PENGARUH PENGGUNAAN E-LEARNING GOOGLE CLASSROOM TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS V SD

Main Article Content

Ervin Agia Tamy
Helmia Tasti Adri
Fachry Helmanto

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh proses pembelajaran daring selama pandemi yang berdampak pada tingkat pemahaman dan hasil belajar siswa. Beberapa siswa memiliki nilai di bawah KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) pada mata pelajaran matematika yang ditetapkan oleh sekolah yaitu 74. Hal tersebut menunjukan bahwa pembelajaran daring berpengaruh pada mata pelajaran matematika siswa. Penyebab hasil belajar rendah pada siswa dalam mata pelajaran tersebut adalah karena guru belum bisa memaksimalkan pemanfaatan teknologi pada saat pembelajaran daring. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui ada atau tidaknya Pengaruh Penggunaan E-Learning Google Classroom terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas V SD. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Sindangsari 2 Kabupaten Bogor pada semester genap Tahun Pelajaran 2020/2021 dengan subjek penelitian siswa kelas V yang berjumlah 42 siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam peneitian ini yaitu metode quasi eksperimen atau eksperimen semu dengan desain Nonequivalent kontrol Group Design. Hasil akhir pada penelitian ini yaitu terdapat pengaruh signifikan penggunaan E-Learning Google Classroom terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas V SD, hal ini berdasarkan keputusan H1 = μA ≠ μB rata-rata nilai hasil posttest siswa kelas eksperimen yaitu 80.33 lebih tinggi dibandingkan rata-rata nilai hasil belajar posttest kelas kontrol yaitu 65.90. Hasil perhitungan hipotesis statistik menggunakan rumus Independent Sample T-Test dengan t = 3.793 dan hasil nilai sig 2-tailed 0,000 < 0,05 artinya H0 ditolak dan H1 diterima. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan E-learning Google Classroom berpengaruh terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas V SD.

Article Details

How to Cite
Tamy, E. A., Adri, H. T., & Helmanto, F. (2023). PENGARUH PENGGUNAAN E-LEARNING GOOGLE CLASSROOM TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS V SD. arimah auhid, 2(2), 422–432. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v2i2.8224
Section
Articles

References

Adri, H.T., Yudianto, S.A. Mawardini, A & Sesrita, A. 2020. Using Animated Video Based on Scientific Approach To Improve Students Higher Order Thinking Skill. Indonesian Journal of Social Research, 2(1), 9-17

Adri, H.T., Suwarjono., Sesrita, A.,& Sudjani, D.H. 2021. The Online Assessment In Education Course. Journal of Physics: Conference Series, 1918(2021)052086

Effanne, A & Adri, H.T. 2021. Efektifitas Media Pembelajran Berbasis Video Dalam Mengembangkan Minat Siswa Dalam Pembelajaran Seni. Te Joer: Jurnal of Education Research, 1(2), 153-157

Ernawati. (2018). Pengaruh Penggunaan Google Classroom terhadap Kualitas Pembelajaran dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas IX di MAN 1 Kota Tangerang Selatan. Universitas Negeri Syarif Hidayatullah.

Ibrahim, D. S., & Suardiman, S. P. (2014). Pengaruh Penggunaan E-Learning Google Classroom terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Matematika Siswa SD Negeri Tahunan Yogyakarta. Prima Edukasia, 2(1), 67.

Ichsan, M., & Alawiah, N. (2017). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar dengan Menggunakan Media Garis Bi;angan. Didaktika Tauhidi, 4(1), 46.

Maya, R., Monawati, & Darnius, S. (2017). Pengaruh Media E-Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas V SDN 20 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Unsyiah Universitas Syiah Kuala, 22(1), 214.

Nurjan, S. (2016). Psikologi Belajar. Wade Group.

Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar dan Pembelajaran. FITRAH Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman, 03(02), 355.

Pribadi, & Benny. (2017). Media dan Teknologi Dalam Pembelajaran. Bandung: Kencana.

Sani, R. A. (2019). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Rajagrafindo Persada.

Sari, I. N. (2019). Pengaruh Penggunaan Google Classroom terhadap Efeketivitas Pembelajaran Mahasiswa Universitas Islam Indonesia. Universitas Islam Indonesia.

Setyani, N. T. (2016). Pengaruh Karakter Diri Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika pada Kelas IV SDN Sukaresmi Kota Bogor. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Djuanda Bogor.

Suartama, I. K. (2014). E-Learning dan Konsep Aplikasinya. Universitas Pendidikan Ganesha.

Sulastri, H., & Putra, R. (2020). Pengaruh E-Learning dengan Google Classroom terhadap Hasil dan Motivasi Belajar Biologi Siswa. Lectura : Jurnal Pendidikan, 11(1), 208.

Supriatna, I., Yuliawati, N., & Firmansyah, W. (2017). Bimbingan Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika. Didaktika Tauhidi, 4(1), 11.

Susanti, S., Amril, L., & Kurniawati, A. (2017). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar dan Keaktifan Belajar Matematika Menggunakan Metode Gambar. Didaktika Tauhidi, 4(1), 33.

Susanto, A. (2016). Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Kencana.

Suwarjono., Adri, HT., Hamamy, F & Laeli, S. 2021. Pengembangan Aplikasi Warung Kelontong Berbasis Android. Jurnal Informatika: Jurnal Pengembangan IT, 6(2) 99-103