Implementasi Kebijakan Pertukaran Mahasasiswa Merdeka Batch 2 di Universitas Djuanda

Main Article Content

Fatimah
Heri Wansyah Laia
Fitri Rahmawati
Muhammad Jalaludin Assayuti
Agra Alfin Zulfa
Muhamad Syamsul Ma’arif
Afmi Apriliani

Abstract

Program MBKM tentunya menjadi jawaban Kemendikbud untuk mempersiapkan lulusan yang berkualitas menjadi mahasiswa yang mampu bereaksi secara fleksibel terhadap perubahan sosial, budaya, profesi dan teknologi yang berkembang pesat di masa Revolusi Industri 4.0. harus dipastikan sesuai dengan perkembangan saat ini. Program ini memberi siswa hingga 20 kredit. . Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Implementasi Kebijakan Pertukaran Mahasiswa Merdeka Batch 2 di Universitas Djuanda. Metode yang digunakan dalam artikel ini adalah metode kuantitatif yang melibatkan pengisian kuesioner yang diberikan kepada mahasiswa pertukaran mandiri di Universitas Djuanda, Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa Universitas Djuanda sudah melaksanakan program PMM dengan baik sesuai prosedur yang ditetapkan, sebagian besar responden selama mengikuti PMM di Universitas Djuanda tidak menemukan kendala dalam program PMM.

Article Details

How to Cite
Fatimah, Heri Wansyah Laia, Fitri Rahmawati, Muhammad Jalaludin Assayuti, Agra Alfin Zulfa, Muhamad Syamsul Ma’arif, & Afmi Apriliani. (2023). Implementasi Kebijakan Pertukaran Mahasasiswa Merdeka Batch 2 di Universitas Djuanda. Karimah Tauhid, 2(1), 91–99. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v2i1.7663
Section
Articles

References

Agus, A. A., & Asiah, N. (2021). Implementasi Kebijakan Merdeka Belajar – Kampus Merdeka ( Studi pada Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum Universitas sssNegeri Makassar ) Implementation of the Independent Campus – Freedom to Learn Policy ( Study at the Faculty of Social Sciences and Law , Makass. Jurnal Kreatif Online (JKO), 9(4), 32–43. http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/21817

Alfikalia, A., Haryanto, H. C., & Widyaningsih, A. (2022). Dinamika Pengelolaan Program Merdeka Belajar - Kampus Merdeka Pada Kampus Swasta. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 5(1), 111–123. https://doi.org/10.30605/jsgp.5.1.2022.1557

Asiah, N. (2020). Implementasi kebijakan merdeka belajar-kampus merdeka (studi pada fakultas ilmu sosial dan hukum universitas negeri makassar). Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 5–24.

Azza N, F., Setiawan, F., Saputra, R., Yuliatin, A. T., & Ilham, M. (2021). Implementasi Kebijakan Pendidikan. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 4(2), 362–365. https://doi.org/10.31004/jrpp.v4i2.3254

Bhakti, Y. B., Simorangkir, M. R. R., Tjalla, A., & Sutisna, A. (2022). Kendala Implementasi Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (Mbkm) Di Perguruan Tinggi. Research and Development Journal of Education, 8(2), 783. https://doi.org/10.30998/rdje.v8i2.12865

Graham, C. R., Woodfield, W., & Harrison, J. B. (2013). A framework for institutional adoption and implementation of blended learning in higher education. Internet and Higher Education, 18, 4–14. https://doi.org/10.1016/j.iheduc.2012.09.003

Ishak, D. (2021). Mechanism, Implementation, and Challenges in Independent Campus Education Policy in Indonesia. International Journal of Science and Society, 3(4), 52–63. https://doi.org/10.54783/ijsoc.v3i4.393

Kamalia, P. U., & Andriansyah, E. H. (2021). Independent Learning-Independent Campus (MBKM) in Students’ Perception. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 7(4), 857. https://doi.org/10.33394/jk.v7i4.4031

Khasanah, F. N., Perdana, T. S., Untari, D. T., & Hutahaean, E. S. H. (2022). Muara Gembong as Students Laboratory ; The Implementation of “ Independent Campus , Freedom to Learn ” Program. 6(3), 4473–4475. http://journalppw.com

Lukitasari, S. W., Sulasmono, B. S., & Iriani, A. (2017). Evaluasi Implementasi Kebijakan Pendidikan Inklusi. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(2), 121. https://doi.org/10.24246/j.jk.2017.v4.i2.p121-134

Mei, A., Naja, F. Y., & Kusi, J. (2022). Implementasi Kebijakan “Merdeka Belajar, Kampus Merdeka” pada Perguruan Tinggi Swasta: Survey Pendidikan Sejarah Universitas Flores. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 2066–2076. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2010

Puspitasari, R., & Nugroho, R. (2021). Implementasi Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka Fisip Upn Veteran Jawa Timur. Dinamika Governance : Jurnal Ilmu Administrasi Negara, 11(2), 276–292. https://doi.org/10.33005/jdg.v11i2.2539

Solichin, M. (2015). Imlementasi Kebijakan Pendidikan dan Peran Birokrasi. Jurnal Studi Islam, 6(2), 148–178.

Sopiansyah Deni, Siti, M., Yuliati, Z. Q., & Mohamad, E. (2022). 458-Article Text-2952-2-10-20211106 (1). In Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal (Vol. 4, Issue Nomor 1). https://journal.laaroiba.ac.id/index.php/reslaj/article/view/458/424

Syamsuadi, A., Sepriyani, H., Endrini, S., & Febriani, A. (2022). Implementasi Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka di Universitas Abdurrab pada Program Magang Mahasiswa. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 1341–1348. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.2203

Yuniahastuti, I. T., Susilo, D., Laksono, R. D., & Tristian, H. A. (2022). Implementasi MBKM pada Mahasiswa Program Studi Teknik Elektro Universitas PGRI Madiun. Jurnal Paedagogy, 9(3), 540. https://doi.org/10.33394/jp.v9i3.5300

Most read articles by the same author(s)