Faktor Pendukung Keberhasilan dan Faktor Penghambat Penerapan Aplikasi Simpeldesa di Desa
Main Article Content
Abstract
Bentuk nyata perkembangan pelayanan publik pada lingkuppemerintahan terkecil seperti di desa dengan terciptanya inovasipelayanan publik berbasis digital yaitu Aplikasi “SIMPELDESA”. Simpeldesa atau Sistem Informasi dan Manajemen Pelayanan Desadigunakan melalui aplikasi di smartphone yang tersambung dengandashboard web. Memiliki fungsi untuk memudahkan akses kepadamasyarakat desa dalam pemberian pelayanan publik. Akan tetapipada pelaksanaan penerapan aplikasi simpeldesa di Desa Cijayantimasih terapat faktor penghambat yang juga beriringan denganadanya faktor pendukung keberhasilan dari aplikasi simpeldesa. Oleh karena itu, Tujuan dari penelitian ini berupaya untukmengetahui bagaimana aplikasi simpeldesa ini terlaksanaa di DesaCijayanti sehingga dapat menemukan apa saja yang menjadi faktorpendukung keberhasilan dan faktor penghambat aplikasisimpeldesa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif analisisdeskriptif. Dengan melakukan teknik observasi dan wawancarakepada sebagian masyarakat baik pengguna maupun bukanpengguna aplikasi simpeldesa, dan juga kepada perangkat desayang bertugas dalam hal ini. Selain itu peneliti menggunakaanteknik studi literatur untuk menambah teori yang relevan. Berdasarkan hasil pembahasan dan diskusi menunjukan jikapenerapan aplikasi simpeldesa belum cukup baik karenaterdapat banyak faktor yang menjadi penghambat akan tetapidari sistem aplikasi simpeldesa terdapat faktor pendukungkeberhasilan yang bisa ditingkatkan dalam mengatasipermaslahan yang ada.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Arifin, Z., Budi Wahono, B., Prihatmoko, D., & Riyoko, S. (2020). Inovasi Peningkatan Hasil Tangkapan Ikan Produk Unggulan Daerah oleh Nelayan Purse Seine Menggunakan Teknologi GPS. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 3(1), 54–62. https://doi.org/10.33474/jipemas.v3i1.4779
DeLone, W. H., & McLean, E. R. (1992). Information Systems Success: The Quest for the Dependent Variable. Information Systems Research, 3(1), 60–95.
Hadi, M. (2022). Faktor Yang Memengaruhi Keberhasilan Implementasi Aplikasi Sakti (Berdasarkan Perspektif Pengguna). Jurnal Akuntansi Kompetif, 5(3), 390-397.
Huang, Y.-M., Pu, Y.-H., Chen, T.-S., & Chiu, P.-S. (2015). Development and Evaluation of the Mobile Library Service System Success Model: A Case Study of Taiwan. The Electronic Library.
Isnaini, K., Sari, G. J. N., & Kuncoro, A. P. (2023). Analisis Risiko Keamanan Informasi Menggunakan ISO 27005: 2019 pada Aplikasi Sistem Pelayanan Desa. Jurnal Eksplora Informatika, 13(1), 37-45.
Livari, J. (2005). An Empirical Test of the DeLone-McLean Model of Information System Success. ACM SIGMIS Database: The DATABASE for Advances in Information Systems, 36(2), 8–27.
Mardiyani, S. A., Sari, D. N., Koti, S., Cahyati, R., Safitri, H., Aziz, M. A., ... & Sukmana, P. E. (2020). Digitalisasi Desa Untuk Meningkatkan Kualitas Layanan Dan Informasi. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 1(3), 188.
Urbach, N., & Muller, B. (2012). The Updated DeLone and McLean Model of Information Systems Success. In Information systems theory (pp. 1–18). Springer.
Salbiah, E., & Apriliani, A. (2022). Kualitas Pelayanan Pembuatan Kartu Keluarga (Kk) Pada Kantor Kecamatan. Jurnal Governansi, 8(2), 141-152.
Simpeldesa, 2024. https://www.simpeldesa.com/.
Wulansari, A., & Inayati, I. (2019). Faktor-Faktor Kematangan Implementasi E-Government Yang Berorientasi Kepada Masyarakat. Register, 5(1), 24-36.
Wuryanta, A. E. W. (2004). Digitalisasi Masyarakat: Menilik Kekuatan dan Kelemahan Dinamika Era Informasi Digital dan Masyarakat Informasi. Jurnal Ilmu Komunikasi, 1(2), 131–142. https://doi.org/10.24002/jik.v1i2.163