Pembelajaran di Masa Pandemi SDN 01 Sukamahi Kabupaten Bogor

Main Article Content

Wangi Dema Lestari
Rasmitadila

Abstract

Pembelajaran di masa pandemi tentunya tidak mudah karena peserta didik di wajibkan mengikuti pembelajaran secara daring dan muncul berbagai macam permasalahan. Permasalahan yang terjadi pada saat proses pembelajaran di masa pandemi adalah kurang memahami materi. Tujuan di lakukan penelitian ini untuk mengidentifikasi apa dampak dari Covid 19 terhadap proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan observasi dan wawancara untuk pengumpulan data yang melibatkan 3 orang yang terdiri dari Kepala Sekolah, guru kelas 1, dan wali kelas 3. Analisis data yang digunakan adalah tematik analisis. Hasil penelitian menemukan enam permasalahan diantara nya, yaitu: keterbatasan waktu, kuota internet tidak mencukupi, tidak leluasa bertanya terkait materi yang di pelajari, tugas lebih banyak di kerjakan oleh orang tua daripada siswa itu sendiri, sulit memahami materi yang di ajarkan, dan tidak bisa melihat secara langsung perkembangan belajar dan nilai karakter. Penelitian ini memberikan dampak positif untuk meminimalisir permasalahan yang terjadi dalam segi penyediaan tenaga guru untuk mengajar peserta didik door to door untuk meningkatkan kemampuan akademik.

Article Details

How to Cite
Lestari, W. D., & Rasmitadila. (2022). Pembelajaran di Masa Pandemi SDN 01 Sukamahi Kabupaten Bogor. Karimah Tauhid, 1(1), 32–47. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v1i1.6335
Section
Articles

References

Adiyati Fathu Roshonah¹, S. A. (n.d.). Peran Orang Tua dalam Membimbing Anak Selama. Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ.

Anugrahana, A. (2020). Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. JURNAL PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN, 10.

Basar, A. M. (2021). Problematika Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19. JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN, 2.

Lia Titi Prawanti, W. S. (2020). Kendala Pembelajaran Daring Selama Pandemic Covid-19.

SEMINAR NASIONAL PASCASARJANA.

Mujahidin2, E. (2021). Implementasi Metode Home Visit untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SD. JURNAL ABDIDAS, 2, 894-902.

Rasmitadila3. (2021). Implementasi Metode Home Visit untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SD. JURNAL ABDIDAS, 2, 894-902.

Suswandari, R. P. (2021). DAMPAK PEMBELAJARAN DARING BAGI SISWA SEKOLAH DASAR SELAMA COVID-19. 2.

Suswandari3*, R. P. (2021). DAMPAK PEMBELAJARAN DARING BAGI SISWA SEKOLAH

DASAR . Jurnal Ilmiah Kependidikan , 9-15.

Sutapa2, W. S. (2021). Dampak Pembelajaran Daring terhadap Perilaku . Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1635-1643.

Teguh Prasetyo1, E. M. (2021). Implementasi Metode Home Visit untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SD. JURNAL ABDIDAS, 2, 894-902.

THAIB, Z. R. (2021). Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid – 19.

Yuangga, K. D. (2020). PENGEMBANGAN MEDIA DAN STRATEGI PEMBELAJARAN UNTUK.

Yuani, A. K. (2021). Implementasi Metode Home Visit untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SD. JURNAL ABDIDAS, 2, 894-902.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>