Penanaman Pendidikan Karakter dan Nilai-Nilai Budaya di SD Muslim Suksa Thailand

Main Article Content

Rifka Apriliani
Helmia Tasti Adri
Syukri Indra

Abstract

Riset dilakukan agar peneliti dapat mengkaji tentang Implementasi karakter dan Nilai Budaya yang ada di Sekolah Dasar Muslim Suksa,Thailand. Terdapat tentang sebab yang mendukung dan menghambat implementasi pendidikan karakter dan nilai adat istiadat di Sekolah Dasar Muslim Suksa Thailand; usaha tenaga pendidik untuk memaksimalkan pelaksanaan penanaman karakter dan nilai budaya di Sekolah Dasar Muslim Suksa Thailand. Metode yang dipakai ialah pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Wawancara, observasi serta dokmentasi adalah Teknik yang dipakai untuk mengumpulkan data, menerapkan analisis Miles dan Huberman, serta menerapkan triangulasi teknik dalam proses kebasahan data. Hasil pengamatan adalah sikap, pengajaran, interaksi, meningkat kemampuan siswa (inventiveness), serta media pembelajaran yang dapat menunjang pembelajaran sehingga dapat menumbuhkan moral yang baik. Aspek adat yang diterapkan oleh Muslim Suksa Thailand ialah tata tertib, spiritual (dapat berupa siswa membaca Al-Qur’an), mempelajari dan menerapkan pembelajaran agama, menciptakan akhlak yang baik, cinta kitab suci Al-Qur’an dan disiplin sesuai dengan peraturan disekolah. Siswa diajarkan untuk tanggung jawab, contohnya seperti mengerjakan tugas, menjaga kebersihan, dan menjaga perilaku. Pendidikan karakter didukung dengan hadirnya beberapa program sehingga karakter dapat dibentuk sesuai rencana dan tujuan. Melakukan pengabdian kepada Masyarakat, hobi literasi, tepat waktu, budipekerti baik, serta saling bertoleransi. Implementasi karakter serta nilai budaya terhambat oleh beberapa faktor, seperti perekonomian, bantuan Kerajaan yang tidak sepenuhnya, dan keterbatasan teknologi. Usaha tenaga pendidik pada implementasi pendidikan akhlak (karakter) yaitu memotivasi murid agar lebih disiplin, beribadah tepat waktu, dan mematuhi peraturan, Menerapkan media belajar yang menarik agar murid dapat semangat Ketika belajar.

Article Details

How to Cite
Apriliani, R. ., Adri, H. T., & Indra, S. (2024). Penanaman Pendidikan Karakter dan Nilai-Nilai Budaya di SD Muslim Suksa Thailand. Karimah Tauhid, 3(4), 4018–4031. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i4.12631
Section
Articles

References

Adri, Helmia Tasti. Syukri Indra., dan Indri, Y.G. (2021). Hubungan Kecerdasan Interpersonal Siswa Terhadap Kecenderungan Perilaku Verbal Bullying Di Sekolah Dasar. Journal of Primary Education, Vol. 2. No.2

Amin & Tukimin. (2020). Desain Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Adab 21. Gresik: Jendela Sastra Indonesia Press.

Bahri, Saipul. (2015). Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Mengatasi Krisis Moral Di Sekolah. Ta’allum, Vol. 03, No. 01.

Chotul, Imron, D.F., & Feri Tirtoni. (2023). Implementasi Pengajaran Karakter Religius Melalui Budaya Sekolah Pada Siswa Kelas 3 Di Sekolah Dasar Muhammadiyah 2 Taman Sepanjang. Journal of Islamic and Muhammadiyah Studies. Vol. 5.

Fadli, M.R. (2021). Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21 (1), 33-54.

Fudhah, Iklima Nurul. Helmia T.A., dan Didin. S. (2024). Manajemen Kurikulum Sekolah Dasar Di Maitreechit Wittayathan School Thailand. Jurnal Karimah Tauhid. Vol.3. No.2.

Gunawan, Heri. (2012). Pendidikan Karakter (Konsep dan Implementasi). Bandung: Alfabeta.

Haryanto, Toflik Mey. (2011). Penanaman Nilai-nilai Karakter Melalui Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Kejobong Purbalingga. Skripsi Sarjana, Universitas Negeri Semarang.

Hasanah, H. (2017). Teknik-teknik Observasi (Sebuah Alternatif Metode Pengumpulan Data Kualitatif Ilmu-ilmu Sosial). At-taqaddum, 8(1), 21-46.

Indra, Syukri. Muhammad Ibnu. Y. dan Mustolah Maufur. (2021). Pembentukan Karakter Siswa Selama Melakukan Pembelajaran Jarak Jauh Di Kelurahan Pamoyanan. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat. Vol.2. No.1. 105-115.

Jailani, M.S. (2023). Teknik Pengumpulan Data dan Instrumen Penelitian Ilmiah Pendidikan Pada Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. IHSAN: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 1-9).

Ludo Buan, L.A. (2020). Guru dan Pendidikan Karakter (Sinegritas Peran Guru dalam Menanamkan Pendidikan Karakter di Era Milenial). Indramayu: Penerbit Adab.

Mey R, Aflahul Awwalina., Trisakti Handayani., & Rose Fitriana Lutfiana. (2021). Analisis Implementasi Budaya Sekolah Dalam Pembentukan Karakter Religius Peserta Didik. Jurnal Pendidikan, Tahun XI, No.2

Muslich, Masnur. (2014). Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Cet. 4 jakarta: Bumi Aksara.

Mustoip, Sofyan., Muhammad Japar., & Zulela MS. (2018). Implementasi Pendidikan Karakter. Surabaya: Jakad Publishing.

Ningsih, Tutuk. (2015). Implementasi Pendidikan Karakter. Purwokerto: STAIN Press.

Nursetiah. (2021). Analisis Strategi Guru Dalam Pembentukan Karakter Siswa Sekolah Dasar Berdasarkan Kurikulum 2013. Skripsi Sarjana, Universitas Djuanda.

Rizna., Muhammad Yunus., & Agustinus Todung Bua. (2019). Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Sekolah Guna Meningkatkan Daya Saing Peserta Didik (Sudi Komparasi SDN 037 Tarakan Indonesia dan Chiang Rai Municipality School 2 Thailand). Jurnal Pendidikan Dasar Borneo. Vol. 01, No. 01. ISSN. 2685-9645.

Safitri, Dede Eka. (2021). Pendidikan Karakter Pada Era Pembelajaran Daring Di SD Negeri 01 Baladongan. Skripsi Sarjana, Universitas Djuanda.

Sugiono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sukadari. (2018). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Budaya Sekolah. Yogyakarta: Kanwa Publisher.

Tsauri, Sofyan. (2015). Pendidikan Karakter (Peluang dalam Membangun Karakter Bangsa). Jember: IAIN Jember Press.

Wardani, Naniek Sulistya. Pengembangan Nilai-nilai Budaya Sekolah Berkarakter. Scholaria, Vol.5, No.3, 12-22.

Yaumi, M. (2016). Pendidikan Karakter. Jakarta: Prenadamedia Group.

Zubaedi. (2017). Strategi Taktis Pendidikan Karakter (Untuk PAUD dan Sekolah). Depok: RajaGrafindo Persada.