Implementasi Kebijakan Pertukaran Mahasasiswa Merdeka Batch 2 di Universitas Djuanda
Main Article Content
Abstract
Program MBKM tentunya menjadi jawaban Kemendikbud untuk mempersiapkan lulusan yang berkualitas menjadi mahasiswa yang mampu bereaksi secara fleksibel terhadap perubahan sosial, budaya, profesi dan teknologi yang berkembang pesat di masa Revolusi Industri 4.0. harus dipastikan sesuai dengan perkembangan saat ini. Program ini memberi siswa hingga 20 kredit. . Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Implementasi Kebijakan Pertukaran Mahasiswa Merdeka Batch 2 di Universitas Djuanda. Metode yang digunakan dalam artikel ini adalah metode kuantitatif yang melibatkan pengisian kuesioner yang diberikan kepada mahasiswa pertukaran mandiri di Universitas Djuanda, Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa Universitas Djuanda sudah melaksanakan program PMM dengan baik sesuai prosedur yang ditetapkan, sebagian besar responden selama mengikuti PMM di Universitas Djuanda tidak menemukan kendala dalam program PMM.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Agus, A. A., & Asiah, N. (2021). Implementasi Kebijakan Merdeka Belajar – Kampus Merdeka ( Studi pada Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum Universitas sssNegeri Makassar ) Implementation of the Independent Campus – Freedom to Learn Policy ( Study at the Faculty of Social Sciences and Law , Makass. Jurnal Kreatif Online (JKO), 9(4), 32–43. http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/21817
Alfikalia, A., Haryanto, H. C., & Widyaningsih, A. (2022). Dinamika Pengelolaan Program Merdeka Belajar - Kampus Merdeka Pada Kampus Swasta. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 5(1), 111–123. https://doi.org/10.30605/jsgp.5.1.2022.1557
Asiah, N. (2020). Implementasi kebijakan merdeka belajar-kampus merdeka (studi pada fakultas ilmu sosial dan hukum universitas negeri makassar). Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 5–24.
Azza N, F., Setiawan, F., Saputra, R., Yuliatin, A. T., & Ilham, M. (2021). Implementasi Kebijakan Pendidikan. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 4(2), 362–365. https://doi.org/10.31004/jrpp.v4i2.3254
Bhakti, Y. B., Simorangkir, M. R. R., Tjalla, A., & Sutisna, A. (2022). Kendala Implementasi Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (Mbkm) Di Perguruan Tinggi. Research and Development Journal of Education, 8(2), 783. https://doi.org/10.30998/rdje.v8i2.12865
Graham, C. R., Woodfield, W., & Harrison, J. B. (2013). A framework for institutional adoption and implementation of blended learning in higher education. Internet and Higher Education, 18, 4–14. https://doi.org/10.1016/j.iheduc.2012.09.003
Ishak, D. (2021). Mechanism, Implementation, and Challenges in Independent Campus Education Policy in Indonesia. International Journal of Science and Society, 3(4), 52–63. https://doi.org/10.54783/ijsoc.v3i4.393
Kamalia, P. U., & Andriansyah, E. H. (2021). Independent Learning-Independent Campus (MBKM) in Students’ Perception. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 7(4), 857. https://doi.org/10.33394/jk.v7i4.4031
Khasanah, F. N., Perdana, T. S., Untari, D. T., & Hutahaean, E. S. H. (2022). Muara Gembong as Students Laboratory ; The Implementation of “ Independent Campus , Freedom to Learn ” Program. 6(3), 4473–4475. http://journalppw.com
Lukitasari, S. W., Sulasmono, B. S., & Iriani, A. (2017). Evaluasi Implementasi Kebijakan Pendidikan Inklusi. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(2), 121. https://doi.org/10.24246/j.jk.2017.v4.i2.p121-134
Mei, A., Naja, F. Y., & Kusi, J. (2022). Implementasi Kebijakan “Merdeka Belajar, Kampus Merdeka” pada Perguruan Tinggi Swasta: Survey Pendidikan Sejarah Universitas Flores. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 2066–2076. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2010
Puspitasari, R., & Nugroho, R. (2021). Implementasi Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka Fisip Upn Veteran Jawa Timur. Dinamika Governance : Jurnal Ilmu Administrasi Negara, 11(2), 276–292. https://doi.org/10.33005/jdg.v11i2.2539
Solichin, M. (2015). Imlementasi Kebijakan Pendidikan dan Peran Birokrasi. Jurnal Studi Islam, 6(2), 148–178.
Sopiansyah Deni, Siti, M., Yuliati, Z. Q., & Mohamad, E. (2022). 458-Article Text-2952-2-10-20211106 (1). In Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal (Vol. 4, Issue Nomor 1). https://journal.laaroiba.ac.id/index.php/reslaj/article/view/458/424
Syamsuadi, A., Sepriyani, H., Endrini, S., & Febriani, A. (2022). Implementasi Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka di Universitas Abdurrab pada Program Magang Mahasiswa. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 1341–1348. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.2203
Yuniahastuti, I. T., Susilo, D., Laksono, R. D., & Tristian, H. A. (2022). Implementasi MBKM pada Mahasiswa Program Studi Teknik Elektro Universitas PGRI Madiun. Jurnal Paedagogy, 9(3), 540. https://doi.org/10.33394/jp.v9i3.5300