Inovasi Sumber Belajar Berbasis Proyek (Project Based Learning) dalam Meningkatkan Keterampilan Kreatif dan Koloboratif di Salah Satu SDN Kabupaten Bogor

Authors

  • Arini Universitas Djuanda
  • Meliani Putri Universitas Djuanda
  • Noviandra Azzahra Universitas Djuanda
  • Wangi Dema Lestari Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i2.11803

Keywords:

Keterampilan, Kreatif, Koloborasi, Proyek

Abstract

Pendidikan pada tingkat dasar memerlukan inovasi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Salah satu pendekatan yang menjanjikan adalah penggunaan sumber belajar berbasis proyek atau Project Based Learning (PjBL) dalam meningkatkan keterampilan kreatif dan koloboratif siswa sekolah dasar. Inovasi ini terfokus pada pengembangan proyek-proyek pembelajaran yang dirancang untuk merangsang kreativitas siswa dan mempromosikan kolaborasi di antara mereka. Melalui pendekatan ini, siswa tidak hanya mengasah keterampilan akademis, tetapi juga mengembangkan keterampilan sosial yang penting untuk kesuksesannya. Penelitian ini melibatkan implementasi model pembelajaran berbasis proyek (PBL), dengan fokus pada evaluasi dan dampaknya terhadap keterampilan kreatif dan kolaboratif siswa. Metode evaluasi penelitian dilakukan melalui studi kasus di  SDN Kabupaten Bogor melibatkan observasi kelas, penilaian proyek, dan wawancara dengan guru dan siswa. Temuan penelitian menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam tingkat kreativitas siswa, serta peningkatan dalam kemampuan mereka untuk bekerja secara efektif dalam kelompok. Pentingnya inovasi dalam kegiatan belajar mengajar dapat mendorong kemampuan siswa dalam mengeksplor ide, minat, mengembangkan solusi kreatif, dan bekerja sama dalam tim. Implikasi praktisnya membuka diskusi tentang perluasan penggunaan model dalam kurikulum sekolah dasar untuk lebih meningkatkan persiapan siswa dalam menghadapi tuntutan masa depan dan memberikan kontribusi pada pemahaman tentang efektivitas inovasi sumber belajar berbasis proyek dalam meningkatkan keterampilan kreatif dan koloboratif di tingkat dasar.

References

Arizona, K., Abidin, Z., & Rumansyah, R. (2020). PEMBELAJARAN ONLINE BERBASIS PROYEK SALAH SATU SOLUSI KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR DI TENGAH PANDEMI COVID-19. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(1), 64–70. https://doi.org/10.29303/jipp.v5i1.111

Farida F, Y. F., & Lusniati Saputri, S. (2018). Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar SiswaMenggunakan Model Projek Based Learning (PjBL)di Kelas V SD Pembangunan UNP: Hasil Penugasan Dosen di Sekolah (PDS). Prosiding Seminar Nasional Hibah Program Penugasan Dosen Ke Sekolah (PDS) Universitas Negeri Padang, 6(3), 89-9589–9595. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v6i3.333

Fatoni, A. (2011). Metodologi Penelitian dan Teknik Penyususna Skripsi. Jakarta: Rineka Cipta, Tenggara Timur. Jakarta.

Jalaludin. (2016). Model-model Pembelajaran dan Implementasi dalam RPP. Media Mutiara Lentera., 5(1), 39–52.

Kartakusumah, B., Sya, M. F., & Maufur, M. (2022). Task and Feedback-Based on English learning to Enhance Student Character. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(1), 1–10. https://doi.org/10.30997/dt.v9i1.4684

Khaironi, M. (2017). PENDIDIKAN KARAKTER ANAK USIA DINI. 01(2).

