Gaya Hidup Fashion Dari Drama Korea The Penthouse

Main Article Content

Antika Fahira
Sukarelawati
Maria Fitriah

Abstract

Sejak dunia hiburan Korea sedang naik daun di mancanegara, gaya hidup seputar fashion pun ikut tersorot. Bahkan, pengaruh yang terjadi akibat Drama Korea juga dapat mempengaruhi cara kebiasaan kita, seperti mengikuti tren gaya rambut ataupun gaya riasan (make up). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gaya hidup fashion siswa SMA Negeri 2 Cileungsi setelah menonton Drama Korea The Penthouse. Metode penelitian ini menggunakan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan probability sampling. Teknik pengumpulan data primer menggunakan kuesioner tertutup, sedangkan sekunder penelitian ini menggunakan jurnal online dan situs web sesuai topik penelitian. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan WMS (Weight Mean Score). Pengukuran hasil penelitian ini menggunakan skala likert. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa indikator yang memiliki angka penafsiran tertinggi adalah produk-produk Korea, yang berada di angka 4,065.

Article Details

How to Cite
Fahira, A., Sukarelawati, & Fitriah, M. (2024). Gaya Hidup Fashion Dari Drama Korea The Penthouse. Karimah Tauhid, 3(1), 339–349. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i1.8149
Section
Articles

References

Cleopatra, Maria. 2015. Pengaruh Gaya Hidup dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika.

Ibnu, Ivan. 2012. Hubungan Antara Terpaan Drama Korea di Televisi dengan Gaya Hidup Penonton. eJurnal Mahasiswa Universitas Padjajaran, Vol.1., No.1. 2-4.

Livia, Putu. 2020. Pengaruh Terpaan Drama Korea Terhadap Penggunaan Bahasa Korea pada Remaja di Kota Denpasar.

Putri, Aziza Kistikiwari. 2020. “Fenomena Korean Wave Menjadi Jendela Fashion Remaja Indonesia”, https://kumparan.com/aziza-kistikiwari-putri/fenomena-korean-wave-menjadi-jendela-fashion-remaja-indonesia-1usfRIAljEj/2, diakses pada 15 Juni 2021 pukul 10.10.

Putri, Deansa. 2013. Hubungan Intensitas Menonton Tayangan Drama Seri Korea di Televisi dengan Perilaku Berpakaian Remaja. Vol.1., No.1.

Rukajat, Ajat. 2018. Pendekatan Penelitian Kuantitatif: Quantitative Research Approach. Yogyakarta: Deepublish.

Sari, Nuariefa Setia. 2015. Korean Fashion Style (Praktik Sosial Pola Berpakaian Pengguna Korean Style di Surabaya. Jurnal Kajian dan Budaya, Vol.3., No.3.

Simbar, Frulyndese. 2016. Fenomena Konsumsi Budaya Korea pada Anak Muda di Kota Manado. Jurnal Holistik, Tahun X., No.18. 81-87.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alphabet.

Sumartono dan Hani. 2013. Terpaan Drama Korea dan Perilaku Fashion di Kalangan Mahasiswa Fikom Ubhara Jaya. Jurnal Komunikologi, Vol. 10., No.2.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>