Implementasi Co Teaching pada Pembelajaran di dalam Kelas Inklusif

Main Article Content

M.Deni Ruhiyat
Rasmitadila
Helmia Tasti Adri
Sobrul Laeli

Abstract

Artikel ini merupakan implementasi program In co-teaching teams (Inco) Project dimana mengajar dengan berkelompok di dalam kelas inklusif yang dilaksanakan di Cempaka International School Height Kuala Lumpur,Malaysia. Pembelajaran yang dilakuan dengan menggunkan kurikulum Finland dimana berfokus dengan pembelajarn yang menyenangkan serta tidak adanya perbedaan pendidikan untuk siswa, sekolah inklusif merupakan sekolah dengan menerima siswa dengan berketerbelakangan khusus dan siswa normal pada umumnya untuk mendapatkan pendididkan yang sama tanpa adanya perbedaan diantara mereka, pengajaran secara team yang dilakukan merupakan bentuk implementasi dari pengajaran secara berkelompok dan menentukan metode, media, cara mengajar para siswa. Pelaksanaan inklusif co-teaching dilakukan selama satu bulan dimulai dari tanggal 19 februari-16 maret 2024. Metode pengajaran coteaching membuat pengajaran lebih terorganisir, lebih efisien dan lebih focus kepada siswa, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar dan menyenagkan siswa. Selain itu, orang tua dapat dengan mudah mendapatkan informasi perkembangan anaknya selama sekolah yang di laporkan oleh guru setiap harinya.

Article Details

How to Cite
Ruhiyat, M. ., Rasmitadila, Adri, H. T., & Laeli, S. (2024). Implementasi Co Teaching pada Pembelajaran di dalam Kelas Inklusif . Karimah Tauhid, 3(4), 5077–5091. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i4.13070
Section
Articles

References

Ahmad Wahidy. PERAN ORANG TUA DAN GURU MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA.

Ahtiainen, R., Beirad, M., Hautamäki, J., Hillasvuori, T., & Thuneberg, H. (2011). Samanaikaisopetus pada mahdollisuus. Tutkimus Helsingin pilottikoulujen uudistuvasta opetuksesta. Helsingin kaupungin opetusviraston julkaisusarja A, 1, 2011.

Armstrong, Derrick, Ann Cheryl Armstrong, dan Ilektra Spandagou. 2011. “Inklusi: Karena Pilihan atau Kebetulan?” Jurnal Internasional Pendidikan Inklusif 15 (1): 29–39.

Dewi, NK (2017). Manfaat program pendidikan inklusif bagi aud. Jurnal Pendidikan Anak, 6(1), 12-19.

Ferguson, Dianne L., Audrey Desjarlais, dan Gwen Meyer. 2000. “Peningkatan Pendidikan: Janji Sekolah Inklusif”.

Friend, Marilyn, Lynne Cook, DeAnna Hurley-Chamberlain, dan Cynthia Shamberger. 2010. “Co-Teaching: Sebuah Ilustrasi Kompleksitas Kolaborasi dalam Pendidikan Khusus.” Jurnal Konsultasi Pendidikan dan Psikologi 20 (1): 9–27.

Futeri Maharani Suradi1 , Teguh Prasetyo2 , Rasmitadila3.(2022). Pelayanan Belajar Bagi Anak ADHD Selama Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar Inklusif. Buletin Ilmiah Pendidikan.

Ilahi, MT (2013). Pendidikan Inklusif: Konsep dan Aplikasi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Imami Nur Rachmawati. PENGUMPULAN DATA DALAM PENELITIAN KUALITATIF WAWANCARA. Lembar Metodologi.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2003). UU No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Diakses 15 April 2024

Kementerian Pendidikan Nasional Republik Indonesia. 2009. “Pendidikan Inklusif Bagi Siswa Penyandang Disabilitas dan Mempunyai Potensi Kecerdasan dan/atau Bakat Khusus.” Diakses 24 Maret 2024.

Kementerian Pendidikan Nasional. (2009). Tulkit LIRP-Merangkul Perbedaan: Alat untuk Pembangunan Inklusif Ramah Pembelajaran, Buku Khusus 3: Mengajar Anak Disabilitas dalam Lingkungan Inklusif. Jakarta: IDPN Indonesia, Arbeiter-Samariter-Bund, Handicap Internasional, Plan Indonesia.

Kustawan, D. (2013) Manajemen Pendidikan Inklusif. Jakarta: Luxima.

La Ode Anhusadar. PERKEMBANGAN OTAK ANAK USIA DINI.

Mirna Sahrudin1, N. D. (2023). Pengelolaan Pendidikan Inklusif. Jambura Journal of Educational Management, 166-172.

Planning for Inclusive Elementary Schools: A Case Study in Indonesia INTERNATIONAL JOURNAL of SPECIAL EDUCATION.

Rasmitadila, R., Rachmadtullah, R., Samsudin, A., Aliyyah, R. R., Humaira, M. A., & Syaodih, E. (2020). The Effect Of Reading Methods On Increasing The Reading Ability Of Primary Students. International Journal of Psychosocial Rehabilitation.

Rati Fadliyati (2015). Penggunaan Media S2DLS (Sony Digital Learning System) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada SMA Alfa Centauri Bandung.

Robiatul Munajah,Arita Marini, Mohamad Syarif Sumantri. (2021). Implementasi Kebijakan Pendidikan Inklusif di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu.

Santrock, J.W. (2013). Psikologi Pendidikan buku 1 diterjemahkan oleh Diana Angelica. Jakarta: Salemba Humanika.

Smith, JD (2006). Inklusi: Sekolah Ramah Semua Terjemahan Denis, Ny. Enrika. Bandung: Penerbit Nuansa.

Solis, M., Vaughn, S., Swanson, e., & McCulley, L. (2012). Model pengajaran kolaboratif: Landasan empiris inklusi dan pengajaran bersama. Psikologi di Sekolah, 49(5), 498–510.

Yance z, Rumahuru, Johana. S. Talupun. (2021). Pendidikan Agama Inklusif Sebagai Fondasi Moderasi Beragama. Kurios(Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen).

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>