Khasanah, S. U. & Darsinah. (2022). IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DALAM PERKEMBANGAN PSIKOMOTORIK PESERTA DIDIK USIA SEKOLAH DASAR. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 3(1), 281–287. https://doi.org/10.51494/jpdf.v3i1.666

Kono, & Rahmad. (2016). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Pemahaman Konsep Biologi dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa tentang Ekosistem dan Lingkungan di Kelas X SMA Negeri 1 Sigi. Jurnal Sains dan Teknologi Tadulako, 3, 28–38. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v6i3.333

Maulana, Mega Febriani Sya, Annissa Mawardini, & Yunianika, I. T. (2023). YouTube as a Media for Developing English Proficiency: Experiments on Elementary School Students in Indonesia. Jurnal Pendidikan, 24(2), 93–100. https://doi.org/10.33830/jp.v24i2.6150.2023

Norhikmah, N., Rizky, N. F., Puspita, D., & Saudah, S. (2022). Inovasi Pembelajaran dimasa Pendemi: Implementasi Pembelajaran berbasis Proyek Pendekatan Destinasi Imajinasi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 3901–3910. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.1886

Nuryanti, Y., & Wardani, N. S. (2019). Peningkatan Kreativitas Siswa Pada Anak Usia Dini Kelas SD Awal Usia 6-8 Tahun Melalui Metode Praktikum Membatik. Jurnal Basicedu, 5(4), 1–10. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1068

Priyambodo, M., Probosari, R. M., & Indriyanti, N. Y. (2021). Correlation between Self Confidence and Adversity Quotient With Creative Thinking Skills of Grade VIII Students On Subject Motion and Force. 11(2).

Risalahwati, D. S., Tindangen, M., & Sukartiningsih, S. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model PQ4R Media Concept Mapping Terhadap Hasil Belajar Biologi: The Development of Teaching Administrations by Using PQ4R Learning Model Concept Mapping to Learning Outcomes of Biology. BIODIK, 6(1), 76–93. https://doi.org/10.22437/bio.v6i1.8466

Sadikin, A., & Yelianti, U. (2021). Inovasi Pembelajaran Mata Kuliah Pembelajaran Mikro Berbasis Model PjBL (Project Based Learning) Untuk Meningkatkan Kreativitas Mahasiswa: (Learning Innovation of Micro Learning Courses Based on The PjBL (Project Based Learning) Model to Increase Student Creativity). BIODIK, 7(3), 195–204. https://doi.org/10.22437/bio.v7i3.15709

Sya, M. F., Anoegrajekti, N., Dewanti, R., & Isnawan, B. H. (2022). Exploring the Educational Value of Indo-Harry Potter to Design Foreign Language Learning Methods and Techniques. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 21(10), 341–361. https://doi.org/10.26803/ijlter.21.10.19

Thomas, J. W. (2000). A REVIEW OF RESEARCH ON PROJECT-BASED LEARNING. The Autodesk Foundation.

Trianto Ibnu Badar Al-Tabany, M. Y. S. (2014). PERSEPSI SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN PECAHAN DI SEKOLAH DASAR. Jakarta : Prenadamedia Group, 6(3), 451–462.

Vera, M., & Astuti, S. (2019). PENINGKATAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA KELAS VSDN SIDOREJO LOR V SALATIGA. 6(1).

Wicaksana, E. J., & Sanjaya, M. E. (2022). Model PjBL pada Era Merdeka Belajar untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah dan Kreativitas Mahasiswa Mata Kuliah Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran, 6(1), 193. https://doi.org/10.23887/jipp.v6i1.41181

Wijayanti, A. (2021). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Modern, 6(03), 130–140. https://doi.org/10.37471/jpm.v6i03.248

Wulandari, N., Koeswanti, H. D., & Giarti, S. (2019). Penerapan Model Project Based Learning Berbantuan Media Pop Up Book Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas V. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 4(1), 19. https://doi.org/10.26737/jpdi.v4i1.947

Yani, L. I., & Taufik, T. (2020). Penerapan Model Project Based Learning dalam Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas V Sekolah Dasar (Studi Literatur). 8.

Zainal Arifin. (2014). Penelitian Pendidikan Metode dan Paradigma Baru, Remaja Rosdakarya,. Remaja Rosdakarya, 5(1), 140.

Downloads

Published

2024-02-02

How to Cite

Arini, Putri, M. ., Azzahra, N., & Lestari, W. D. (2024). Inovasi Sumber Belajar Berbasis Proyek (Project Based Learning) dalam Meningkatkan Keterampilan Kreatif dan Koloboratif di Salah Satu SDN Kabupaten Bogor. Karimah Tauhid, 3(2), 1466–1478. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i2.11803
Abstract viewed = 32 times

Most read articles by the same author(s)