PENTINGNYA MOTIVASI PEGAWAI DALAM MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS KERJA

Main Article Content

Isma Kusmiati
Alifa Nasywa Sahila
Sri Damayanti
Angeli Saraswati
Afmi Apriliani

Abstract

Produktivitas kerja akan sangat dipengaruhi salah satunya oleh motivasi pegawai, hal ini berkaitan dengan dorongan, sikap, dan semangat yang berasal dari dalam pribadi manusia. Tinggi rendahnya tingkat motivasi pegawai akan berpengaruh terhadap produktivitas dari perusahaan. Tujuan dari Penulisan artikel ini untuk mengetahui pentingnya serta pengaruh motivasi pegawai terhadap produktivitas kerja. Jenis penelitian ini menggunakan studi literatur, yang berfokus untuk menemukan berbagai ide, serta prinsip yang digunakan untuk memecahkan rumusan masalah serta menganalisis teori-teori lainnya. Sifat dari penelitian ini yaitu analisis deskriptif, yang mana merinci dan menjelaskan secara teratur dan terstruktur data-data yang diperoleh, kemudian akan dijabarkan secara rinci dan jelas agar mudah dipahami dengan baik oleh pembaca. Studi Literatur ini memberikan hasil yang menunjukkan bahwa motivasi beperan cukup signifikan dalam mempengaruhi serta meningkatkan produktivitas kerja, para pekerja akan bekerja dengan disiplin dan giat. Tapi selain itu, kurangnya pemberian apresiasi, gaji dan bonus juga bisa membuat motivasi pegawai menurun. Motivasi yang menurun ini sangat berpengaruh kepada peningkatan produktivitas kerja, yang nantinya bisa membuat sebuah perusahaan merosot. Saran untuk organisasai/instansi perusahaan untuk lebih aware dan lebih memperhatikan para pegawainya guna menjaga motivasi kerja serta terjalinnya hubungan yang positif antar atasan dan bawahan.

Article Details

How to Cite
Kusmiati, I., Alifa Nasywa Sahila, Sri Damayanti, Angeli Saraswati, & Afmi Apriliani. (2022). PENTINGNYA MOTIVASI PEGAWAI DALAM MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS KERJA. Karimah Tauhid, 1(6), 869–879. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v1i6.7678
Section
Articles

References

Agus. (2018). Pengaruh Motivasi Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Pada Pt. Telkom Indonesia Tbk, Cabang Makassar. Universitas Muhammadiyah Makassar.

Assagaf, S. C. Y., & Dotulong, L. O. (2015). Pengaruh Disiplin, motivasi dan semangat kerja terhadap produktivitas kerja pegawai dinas pendapatan daerah kota manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 3(2).

Deni, M. (2018). Kedisiplinan dan motivasi terhadap kinerja pegawai pelayanan publik. Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya, 16(1), 31-43.

Dobre, O. I. (2013). Employee motivation and organizational performance. Review of applied socio-economic research, 5(1).

Kaawoan, A., Kolibu, F. K., & Kawatu, P. A. T. (2017). Hubungan Antara Motivasi Kerja Dengan Produktivitas Kerja Pada Karyawan Pt. Samudera Mulia Abadi Di Kabupaten Minahasa Utara. Kesmas, 6(3), 1–8.

Kandou, E. E. (2013). Pengaruh Pelatihan Dan Pengembangan Karyawan Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan (Studi Pada PT. Air Manado). Acta diurna komunikasi, 2(3).

Krisnaldy, K., Pasaribu, V. L. D., & Senen, S. (2019). Pengaruh budaya organisasi, lingkungan kerja dan iklim organisasi terhadap motivasi pegawai serta dampaknya terhadap kepuasan kerja. Jurnal Semarak, 2(2), 164-183.

Marjaya, I., Pasaribu, F. (2019). Pengaruh Kepemimpinan, Motivasi, Dan Pelatihan Terhadap Kinerja Pegawai. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 2(1), 129-147.

Naile, I., & Selesho, J. M. (2014). The role of leadership in employee motivation. Mediterranean Journal of Social Sciences, 5(3), 175

Nasution, E. (2014). Motivasi kerja dalam meningkatkan produktivitas kerja pegawai fakultas dakwah IAIN Ar-Raniry. Jurnal Al-Bayan: Media Kajian dan Pengembangan Ilmu Dakwah, 20(1).

Ni Made Ita Purnami, W. M. (2019). Pengaruh Pemberdayaan, Motivasi Dan Lingkungan Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan . E-Jurnal Manajemen, 5611-5631.

Pratami, N. W. C. A. (2022). Pengaruh Disiplin dan Motivasi Kerja pada Kinerja Karyawan pada Biro Bamakermas, Universitas Warmadewa. Wacana Ekonomi (Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Akuntansi), 21(2), 1-8.

Rahmawati, D. (2013). Pengaruh motivasi terhadap produktivitas kerja karyawan PR Fajar Berlian Tulungagung. Jurnal Bonorowo, 1(1), 1-15.

Rizal, S. M., & Radiman, R. (2019). Pengaruh Motivasi, Pengawasan, dan Kepemimpinan Terhadap Disiplin Kerja Pegawai. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 2(1), 117-128.

Saleh, A. R., & Utomo, H. (2018). Pengaruh Disiplin Kerja, Motivasi Kerja, Etos Kerja dan Lingkungan Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Bagian Produksi di PT. Inko Java Semarang. Among Makarti, 11(1).

Suaib, S. (2016). Pentingnya Motivasi Kerja Dalam Meningkatkan Produktivitas Kerja Pegawai Kantor Urusan Agama Di Kecamatan Bontomarannu Kabupaten Gowa. Uin Alauddin Makassar.

Tirtayasa, S. (2019). Pengaruh kepemimpinan, budaya organisasi, dan motivasi terhadap kinerja pegawai. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 2(1), 45-54.

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.