Manfaat Penerapan Inovasi Pendidikan Berbasis Teknologi di Sekolah Dasar

Main Article Content

Wangi Dema Lestari
Noviandra Azzahra
Meliani Putri
Arini

Abstract

Teknologi sangat penting untuk pendidikan saat ini karena dapat membantu proses pembelajaran. Teknologi memungkinan berbagai ide pembelajaran dikomunikasikan dengan mudah dan berfungsi sebagai alat yang efektif dan berguna untuk proses belajar mengajar. Inovasi pembelajaran sangat penting agar siswa dapat beradaptasi dengan berbagai kemajuan teknologi di era modern. Tujuan dilakukan penelitian ini untuk mengetahui manfaat penerapan inovasi Pendidikan berbasis teknologi di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan  wawancara. Namun, seiring dengan berjalannya waktu proses pembelajaran mengalami perubahan yang sejalan dengan berkembangnya teknologi, tetapi kemampuan sekolah yang terbatas dalam memfasilitasi proses pembelajaran tersebut, menyebabkan jumlah teknologi yang di fasilitasi oleh sekolah tidak sebanding dengan banyaknya jumlah kelas, metode pembelajaran menggunakan metode ceramah cenderung monoton, dan siswa sulit menguasai subjek pembelajaran yang diberikan oleh guru. Analisis data menggunakan tematik analisis dimana analisis data kualitatif, yang melibatkan membaca kumpulan data dan mencari pola makna dalam data untuk menemukan tema.  Hasil penelitian menemukan beberapa manfaat dari penerapan inovasi berbasis teknologi yang membawa dampak positif untuk guru dan siswa.

Article Details

How to Cite
Lestari, W. D., Azzahra, N. ., Putri, M., & Arini. (2024). Manfaat Penerapan Inovasi Pendidikan Berbasis Teknologi di Sekolah Dasar . Karimah Tauhid, 3(1), 872–879. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i1.11128
Section
Articles

References

Sya, M. F., Anoegrajekti, N., Dewanti, R., & Isnawan, B. H. (2022). Exploring the Educational Value of Indo-Harry Potter to Design Foreign Language Learning Methods and Techniques. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 21(10), 341–361.

Maulana, S., Sya, M. F., Mawardini, A., & Ika Tri Yunianika. (2023). YouTube as a Media for Developing English Proficiency: Experiments on Elementary School Students in Indonesia. Jurnal Pendidikan, 24(2), 93–100. https://doi.org/10.33830/jp.v24i2.6150.2023

Melbourne Institute Working Paper No. 10/1998. (1998).

Kartakusumah, B., Sya, M. F., & Maufur, M. (2022). Task and Feedback-Based on English learning to Enhance Student Character. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(1), 1–10.

Nasri, N. MENINGKATKAN KEMAMPUAN DAN PENGALAMAN BELAJAR SISWA DALAM PENGGUNAAN TEKNOLOGI TRANSPORTASI MELALUI MEDIA BERGAMBAR. SUARA GURU, 4(2), 497-506.

Suprihatin, S. (2015). Upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro, 3(1), 73-82.

Ningrum, Z. C. (2023). UPAYA MENINGKATKAN PENGALAMAN BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN INQUIRY LEARNING DALAM PEMBELAJARAN IPS TENTANG PERISTIWA DALAM KEHIDUPAN KELAS V DI SDN CILEGON 2 (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).

Apriyani Nurohmah, Y., Aly, A., & Zuhri, S. (2015). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Tarikh Kelas VIII di SMP Muhammadiyah 6 Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015 (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Rahman, S. (2022, January). Pentingnya motivasi belajar dalam meningkatkan hasil belajar. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar.

Nasution, M. K. (2017). Penggunaan metode pembelajaran dalam peningkatan hasil belajar siswa. STUDIA DIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan, 11(01), 9-16.

Kusumawati, N., & Maruti, E. S. (2019). Strategi belajar mengajar di sekolah dasar. Cv. Ae Media Grafika.

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.