Penerapan Keterampilan Menyikmak dalam Kegiatan Story Telling Berupa Cerita Dongeng di kelas V SDIT Hikmatus Shalawat
Main Article Content
Abstract
Penelitian didahului dengan observasi awal dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana proses dan hasil pembelajaran menyimak di Kelas V SDIT HIKMATUS SHALAWAT dalam hubungannya penggunaan media Strorytelling. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang melibatkan 24 siswa diantarnya yaitu siswi perempuan 13 orang dan siswa laki-laki 11 orang. Data penelitian ini didapatkan dari hasil penelitian selama observasi terdapat perbedaan anatara siswa laki-laki dan siswi perempuan dalam proses menyimak serta keaktifan peserta didik, siswa laki-laki lebih aktif dalam menjawab pertanyaan mengenai unsur intrinsik dalam cerita dongeng Cinderalla dan sepatu kaca. sedangkan siswi perempuan cenderung hanya menulis poin-poin penting tetapi kurang dalam menyampaikan pendapat.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Al Mafruhah, U., Humaira, M. A., & Effendi, I. (2023). Pengaruh Strategi Preview, Question, Read, Summarize, Test (PQRST) Terhadap Peningkatan Kemampuan Membaca Intensif pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V Sekolah Dasar. KARIMAH TAUHID, 2(5), 1640–1647. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v2i5.10048
Azzahra, P. L., Andara, Y., Ramlan, Z. Z. ., & Humaira, M. A. . (2023). Peran Guru Dalam Kesulitan Menulis Pada Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. KARIMAH TAUHID, 2(6), 2612–2622. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v2i6.9115
Fransiska, C. (2014). Peningkatan Kemampuan Menyimak Isi Cerita dengan Menggunakan Media Audio Storytelling Terekam di Kelas V SDN 3 Panarung Palangka Raya. Jurnal Pendidikan Humaniora, 1(3), 289-297
Karyadi, A. C. (2018). Peningkatan keterampilan berbicara melalui metode storytelling menggunakan media big book. Jurnal Pengabdian Masyarakat Ilmu Keguruan dan Pendidikan (JPM-IKP), 1(02).
Lestari, S. ., Humaira, M. A., & Effane, A. (2023). Penggunaan Dwibahasa dalam Proses Pembelajaran Kelas Rendah. KARIMAH TAUHID, 2(5), 1626–1639. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v2i5.10321
Nisa, C., Humaira, M. A., & Efendi, I. (2023). Analisis Pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) dI SDN 01 Pasirmuncang. KARIMAH TAUHID, 2(5), 2119–2127. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v2i5.10385
Nurhayati, S., Humaira, M. A., & Firmansyah, W. (2023). Kesalahan Penulisan Huruf Kapital pada Karangan Deskripsi Peserta Didik Kelas 5 Sekolah Dasar. KARIMAH TAUHID, 2(6), 2379–2390. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v2i6.10697
Sabilla, S. S., Kusmiati, S. S., & Humaira, M. A. (2023). Analisis Keterampilan Berbicara Siswa Sekolah Dasar Melalui Pembelajaran Puisi. KARIMAH TAUHID, 2(5), 1693–1707. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v2i5.9116 Yulianasari, A., Humaira, M. A., & Effendi, I. (2023). Strategi Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Bagi Anak Disgrafia. KARIMAH TAUHID, 2(5), 1661–1674. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v2i5.10047