ANALISIS TINGKAT KEMISKINAN DAN KESEJAHTERAAN RUMAH TANGGA

Main Article Content

Agra Alfin Zulfa
Muhammad Jalaludin Assayuti
Muhammad Prayoga septiana
Muhammad tegar Purna bhakti
Muhammad Syamsul ma’arif
Afmi Apriliani

Abstract

Kemiskinan adalah keadaan ketika seseorang atau keluarga hidup dengan pendapatan yang sangat rendah, tidak memadai untuk memenuhi kebutuhan dasar manusia seperti pakaian, makanan, tempat tinggal, dan pendidikan. Kemiskinan dan kesejahteraan rumah tangga memiliki hubungan yang erat, di mana kemiskinan dapat berdampak negatif pada kesejahteraan rumah tangga. Kondisi kemiskinan dapat mengakibatkan stres dan kecemasan yang dapat mempengaruhi kesehatan mental dan fisik, serta membatasi akses terhadap sumber daya dan peluang. Kampung Tajur Pugag merupakan sebuah pemukiman penduduk yang berada di desa Banjarwaru, kecamatan Ciawi, kabupaten Bogor, provinsi Jawa Barat. Di kampung Tajur Pugag masih terdapat beberapa warga kurang mampu atau miskin. Dimana pada tahun 2023 terdapat 63 orang warga miskin yang tercatat di Kampung Tajur Pugag. Gaya penelitian deskriptif kualitatif ini menggambarkan keadaan sebagaimana adanya, tanpa memanipulasi atau mengubah faktor-faktor yang dipertimbangkan. Jenis penelitian yang menggunakan teknik pengumpulan data saat ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini, analisis deskriptif sering digunakan. Jika dilihat dari hasil observasi terhadap 4 narasumber di Kampung Tajur Pugag, peneliti dapat menyimpulkan bahwa kemiskinan dan kesejahteraan rumah tangga ini terjadi akibat beberapa faktor: Pendidikan, lapangan kerja dan penghasilan, dan Kesehatan. ,  peneliti dapat menyimpulkan tingkat kemiskinan di kampung tajur pugag di sebabkan oleh pendidikan yang masih rendah, serta sulitnya mencari lowongan kerja, yang membuat masyarakat kampung tajur pugag menjadi petani serta pedang asonggan dengan pendapatan yang tidak menentu dan tetap berusaha untuk mencukupi kebutuhan keluarga.


 


Kata Kunci: Kemiskinan, Kesejahteraan, Masyarakat dan Rumah Tangga.


 

Article Details

How to Cite
Zulfa, A. A. ., Muhammad Jalaludin Assayuti, Muhammad Prayoga septiana, Muhammad tegar Purna bhakti, Muhammad Syamsul ma’arif, & Afmi Apriliani. (2023). ANALISIS TINGKAT KEMISKINAN DAN KESEJAHTERAAN RUMAH TANGGA . Karimah Tauhid, 2(4), 839–848. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v2i4.9685
Section
Articles

References

Alia Akhmad, K. (2021). Peran Pendidikan Kewirausahaan Untuk Mengatasi Kemiskinan. Jurnal Ekonomi, Sosial & Humaniora, 2(6), 175. https://www.jurnalintelektiva.com/index.php/jurnal/article/view/419

Mathematics, A. (2016). KEBIJAKAN AFFIRMATIVE ACTION DALAM MENSEJAHTERAKAN MASYARAKAT KAWASAN PERBATASAN PROVINSI KALIMANTAN UTARA. 1–23.

Sukmasari, D. (2020). Konsep Kesejahteraan Masyarakat Dalam Perspektif Al-Qur’an. At-Tibyan, 3(1), 1–16. https://doi.org/10.30631/atb.v3i1.15

Widodo, P. (2023). 1,2,3,4). 4(10), 1–19.

Sari, D. K., Haryono, D., & Rosanti, N. (2014). Analisis pendapatan dan tingkat kesejahteraan rumah tangga petani jagung di Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan. Jurnal Ilmu Ilmu Agribisnis: Journal of Agribusiness Science, 2(1), 64-70.

Putri, C. K., & Noor, T. I. (2018). Analisis Pendapatan Dan Tingkat Kesejahteraan Rumah Tangga Petani Padi Sawah Berdasarkan Luas Lahan Di Desa Sindangsari, Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Ciamis, Provinsi Jawa Barat. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh, 4(3), 927-935.

Salakory, H. S. (2016). Analisis Tingkat Kesejahteraan Rumah Tangga Nelayan Berdasarkan Nilai Tukar (NTN) Di Kampung Sowi IV Kabupaten Manokwari. The Journal of Fisheries Development, 2(2), 45-54.

Sutawijaya, A. A. (2013). Analisis tingkat kesejahteraan rumah tangga petani ikan hias air tawar di Kelurahan Cipedak Kecamatan Jagakarsa Kota Madya Jakarta Selatan (Bachelor's thesis, Fakultas Sains dan Teknologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).

Lindawati, L., & Saptanto, S. (2014). Analisis Tingkat Kemiskinan Dan Ketahanan Pangan Berdasarkan Tingkat Pengeluaran Konsumsi Pada Rumah Tangga Pembudidaya Ikan (Studi Kasus Di Desa Sumur Gintung, Kabupaten Subang, Jawa Barat). Jurnal Sosial Ekonomi Kelautan dan Perikanan, 9(2), 195-206.

Iqbal, A. M., Lestari, D. A. H., & Soelaiman, A. (2014). Pendapatan dan kesejahteraan rumah tangga petani ubi kayu di Kecamatan Sukadana Kabupaten Lampung Timur. Jurnal Ilmu Ilmu Agribisnis: Journal of Agribusiness Science, 2(3), 246-252.

Adhitya, B., Prabawa, A., & Kencana, H. (2022). Analisis Pengaruh Pendidikan, Kesehatan, Sanitasi dan Rata-Rata Jumlah Anggota Keluarga Per Rumah Tangga terhadap Kemiskinan di Indonesia. Ekonomis: Journal of Economics and Business, 6(1), 288-295.

Prawoto, N. (2008). Memahami kemiskinan dan strategi penanggulangannya. Jurnal Ekonomi & Studi Pembangunan, 9(1), 56-68.

Ferezagia, D. V. (2018). Analisis tingkat kemiskinan di Indonesia. Jurnal Sosial Humaniora Terapan, 1(1).

Bhinadi, A. (2017). Penanggulangan kemiskinan dan pemberdayaan masyarakat. Deepublish.

Nurwati, N. (2008). Kemiskinan: Model pengukuran, permasalahan dan alternatif kebijakan. Jurnal Kependudukan Padjadjaran, 10(1), 1.

Suud, M. (2006). Tiga orientasi kesejahteraan sosial.

Sodiq, A. (2015). Konsep kesejahteraan dalam islam. Equilibrium, 3(2), 380-405.

Most read articles by the same author(s)