tetapi juga memungkinkan kita untuk mengembangkan upaya pemecahan masalah dengan cara yang lebih tepat sasaran.

Article Details

How to Cite
Putri, M., & Rasmitadila. (2022). Mutu Pembelajaran Selama Covid 19 di Sekolah Dasar. arimah auhid, 1(1), 1–9. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v1i1.6191
Section
Articles

References

Fabianus Selatang1*, A. A. (2021). Pendidikan yang berkeadilan: Menakar mutu pembelajaran berbasis teknologi di masa pandemi covid-19. Volume 3 Issue 2, 2021, 3, 133-144. https://ojs.isjn.or.id/index.php/journalhsj/article/view/59/38

Hendrik Palinggi1, W. T. (2021). Analisis sistem manajemen pembelajaran tatap muka pada masa pandemi covid-19 di sma kristen rantepao. Vol.10No.01-Januari2021, 10, 21-27. http://ejournal.uki.ac.id/index.php/jmp/article/view/3263/2002

Prasetyo, T., Mujahidin, E., Rasmitadila, Aprillia, K,Y. (2021). Implementasi metode home visituntuk meningkatkan motivasi belajar siswa sd pada masa pandemik covid-19. Jurnal Abdidas Volume 2 Nomor 4 Tahun 2021, 2, 894-902. https://www.abdidas.org/index.php/abdidas/article/view/388/266

Subhi, I. (2020). Urgensi upaya menjaga mutu pembelajaran di tengah pandemi covid 19.

Edification Vol. 3, No. 01. Juli 2020, 3, 36-55. https://jurnal.staibsllg.ac.id/index.php/ej/article/view/213/149

Puspitaningrum, E. . (2022). Model problem based learning terhadap hasil belajar siswa sekolah dasar. SNHRP, 875–880. Retrieved from

https://snhrp.unipasby.ac.id/prosiding/index.php/snhrp/article/view/403

Teguh Prasetyo1, R. A. (2021). Meningkat keterampilan membaca permulaan menggunakan media cerita bergambarpada mata pelajaran bahasa indonesia. PAEDAGOGIE Vol.16, No.1, Tahun 2021, 16, 1-8.

http://journal.unimma.ac.id/index.php/Paedagogie/article/view/4798/2990

Huan Song, J. W. (2020). Online teaching for elementary and secondary schools during. ECNU Review of Education 2020, Vol. 3(4) 745–754, 3, 746-754. https://journals.sagepub.com/doi/pdf/10.1177/2096531120930021

Herwin, H., Hastomo, A., Saptono, B., Ardiyansyah, A. R., & Wibowo, S. E. (2021). How elementary school teachers organized online learning during the Covid-19 Pandemic? World Journal on Educational Technology: Current Issues. 13(3), 437-449.

https://doi.org/10.18844/wjet.v13i3.5952

Qinggen Kong, H. L. (2020). Practical exploration of home study guidance for students during the covid-19 pandemic: a case study of hangzhou liuxia elementary school in. SIEF, Vol.5, No. 2, 2020, 5, 558-561.

https://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ1305745.pdf

Andarwulan, T., Al Fajri, T. A., & Damayanti, G. (2021). Elementary teachers 'readiness toward the online learning policy in the new normal era during covid-19. International Journal of Instruction, 14(3), 771-786.

https://doi.org/10.29333/iji.2021.14345a

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>